Home / MAKANAN / 11 resep masakan tradisional paling mantap

11 resep masakan tradisional paling mantap

Cukup banyak masakan tradisional yang enak dan paling mantap cita rasanya. Paling tidak ada 11 resep masakan tradisional indonesia yang sering dimasak oleh ibu ibu maupun remaja putri karena mudah mencari bahannya dan gampang memasaknya. Dengan demikian anda tidak perlu kebingungan untuk menu keluarga hari ini, karena semua telah ada sejak dahulu. Dengan banyak mempelajari dan menulis resep masakan, maka anda bisa belajar membuatnya kapan saja. Yuk tulis resep masakan tradisional yang paling lezat dan mudah bikinnya di sini. Nusantara memiliki aneka jenis masakan maupun minuman serta resep kue yang cukup berlimpah. Sehingga tidak ada kata sempurna untuk anda, terus belajar bagaimana cara membuat masakan tradisional yang enak, lezat, serta mantap untuk hidangan seluruh keluarga anda.

Resep pecel madiun. Siapa yang belum pernah merasakan kelezatan dan kenikmatan nasi pecel dari kota madiun ini. Untuk bisa merasakan resep aslinya tentunya anda harus pergi kesana. Saat menjelang malam, maka penjual nasi pecel ini banyak menggelar dagangannya di pinggir pinggir jalan maupun di depan toko yang telah tutup. Bahkan saat menyantap nasi pecel asli madiun ini biasanya diselingi dengan berbagi pengalaman. Resep nasi uduk. Beda daerah beda pula kebiasaannya. Kalau nasi pecel milik warga madiun dan sekitarnya, lain lagi dengan nasi uduk. Menu sarapan daerah pasundan ini sudah merambah keberbagai daerah, baik di ibukota jakarta maupun di berbagai daerah khususnya di jawa barat dan banten. Perlu diketahui bahwa nasi uduk sebenarnya hampir mirip dengan nasi kuning, Ada perbedaan diantaranya penggunaan kunyit atau kunir yang tidak ada pada resep uduk.

Resep sop ayam. Sop ayam menjadi alternatif paling utama yang bisa disandingkan dengan berbagai masakan lainnya. Bahkan masakan kuah ini sangat baik untuk pertumbuhan balita yang biasanya mencantumkan ceker ayam yang dipercaya bisa mempercepat pertumbuhan balita. Cara bikin sop ayam juga sangat praktis dan simple dengan bumbunya yang sederhana. Resep rawon. Rawon merupakan salah satu masakan yang memiliki ciri khas tersendiri. Salah satu kunci masakan rawon yang enak adalah penggunaan kluwek yang pas, sebab jika salah pilih kluwek akan berdampak pada kelezatan rawon. Meskipun warna kuahnya hitam, namun cita rasa rawon mampu membuat anda teringat akan kampung halaman. Pelajari selengkapnya di resep rawon di atas.

Resep gule kambing. Inilah masakan daging kambing berkuah. Gule sangat terkenal diberbagai daerah karena sudah menjadi menu nasional. Bahan utama gule kambing adalah daging kambing campur. Resep gule kambing ini biasanya akan banyak di cari saat hari raya kurban atau hari raya haji, sebab saat itu pembagian daging kambing kurban sangat berlimpah. Namun pada hari hari biasa anda bisa membelinya di pedagang makanan pada sore hari. Resep soto ayam kudus. Soto menjadi kebanggaan resep masakan pada beberapa daerah di indonesia. Sebagai resep tradisional yang dimiliki oleh berbagai daerah maupun beberapa kota. Salah satu resep soto yang cukup terkenal adalah resep soto dari kota kudus. memiliki tampilan dan rasa kuah yang sedikit berbeda dari resep lainnya. Rasanya yang khas dan bumbunya yang unik, sehingga membuat soto kudus ini menjadi perhatian utama para pengunjung keramaian.

Resep soto banjar. Tahukah anda jika resep asli soto banjar berasal dari pulau kalimantan khususnya dari kota banjarmasin. kalau soto soto jawa memberikan tampilan kahs sebagai masakan kuah bening dan penuh dengan kaldu, tidak demikian dengan soto banjar ini. Keunikan dari resep soto dari kalimantan ini adalah dicantumkannya susu cair dalam resepnya. Dengan demikian tentu saja mempunyai cita rasa yang cukup unik. Resep nasi kebuli. Setiap daerah tentu mempunyai resep andalan masing masing, demikian juga dengan warga betawi yang sangat bangga dengan nasi kebuli, meskipun sebenarnya berasal dari timur tengah, namun karena telah diadopsi supaya cocok dengan lidah betawi, maka nasi kebuli ini menjadi resep daerah asli kota betawi. Letak keunikannya adalah bahan bumbu bumbunya yang di datangkan dari timur tengah. Untuk saat ini restoran nasi kebuli ini sebagian besar masih dimiliki oleh warga arab keturunan.

resep masakan tradisional

Resep nasi kuning. Kalau masyarakat jawa bagian barat mempunyai resep nasi uduk, sekarang giliran masyarakat jawa yang lain khususnya di jawa timur dan sebagian jawa tengah yang memiliki resep tersendiri yang cukup terkenal yakni nasi kuning. Bisa untuk menu dagangan atau bahkan lebih sering sebagai pelengkap hajatan atau acara acara khusus upacara adat. Bagi warga kota bandung sendiri sebebnarnya nasi kuning sudah bukan masakan asing, sebab masyarakat disana juga sudah terbaiasa dengan nasi kunyit ini. Resep soto daging. Soto ayam sama enaknya dengan masakan soto dengan bahan utama daging sapi ini. Cara pembuatannya sebenarnya hampir sama, meskipun ada sedikti bahan bumbu yang berbeda, namun demikian kebanyakan penggemar kuliner lebih memilih soto daging karena lebih mudah membangkitkan selera, meskipun belum ada penelitian ke arah itu. Namun sebagian masyarakat percaya bahwa soto daging bisa membantu membangkitkan gairah kaum pria.

Resep rawon surabaya. Masih sekitar masakan rawon, maka yang memiliki keunikan tersendiri adalah rawon dari kota surabaya yang sangat terkenal dengan rawon gila, karena cita rasanya sangat amat pedas, nasmun demikian pedasnya kuah rawon surabaya ini tidak akan mengecewakan peminatnya, namun justru sebaliknya menjadi kebanggaan tersendiri saat mulai menyantap rawon asli surabaya ini, karena peredaran darah seakan bertamabah cepat dan membuat tubuh sehat seketika.

Nah bagi ibu ibu, mami mami, atau bahkan remaja putri sekalian bisa mulai belajar membuat masakannya dan tulis resepnya dengan melihat lebih jauh artikelnya dengan tulisan cetak tebal. itulah resep masakan tradisional paling mantap.