Home / KESEHATAN / Jenis penyakit diabetes yang perlu anda ketahui

Jenis penyakit diabetes yang perlu anda ketahui

Tahukah anda jika penyakit diabetes atau sering juga disebut sebagai penyakit kencing manis mempunyai beberapa jenis. Paling tidak hingga saat ini penyakit yang kerap di derita oleh para usia lanjut ini ada 3 jenis yang paling utama. Namun gejala yang dirasakan hampir sama, sehingga banyak masyarakat yang belum paham tentang jenis penyakit diabetes ini, yuk kita pelajari apa saja sih macam macam penyakit diabetes. Penyakit diabetes disebabkan oleh kurangnya kandungan insulin yang beredar dalam darah.

Seperti kita ketahui bahwa zat insulin ini mempunyai fungsi yang salah satunya sebagai katalisator untuk mengubah zat gula darah menjadi tenaga. Sehingga sering kali kita mendengar bahwa penderita diabet ini sering merasakan lemas yang luar biasa, karena memang pengubah zat gula darah yakni insulin sedang bermasalah. Dengan demikian cobalah untuk mempelajari cara mencegah penyakit diabetes sebelum benar benar menyerang anda. Lantas dari mana zat insulin ini berasal. Insulin merupakan sebuah enzim tubuh yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan zat gula darah dalam tubuh.

Zat insulin ini diproduksi oleh pancreas yang berada di lingkungan hati. Sehingga jika pancreas terganggu maka secara otomatis pengiriman zat insulin juga tersendat atau kurang dari kebutuhan normal. Meskipun anda dalam keadaan sehat juga sudah seharusnya berusaha untuk menjaga pengiriman zat insulin ini tetap lancar. Sebab bagaimanapun juga jika kerja pancreas anda porsir tentu suatu saat akan kelelahan dan berakibat pada kurangnya produksi zat insulin, dengan demikian cobalah untuk belajar mengendalikan kadar gula darah dengan cara memperbaiki pola hidup sehat secara teratur dan makan tepat pada waktunya sesuai dengan porsi normal.

Meskipun mengkonsumsi makanan adalah hak setiap orang, namun jika terlalu berlebihan dan tidak teratur justru akan mengganggu kesehatan anda. Penting untuk diketahui bahwa penderita penyakit diabetes yang sudah masuk dalam kategori atau stadium akhir pada umumnya akan menderita luka yang sangat sulit disembuhkan. Pada penderita diabet tingkat awal juga mesti berhati hati terhadap luka apapun di kulit tubuhnya, karena luka sangat sulit kering dan sembuh.

Berbeda jika sudah memasuki stadium parah maka akan terjadi luka dengan sendirinya yang biasanya di tubuh bagian bawah. Jika tidak diobati dengan semestinya bisa terjadi pembusukan yang bisa berakibat pada pemotongan daerah luka yang busuk. Pelajari lebih detil tentang cara perawatan luka diabetes ini.

jenis penyakit diabetes

Nah untuk mampu menghindar dari penyakit yang belum ada obatnya ini, tentunya anda harus mengetahui apa saja yang menyebabkan terjadinya penyakit kencing manis ini. Untuk lebih lengkapnya anda bisa mempelajarinya di penyebab penyakit gula darah yang perlu anda ketahui supaya anda bisa terhindar dari penyakit akibat menumpuknya zat gula darah ini.

Ada 3 jenis penyakit diabetes :

  1. Diabetes Melitus tipe 1 : Tubuh kekurangan produksi zat insulin karena terganggunya pancreas, sehingga tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan.
  2. Diabetes Melitus tipe 2 : Dalam keadaan ini pada umumnya pancreas penderita normal dan sehat serta mampu memproduksi insulin dalam jumlah besar. Namun zat insulin tidak mampu bekerja dengan sempurna untuk mengubah zat gula darah karena terjadinya resistensi terhadap hormon insulin.
  3. Diabetes Melitus tipe Gestasional : Bahkan penderita diabet yang satu ini tidak menyadari kalau sedang mengidap penyakit diabetes tipe Gestasional. Pada tipe ini hanya menyerang kaum wanita khususnya yang sedang mengalami kehamilan. Ciri ciri khusus penderita Diabetes Melitus tipe Gestasional yakni berat tubuhnya meningkat dratis dan normal kembali setelah melahirkan.

Ada baiknya juga anda mengetahui apa saja yang menyebabkan penyakit asam urat.