Home / MOBIL / Bagaimana cara merawat mobil tua supaya tetap prima

Bagaimana cara merawat mobil tua supaya tetap prima

Cara merawat mobil tua. Ada beberapa yang perlu anda perhatikan dalam perawatan mobil tua, seperti : perawatan mesin mobil, perawatan cat bodi mobil, perawatan kerangka kendaraan. Mobil jika dirawat dengan baik maka tentunya mesin maupun penampilannya tetap prima. Lantas bagaimana perawatan mobil yang sudah puluhan tahun digunakan ini. Cara merawat mobil seken juga tidakjauh berbeda dengan perwatan mobil baru yang saat ini cukup banyak diminati karena harganya yang murah, seperti daihatsu sigra maupun rivalnya toyota calya. Mobil yang termasuk golongan LCGC ini memang mempunyai tampilan yang cukup mewah sehingga banyak peminatnya. Namun pada kenyataannya harga mobil bekas bisa jauh dari barunya.

Hal yang pertama yang harus diperhatikan tentunya ketersediaan suku cadang kendaraan karena tanpa spare part yang memadai tentu semua akan sia sia. Seperti diketahui bahwa sudah seharusnya pabrikan mobil menyediakan berbagai macam onderdil mobil buatannya. Sebagaimana diketahui bahwa harga pasaran mobil bekas juga ditentukan oleh ketersediaan spare part, sehingga semakin mudah mendapatkan suku cadang mobil, maka harga bekasnya akan semakin tinggi dan stabil

Seperti halnya onderdil mobil honda jazz yang begitu lengkap dipasaran dengan mugen dan modulo, bahkan aksesoris honda jazz ini harganya cukup terjangkau. Dengan perawatan yang benar tentu saja performa kendaraan akan tetap terjaga dan juga irit bahan bakar sehingga dapat menghemat pengeluaran anda. Apalagi saat mudik lebaran tentu juga aman di jalan karena berkendara dengan mobil sehat. Perlu agan agan ketahui bahwa cara merawat mesin mobil sebenarnya bisa agan kerjakan sendiri, sehingga bukan saja biaya lebih murah, namun juga jadi tambah pengalaman. Masalah lainnya adalah karburator mobil.

Loading...

Seperti kita bersama tahu bahwa mobil tua masih menerapkan sistem karbu, sehingga belajarlah bagaimana cara setting karburator supaya laju kendaraan stabil. Namun demikian juga jangan lupakan sistem kelistrikan kendaraan yang dalam hal ini adalah aki mobil. Meskipun jarang rusak namun juga memerlukan perawatan yang benar. Bahkan cara merawat aki mobil bisa dibilang cukup mudah. Tampilan mobil sangat erat hubungannya dengan wajah bodi bagian luar yang dalam hal ini cat mobil. Perhatikan cara mencuci mobil yang benar sehingga cat mobil anda tidak cepat pudar.

Pemerataan mobil cukup penting sehingga semua warga masyarakat bisa merasakan kenyamanan mengendarai mobil sendiri. Itulah sebabnya pemerintah mencanangkan program mobil murah yang sekarang mulai disambut denga hangat oleh para produsen mobil. Salah satunya kendaraan murah produk toyota yakni toyota agya yang bergerak di jalur hatchback, tidak ketinggalan dengan daihatsu yang cukup terkenal daihatsu ayla yang mampu mengangkut penumpang hingga 5 orang dewasa.

cara merawat mobil

Loading...

Perawatan mesin mobil : Mesin mobil merupakan hal paling penting dalam kendaraan, sehingga kehandalan dan menjaga performa mesin harus diprioritaskan. Hal paling mendasar adalah penggantian oli secara berkala, seperti oli mesin, oli gardan, maupun oli transmisi. Seperti kita tahu bahwa oli mempunyai tugas utama menjaga mesin kendaraan dari tergores antar gesekan logam didalamnya. Sehingga penggantian oli ini jangan sampai telat.

Perawatan cat bodi kendaraan : Tampilan mobil anda sangat bergantung pada kualitas cat kendaraan. Goresan goresan kecil akan menurunkan akecantikan dan kegagahan mobil anda. Dengan demikian lindungi cat mobil anda semaksimal mungkin. Hindari hal hal sepele yang bisa menggores dan merusak cat mobil anda, seperti : saat mencuci mobil dan lindungi dari pancaran sinar matahari langsung. Jika harus parkir di ruang terbuka sebaiknya tutup dengan sarung mobil.

Perawatan kerangka dan bodi kendaraan : Kenyamanan dalam berkendara terwujud berkat perawatan kerangka kendaraan yang benar. Khusus pada mobil mobil yang sudah berumur biasanya sering bermasalah pada kaki kaki penyangga yang sudah mulai keropos, dengan demikian selalu cek secara teratur sebelum benar benar bermasalah. Perhatikan juga shockbreaker mobil anda, jika sudah mulai bermasalah sebaiknya cepat ganti yang baru.

Perawatan kelistrikan kendaraan : Kabel kabel pada mobil tua sering kali bermasalah, harap maklum setelah pemakaian berapa lama bisa saja kabel kabel mulai bermasalah karena lecet atau termakan usia, jika kurang perhatian bisa saja terjadi kebakaran atau putus arus listriknya. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah aki atau accu mobil harus tetap terisi dengan baik. Jika perlu saat tidak digunakan lebih baik aki mobil dilepas untuk menghindari kehilangan daya listriknya.

Kendaraan generasi terbaru saat ini sudah lebih canggih dan lebih aman khususnya dalam hal keselamatan saat dijalan raya. Salah satunya fitur yang mesti ada yakni sistem ABS yang mampu mencegah dari mobil tergelincir saat terjadi rem mendadak.

Ada beberapa hal yang dapat menambah kenyamanan anda saat berkendara. Seperti keberadaan kaca film, karena hal ini cukup penting untuk kenyamanan anda. Sebelum membelinya, maka pastikan anda memahami jenis kaca film karena dipasaran cukup banyak macamnya. Bagi anda yang menginginkan kendaraan standar harga murah, admin rasa bisa mencoba untuk memilih toyota avanza yang mampu membawa seluruh keluarga anda. Untuk tambah pengalaman dalam hal otomotif belajar cara membaca dan mengetahui ukuran ban kendaraan yang benar.