Cara paling aman membeli motor bekas

81

Agan berencana akan membeli motor bekas. Berikut tips dan trik lengkap bagaimana cara membeli motor bekas atau seken paling aman dan mendapatkan harga motor bekas sesuai dengan keadaan sepeda motor pilihan agan. Perlu diketahui meskipun harga motor bekas lebih murah, namun jika tidak memahami dan belum mempunyai pengalaman tentang mesin motor dan cara menawar motor bekas, justru akan berakibat fatal. Bukan motor murah dan bagus, tetapi sebaliknya. Dengan demikian tentu saja akan menimbulkan masalah baru.

Pada dasarnya membeli motor bekas lebih rumit dari pada membeli yang baru. Sehingga jika belum cukup pengalaman tentunya akan lebih baik jika agan agan membeli yang baru saja, meskipun harganya lebih mahal, sudah pasti aman dan terkendali. Namun demikian bukannya tidak boleh membeli motor bekas. Jika sudah mengantongi pengalaman tentang seluk beluk perdagangan motor bekas justru bisa mendatangkan keuntungan dalam arti mendapatkan motor bagus harga murah.

Meskipun pada saat ini selalu bermunculan segala macam jenis motor baru, baik yang matic, manual, moge, hingga motor sport. Pada kenyataannya jual beli motor bekas masih tetap berlaku dan lancar jaya. Hal ini bisa dideteksi lewat para pedagang motor bekas yang selalu meningkatkan jumlah dagangannya. Dari sini terlihat bahwa jual beli motor bekas masih mendatangkan keuntungan yang lumayan.

Namun demikian kalau kita teliti lebih lanjut ternyata hanya pedagang motor bekas yang sudah memiliki pengalaman segudang yang masih bertahan hingga saat ini. Karena permasalahan motor bekas saat ini begitu kompleks. Sehingga para pedagang motor bekas tersebut memiliki peluang lebih besar karena minim pesaing. Hanya saja tanpa pengalaman yang cukup, bukan hanya konsumen saja yang tertipu, eh ternyata para pedagang motor bekas kadang kala merugi juga.

Perlu diketahui bahwa saat ini pada kenyataannya jumlah motor bekas yang dijual lebih besar dari pada jumlah pembelinya, sehingga sesuai dengan hukum pasar maka sudah pasti harga motor bekas menjadi sangat murah karena motor bekas di pasaran sangat berlimpah. Dan jaman sekarang konsumen lebih memilih membeli motor baru dari pada membeli motor bekas. Apalagi pembelian motor bekas bisa dengan sistem kredit. Baca pilih beli cash atau kredit.

motor bekas

Dengan mempertimbangkan segala sesuatunya, tentunya akan lebih baik jika membeli kendaraan khususnya sepeda motor dengan cara cash atau tunai. Namun jika keuangan tidak mencukupi, yah untuk sementara cukup berkendara dengan motor bekas saja. Agan tidak perlu kuatir meskipun sepeda motor bekas jika pinter memilihnya tidak kalah nyamannya dengan sepeda motor baru lho.

Jangan kuatir jika agan agan membeli sepeda motor bekas akan tertipu. Memang jika nggak tahu caranya dalam membeli motor bekas tentu sangat beresiko, apalagi jika membelinya di tempat lelang, meskipun harganya jauh lebih murah, namun faktor resiko sangat besar. Perlu diketahui bahwa saat ini banyak yang nakal, jadi ya mesti hati hati.

Langkah paling aman tentunya membeli motor bekas di pedagang mokas, namun ya itu tadi harga yang ditawarkan terkadang melebihi harga pasaran dan lebih sering mendapatkan motor jeblok. Karena asal tahu saja bahwa motor seken dengan kondisi bagus dan orisinal akan ditawarkan dengan harga yang sama dengan motor bekas yang bagus tampilannya saja. Sehingga tetap saja anda mesti pandai memilihnya.

Sebenarnya ada beberapa alternatif saat agan agan ingin mencari dan membeli motor bekas, namun demikian semua sudah pasti mempunyai kendala yang harus dipikirkan, sehingga tetap saja semua itu membutuhkan tips dan trik jitu saat membeli motor seken ini, cukup ribet memang. Namun jika anda mengerti dan memahami tata caranya tentu akan mendapatkan sepeda motor bekas yang murah meriah dan masih original.

Nah bagi anda yang suka tantangan dan mencari pengalaman dalam seluk beluk pembelian sepeda motor seken, berikut tips dan trik cara membeli dan memilih sepeda motor bekas yang aman, nyaman, dan mendapatkan harga yang murah. Tentunya hanya dengan membelinya di pemilik langsung sehingga anda mendapatkan kualitas sepeda motor yang bagus dan original. Namun kalau anda membelinya di pedagang tidak ada jaminan untuk itu dan pastinya harganya selangit.

Cara membeli sepeda motor bekas atau seken

  1. Cari info penjual motor bekas asli melalui sahabat atau tetangga anda. Atau anda bisa juga mendapatkan info penjual motor bekas di internet. Namun pastikan adna tidak mendatangi pedagang motor bekas, sebab jaman sekarang sebagian besar pedagang mokas juga memasarkan dagangannya lewat jalur internet atau di online shop.
  2. Pastikan alamat motor bekas yang anda beli ( sesuai dengan BPKB ) sama dengan alamat anda sekarang. Jika anda beda daerah Samsat maka tentunya akan sangat merepotkan dikemudian hari karena harus balik nama dan cabut berkas.
  3. Buat perjanjian dengan penjual motor pribadi ( pemilik langsung ), saya sarankan untuk memilih hari libur dan siang hari, supaya nantinya anda lebih mudah melakukan cek dan ricek.
  4. Saya anggap sekarang anda sudah berada di depan motor bekas yang sesuai dengan pilihan.
  5. Perhatikan dengan seksama bodi dan desain motor pilihan anda, mulai dari : tampilan dan original cat bodi, kembang ban, dan lainnya. Perhatikan dari depan, belakang, maupun dari arah samping. Cobalah untuk meraba bagian mesin dan juga bawah mesin untuk memastikan tidak ada kebocoran oli mesin. OK
  6. Sekarang hidupnya motor dengan sekali tekan tombol starter. Perhatikan dan jangan anda gas gas dahulu, kesalahan dalam membeli motor bekas adalah sok pandai dengan memainkan tuas gas. Perlu diketahui bahwa cek motor dalam keadaan mesin panas kurang bagus.
  7. Biarkan motor hidup dalam keadaan langsam ( tanpa di gas ). Dengarkan suaranya dengan seksama. Motor yang masih standar dan original memiliki suara langsam sangat khas dan tidak ada suara menggelitik dalam mesinnya. Motor yang bagus tentunya bisa hidup dalam keadaan langsam dan tidak mati.
  8. Nah sekarang coba masukkan ke gigi transmisi 1 ( tanpa jalan dan tanpa di gas ), jika masih hidup secara konstan, maka sistem porsneleng masih standar dan bagus.
  9. Selanjutnya cobalah mohon ijin pada pemiliknya untuk test drive, cukup jalan perlahan saja. Di sini anda bisa merasakan keseimbangan sepeda motor dan sekaligus bisa memperhatikan kelurusan stang motor. OK
  10. Berikutnya periksa surat surat motor termasuk BPKB dan alamat pemilik aslinya. Pastikan penjual yang sekarang merupakan pemilik asli sepeda motor bekas yang akan anda beli. Jika tidak maka besar kemungkinan anda akan dibebani biaya balik nama dan lainnya pada nantinya.
  11. Perhatikan dan cocokan nomor mesin dan juga nomor rangka, perhatikan model angka dan hurufnya. Jika anda ragu bisa cek fisik di SAMSAT. Nggak perlu bingung tanggung aja biayanya dan sangat murah.
  12. Lakukan penawaran dengan memperhatikan harga pasaran saat ini. Untuk itu sebelum anda berangkat tentunya sudah mengantongi harga pasaran motor bekas pilihan anda.
  13. Selamat mencoba dan mendapatkan motor bekas harga murah dengan kualitas bagus.

Demikian tips dan petunjuk cara membeli motor bekas sehingga terhindar dari membeli motor mahal barang berantakan. Seperti diketahui bahwa cukup sulit mendapatkan sepeda motor bekas yang benar benar masih original. Namun demikian selama kondisi mesin masih OK hal lainnya bisa diperbaiki dan anda bisa memperkirakan kerusakannya.

Pada hakekatnya harga motor bekas adalah harga pasaran di kurangi dengan biaya kerusakan dan perbaikan. jadi anda harus bisa memperkirakan biaya dandan jika nantinya motor anda beli.