Home / KUE / Cara membuat misro gula merah enak

Cara membuat misro gula merah enak

Jajanan tradisional misro isi gula merah enak dan gampang cara membuatnya. Jajanan tradisional dari sunda ini juga banyak ditemukan di tanah jawa namun dengan nama yang berbeda yakni jemblem. Jadi cara membuat misro sama persis dengan cara membuat jemblem. Namun kalau resep jajanan sunda misro ini ada beberapa kreasi. Jika bagian dalamnya irisan gula merah dinamakan misro, namun jika isinya oncom maka dinamakan combro. Cara pembuatan misro dan combro juga sama, kalau ada perbedaan hanya terletak pada isinya saja. Dengan cara pembuatan yang sama, anda juga bisa mencoba misro ubi jalar yang lebih lembut dan enak. Namun pada update kali ini admin akan memberikan resep misro renyah garing yang perlu anda coba.

Resep jemblem atau misro ini bisa dikatakan seiring dengan usia masyarakatnya jadi merupakan jajanan tradisional yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. hal berbeda dengan resep risoles yang baru ada beberapa tahun yang lalu. namun cara membuat risoles juga bisa dibilang cukup mudah kok. Pada umumnya jajanan tradisisonal memang cukup gampang membuatnya. Resep masakan indonesia merupakan kumpulan dari berbagai macam masakan tradisional maupun modern yang sudah menjadi milik masyarakat. Demikian juga dengan berbagai macam kue tradisional yang cukup banyak saat ini, dan yang cukup banyak digemari seperti kue putri salju bulan sabit yang biasanya menjadi langganan konsumen saat lebaran hari raya.

Kalau ingat saat lebaran, ada salah satu makanan cemilan yang boleh dikatakan pasti ada disetiap meja hidangan masyarakat yakni kue kacang yang terdiri dari berbagai macam bentuk. Meskipun cukup banyak yang menjual beberapa hari sebelum hari raya, namun tentunya akan lebih enak dan crispi jika anda membuatnya sendiri. Asal tahu saja bahwa resep kue kacang cukup mudah membuatnya, sehingga saat ksosong seperti sekarang ini merupakan waktu yang tepat untuk belajar cara membuat kue yang enak enak. Resep misro gula merah merupakan resep jajanan tradisional yang murah bahannya dan mudah cara bikinnya, sehingga hampir semua wanita bisa membuat kue misro, namun sebenarnya ada trik tersendiri supaya hasilnya lebih menantang dan berbeda denagn yang lain.

Nah bagi anda yang penasaran dengan jajanan tradisional yakni misro, yuk ikuti petunjuk lengkap cara membuat misro dan combro. Supaya lebih modern, maka anda bisa mencoba merubah isi pada misro, seperti dengan coklat, gula merah, maupun dengan isian yang lain, dan pada kenyataannya kreasi misro ini cukup digemari.

Resep misro isi gula merah

Bahan utama misro gula merah

  • Singkong : ± 1 kg, diparut dengan parutan kelapa
  • Kelapa parut : ± ¼ butir kelapa dan disarankan untuk memilih kelapa muda
  • Garam : ¼ sendok teh
  • Minyak goreng : secukupnya

Bahan isian misro gula merah :

  • Gula merah : ± 100 gram, iris gula merah tipis tipis
  • Garam : ¼ sendok teh

misro gula merah

Cara membuat misro gula merah

  1. Langkah pertama ambil wadah secukupnya dan masukkan singkong parut, kelapa muda parut, dan garam secukupnya.
  2. Kemudian aduk aduk hingga bercampur rata sempurna, akan lebih baik jika dicampur dan diremas remas sehingga menjadi adonan yang betul betul merata.
  3. Berikutnya buatlah bulatan bulatan dengan besar yang sesuai selera, biasanya sih sekitar 3 cm.
  4. Lantas buat lobang di tengah dan masukkan irisan gula merah secukupnya, tutup kembali.
  5. Goreng dengan minyak panas hingga warnanya sedikit kecoklatan.
  6. Sajikan selagi masih hangat.

Wah mudah bukan cara bikin misro isi gula merah ini. Cara membuat combro juga sama saja hanya diganti isinya saja. Saat liburan berikutnya yuk cara membuat lemper bakar