Home / MINUMAN / Beginilah resep lengkap cara membuat susu kedelai

Beginilah resep lengkap cara membuat susu kedelai

Susu kedelai mempunyai kandungan gizi yang cukup baik, Tingginya beberapa gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh seperti kalori, kalsium dan fosfor sehingga sangat baik untuk menunjang atau melengkapi kebutuhan gizi putra putri anda terutama balita lima tahun atau bahkan untuk anda konsumsi sendiri secara teratur. Dari sisi kesehatan dikatakan bahwa pembuatan susu kedelai merupakan terobosan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh yang belum tercukupi oleh makanan yang anda konsumsi setiap hari. Resep susu kedelai bukanlah resep yang sulit untuk diterapkan, bahkan cara membuat susu kedelai ini sangat mudah dan tidak memerlukan pengalaman sama sekali. Pendek kata hanya dengan kemauan saja maka anda sudah bisa membuat susu kacakng kedelai sendiri.

Kenapa pembuatan susu kedelai di rumah rumah harus digalakkan, tentunya untuk mendapatkan kualitas susu kedelai yang sempurna, sebab seperti kita tahu meskipun saat ini cukup banyak penjual susu kedelai yang berkeliling kampung, namun kemurnian dan kekentalan kandungan susu nabatinya kurang tinggi, karena kadang kala kita mendapatkan susu kedelai yang sangat encer, karena toh mereka hanya mengejar dari segi keuntungan belaka. Temukan semua kebutuhan kuliner terlengkap di aneka resep kue indonesia asli. Nah dengan melihat cara membuat susu kacang kedelai berikut maka anda tidak perlu harus membelinya mulai dari sekarang. Dengan membuat susu kacang kedelai sendiri, maka anda mendapatkan beberapa keuntungan, seperti pengeluaran biaya yang sangat murah, mendapatkan kualitas susu kacang yang bagus, serta terjamin keasliannya.

Resep susu kacang kedelai asli sangat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang buah hati anda, sebab kandungan zat fosfor yang terkandung dalam susu kedelai ini terbilang cukup tinggi, sebagai info bahwa untuk 100 gram biji kedelai akan memiliki kandungan fosfor hingga sekitar 500 mgram. Zat fosfor nabati ini sangat dibutuhkan untuk memperkuat tulang sehingga tentunya sangat baik untuk mereka yang masih dalam masa pertumbuhan. Lantas bagaimana cara membuat susu kedelai asli yang benar dan tanpa bahan pengawet. Untuk mendapatkan kandungan gizi sempurna yang terkandung dalam susu kacang kedelai ini tentunya hanya bisa didapatkan jika anda membuatnya sendiri. Jangan khawatir saya jamin bunda dan remaja putri sekalian pasti bisa membuat susu kedelai murni, karena memang cara bikin susu kedelai sangat gampang.

Loading...

Sehingga tidak memerlukan pengalaman sama sekali, bahkan hanya dengan niat saja maka anda sudah mampu buat susu kedelai sendiri. Meskipun demikian sudah pasti anda harus memperhatikan petunjuk lengkap cara membuat susu kacang kedelai yang admin tulis tutorial resep susu kedelai asli yang dilengkapi dengan tahap demi tahap dari awal hingga akhir cara mudah buat susu kacang dengan bahan utama dedelai asli dan pastinya tanpa bahan pengawet. Seperti diketahui bahwa dengan penyimpanan yang benar maka susu kacang kedelai anda akan bisa bertahan hingga beberapa hari, sehingga dengan seklai bikin susu kacang akan mampu menunjang untuk kebutuhan berhari hari.

Nah bunda, sis yang cantik serta remaja putri sekalian, yuk mencoba belajar cara membuat susu kedelai asli dengan bahan bahan alami sederhana. Namun demikian untuk menambah keharuman dan supaya lebih menarik, tentunya bisa ditambah dengan bahan bahan lainnya seperti daun pandan atau bisa juga dengan tambahan vanili maupun bahan pemanis yakni gula asli dan bukan gula biang ya. Resep susu kacang kedelai termasuk dalam aneka minuman segar dingin, nah berikut bisa anda coba sendiri di rumah untuk konsumsi seluruh anggota keluarga.

cara membuat susu kedelai

Loading...

Resep susu kacang kedelai asli

Bahan bahan yang diperlukan

  • Kacang kedelai : ± 350 gram, pilih yang kualitas bagus.
  • Daun pandan : 4 hingga 5 lembar.
  • Gula pasir : Secukupnya, sesuaikan dengan selera anda.
  • Air bersih : ± 3 liter untuk perendaman.
  • Air matang : ± 1 liter atau secukupnya untuk membantu proses penggilingan ( blender )

Peralatan yang dibutuhkan

  • Wadah plastik dengan ukuran cukup
  • Blender untuk menghaluskan
  • Saringan halus

Cara membuat susu kedelai murni

  1. Langkah pertama tentunya memilih kedelai yang bagus, buang kotoran kotoran seperti kulit dan batu yang biasanya tercampur pada kacang kedelai.
  2. Berikutnya lakukan perendaman hingga biji kedelai mengembang yang biasanya membutuhkan waktu sekitar 6 jam.
  3. Bersihkan dengan air bersih sebanyak banyaknya
  4. Siapkan blender dan masukkan kacang kedelai secukupnya dan tambahkan sedikit air. Saya sarankan untuk tidak menambah air sekaligus melainkan seidkit demi sedikit.
  5. Terus blender hingga sangat halus.
  6. Langkah berikutnya masukkan dalam saringan dan peras hingga air susu keluar semua. Jika mendapatkan susu kedelai sangat kental bisa tambahkan air matang kembali dan peras lagi.
  7. Setelah semua kacang kedelai telah diperas semua, sekarang giliran proses pematangan.
  8. Masak susu kacang kedelai dengan tambahan daun pandan dan gula pasir secukupnya.
  9. Sekarang susu kacang kedelai murni siap dinikmati.

Nah demikianlah proses cara pembuatan susu kacang kedelai asli dari mulai tahap persiapan hingga pematangan susu kedelai murni. Perlu diketahui bahwa susu kedelai anda bisa bertahan berhari hari lho yaitu dengan menyimpannya di frezzer. Selamat mencoba resep minuman segar kacang kedelai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *