Home / KESEHATAN / Bagaimana gejala gejala penyakit diabetes

Bagaimana gejala gejala penyakit diabetes

Diabetes itu suatu penyakit yang mempunyai gangguan metabolisme dari distribusi gula oleh tubuh.dan dimana tubuh penderita tidak bisa secara otomatis mengendalikan tingkat gula darah dalam darahnya. Penyakit diabetes tidak bisa memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup atau tidak mampu menggunakan insulin secara efektif.sehingga bisa terjadi kelebihan gula didalam darah.dan penyakit diabetes adalah penyakit yang disebabkan dari faktor makanan,dengan pola yang hidup tidak sehat, terlalu sering memakan makanan yang berlemak, tidak pernah berolahraga, sering begadang, merokok, memakan dan meminum pemanis buatan, kurangnya serat di dalam tubuh.

Penyakit diabetes juga bisa timbul karena adanya kerusakan salah satu organ tubuh, salah satunya yakni pancreas yang juga berfungsi sebagai penghasil insulin. Penyakit ini bisa menimpa siapa saja bukan orang  tua saja, anak anak dan remajapun bisa terkena.penyakit diabetes akan terjadi jika kadar gulanya tinggi,penyakit diabetes ini tidak akan terjadi jika pengaturan kadar gulanya stabil atau cukup.jika pankreas tidak mengalami kerusakan itu juga tidak akan terjadi penyakit diabetes.

Kalau anda tidak ingin mempunyai penyakit diabetes, sebaiknya anda jangan melakukan hal yang bisa menimbulkan resiko diabetes. diabetes sangat berbahaya, walaupun ada pengobatannya tetapi akan lebih baik anda melakukan pencegahannya yaitu menjaga pola makan,kontrol jumlah yang masuk ke dalam tubuh anda, jangan sembarang mengkonsumsi bahan pangan yang mengandung bahan bahan kimia, seperti pemanis buatan, makanan yang mengandung sari buah buatan, pengawet makanan, dan bahan bahan non alami lainnya.

Untuk itu sebaiknya lakukanlah pencegahan mulai dari sekarang dan mulailah gaya hidup sehat.sebelum terlambat. Perlu diketahui bahwa penyakit diabetes juga bisa menyerang pria maupun wanita, baik anak anak maupun orang dewasa. Penting untuk diketahui bahwa penyakit diabetes timbul karena menumpuknya zat gula darah di dalam saluran tubuh karena tidak berhasil atau di tolak oleh sistem ginjal.

Namun demikian hampir sebagian besar penderita diabetes baru menyadari kalau dirinya terjangkit penyakit yang biasa juga disebut sebagai kencing manis ini setelah menderita cukup parah. Karena pada hakekatnya penderita diabet bisa hidup layaknya orang sehat. Meskipun demikian jika anda merasakan gejala gejala khusus seperti berikut, maka anda seharusnya lebih waspada.

gejala penyakit diabetes

Gejala penyakit diabetes tidak tampak dalam waktu singkat, namun hanya terlihat secara samar samar, namun setelah memerlukan waktu yang cukup lama, maka gejala atau dampak yang ditimbukan akan semakin terlihat dan mampu dirasakan oleh penderitanya. Jadi masa serangan diabet memerlukan waktu sangat lama.

Faktor penyakit diabetes itu adalah kurang bergerak, gaya hidup yang tidak sehat, dan dari asupan makanan, dan adapun gejala penyakit diabetes yaitu

  • Penurunan berat badan secara tiba tiba
  • warna kulit mengalami perubahan, warna kulit warna hitam yang ada dilingkaran leher seperti kotoran dan walaupun dibersihkan tetapi tidak juga kunjung bersih maka itu bisa dibilang gejala penyakit diabetes, sebab peningkatan gula yang terlalu tinggi akan berpengaruh pada kulit
  • Cepat lapar, haus dan lelah,penyakit gula itu sering terjadi haus, dan diakan lebih sering minum, kalau memang ini terjadi, maka sebaiknya perbanyaklah minum air putih agar ginjalnyapun tidak terserang.dan lelahpun cirinya dan tubuh diabetes itu lebih lemah dibanding orang  yang normal.penyakit ini biasanya akan kelelahan jika melakukan kegiatan atau banyak melakukann aktivitas.
  • Suka buang air kecil,penyakit ini sering mengalami buang air kecil terutama pada waktu malam hari,buang air kecil yang terlalu sering bisa disebabkan karena dehidrasi yang secara otomatis dan penderita lebih suka banyak minum.
  • Mata akan menjadi rabun, ini untuk gejala diabetes basah,sipenderita akan mengalami penglihatan atau pandangan semakin lama semakin tidak jelas kalau melihat,penglihatan yang tidak jelas akibat kadar gula yang sedang tinggi didalam tubuh dan kadar gulapun menjadi naik sehingga bisa merusak pembuluh darah dan bisa terkena dampaknya kemata.
  • Dan biasanya penderita mengalami dimasalah kulit seperti gatal dan biasanya penderita yang sudah parah,biasanya jika penderita mengalami luka dibagian tubuhnya akan mengalami kesembuhan yang lama dan bahkan luka tersebut bisa menyebar kemana mana. dan tidak pada kulit saja. jika terkena penyakit diabetes basah bisa mengalami gangguan pada gusi,dan bisa mengalami kerusakan pada gusinya yaitu gusi jadi berdarah dan bisa iritasi.
  • Kesemutan penyakit diabetes ini  sering mengalami kesemutan ditangan  dan kaki , karena ada gangguan pada aliran darah didalam tubuh, sehingga kesemutannya berangsur lama.

jika anda ingin mencegah diabetes bisa melakukan cara sebagai berikut :

  • Berolahraga, berolahraga setiap hari membantu menjaga berat badan agar lebih sehat,dan bisa menurunkan kadar gula dan meningkatkan sensivitas terhadap insulin
  • Dengan mengurangi porsi makan bisa menjadi cara untuk mencegah diabetes.
  • Hindari makanan berlemak.seperti daging berlemak,daging tanpa lemak masih bisa dikonsumsi,tetapi tidak harus memakannya setiap hari.
  • Hindari minuman  yang manis soda,teh, dan kopi harus diatur, minuman  yang  pemanis buatan itu yang meningkatkan resiko diabetes
  • Perbanyak makan sayuran,karena dengan memperbanyak makan sayuran itu bagus itu bisa mencegah penyakit diabetes.
  • Tidur yang nyenyak.
  • Hindari stres,karena dengan stres yang berlebihan akan menigkatkan kadar gula anda, mulai sekarang kurangilah stres dan lakukanlah dengan senam yoga atau pelatihan pernafasan.

Sebagai seorang wanita anda tentunya juga harus tetap menjaga kesehatan secara keseluruhan termasuk dari serangan kanker payudara yang sangat ditakuti oleh para wanita. demikian artikel ini.semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *