Breaking News
Home / MINUMAN / Cara membuat manisan kolang kaling basah sederhana tanpa pewarna

Cara membuat manisan kolang kaling basah sederhana tanpa pewarna

Cara membuat manisan kolang kaling. Manisan buah kolang kaling segar dan enak rasanya, Cara bikin manisan kolang kaling praktis dan sederhana. Namun demikian cukup banyak juga yang mengalami kegagalan saat buat manisan buah kolang kaling ini. nah dengan resep manisan kolang kaling sederhana dan tanpa penambahan pewarna apapun ini, admin berharap bunda dan remaja putri sekalian mencoba kembali membuat manisan kolang kaling yang bukan saja manis namun juga memiliki kesegaran alami, apalagi setelah beberapa saat dimasukan dalam lemari es sebelum dikonsumsi.

Pada umumnya manisan buah akan lebih enak dan segar jika di makan dalam keadaan dingin. Bahan bahan manisan kolang kaling segar ini bahkan tidak macam macam dan mudah di beli di pasar pasar tradisional, seperti kolang kaling, kayu manis, daun pandan, dan juga gula pasir. Namun demikian kadang kala kolang kaling mentah masih sulit ditemukan. Tetapi kalau di pasar yang cukup besar ada saja yang menjual kolang kaling mentah ini.

Saat ini ada beberapa macam buah kolang kaling yang di jual di pasaran. Dilihat dari teksturnya ada buah kolang kaling besar gepeng dan ada juga yang lebih kecil namun sedikit bulat. Jika anda ingin yang kualitas bagus yang bentuknya bulat gepeng dan besar besar. Untuk harga 1 kilo gram kolang kaling berkisar 20 ribuan di kota, namun di pedesaan hanya di kisaran 5000 rupiah.

Sebelum anda membuat manisan kolang kaling, ada baiknya mengetahui dan memahami sifat buah kolang kaling itu sendiri. Pada umumnya buah kolang kaling ini banyak mengandung air, sehingga jangan kaget saat di rebus justru air rebusan bertambah. Hal inilah yang sering dialami oleh mereka yang gagal dalam membuat manisan kolang kaling, karena menginginkan manisan kolang kaling dengan sedikit air, namun kenyataannya setelah matang justru manisan kolang kaling banyak airnya, dan semakin lama direbus justru semakin banyak airnya.

Namun demikian sebenarnya bikin manisan kolang kaling cukup mudah dan gampang asal tahu atata caranya. nah dalam kesempatan kali ini admin akan menunjukkan sedikit trik cara membuat manisan kolang kaling basah dengan kandungan air sedikit. Meskipun tampilan manisan kolang kaling warna warni lebih menarik, namun pada resep manisan kolang kaling kali ini, admin sengaja membuat manisan kolang kaling tanpa zat pewarna apapun, sehingga lebih tampak alami dan asli warna buahnya.

manisan kolang kaling basah

Bahan bahan manisan kolang kaling sederhana
>> Buah kolang kaling : ± 1 kilogram
>> Kayu manis : 1 batang
>> Daun pandan : 4 lembar
>> Garam dapur : ± ¼ saendok teh
>> Gula pasir : ± 200 gram atau sesuai selera anda

resep minuman segar dingin

Petunjuk lengkap cara membuat manisan kolang kaling

  1. langkah pertama, cuci hingga bersih buah kolang kaling
  2. Rebus buah kolang kaling dengan air cukup bersama daun pandan serta kayu manis dan garam ( pastikan semua kolang kaling terendam ) hingga matang.
  3. Angkat dan tiriskan, kemudian rebus kembali hingga mendidih beberapa saat.
  4. Paling tidak ulangi perebusan kolang kaling 2 hingga 3 kali
  5. Pada perebusan terakhir, setelah ditiriskan dan dibersihkan dari daun pandan dan kayu manis. Dalam keadaan panas panas masukkan kembali dalam panci.
  6. Selanjutnya rebus tanpa penambahan air sedikitpun, tambahkan juga gula pasir secukupnya, aduk secara perlahan lahan. Jangan lupa untuk menggunakan nyala api kompor kecil saja.
  7. Sekarang coba sesuaikan penambahan gula pasirnya sehingga sesuai dengan cita rasa manis yang diharapkan. Jika kurang mantap bisa juga ditambahkan garam sangat sedikit.
  8. Terus rebus dan aduk aduk secara perlahan hingga air kuahnya sesuai dengan keinginan anda, biasanya sih cukup dengan sedikit kuah saja, sehingga manisnya bisa meresap sempurna.
  9. Angkat dan tempatkan dalam wadah.
  10. Setelah dingin masukkan dalam lemari es.

Itulah bunda dan remaja putri sekalian proses dalam pembuatan manisan kolang kaling yang sederhana, segar, dan tanpa bahan pewarna. Oh ya buah kolang kaling ini juga cukup berguna bagi mereka yang sedang menajlani diet karena bisa membantu menormalkan pencernaan anda, sehingga buang air besar menjadi lebih lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *