Home / KESEHATAN / Kenali serangan penyakit TBC paru paru sebelum bertambah parah

Kenali serangan penyakit TBC paru paru sebelum bertambah parah

Penyakit TBC paru paru. Serangan awal dari penyakit TBC paru paru tidak terdeteksi dengan baik. Dengan demikian yuk coba kenali gejala dan tanda tanda serangan awal penyakit TBC paru paru sebelum bertambah parah. Penyakit TBC akan menyerang dan menggerogoti paru paru penderitanya. Sehingga jika tidak segera diobati maka stadium penyakit TBC akan terus meningkat. Penderita TBC paru paru stadium tinggi akan terasa sangat sakit saat batuk, bahkan bisa terjadi batuk berdarah. Dengan demikian saat mengetahui gejala dan tanda tanda terjadinya serangan TBC paru paru, maka cepatlah memeriksakan diri ke dokter.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang apa itu penyakit TBC paru paru. Dan bagaimana awal terjadinya serangan penyakit TBC paru paru. Ada baiknya untuk memahami apa sih sebenarnya penyakit TBC paru paru. Sering juga disebut sebagai penyakit TB atau Tuberkulosis ( Tuberculosis ). Penyakit TBC merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat menular yang disebabkan oleh basil Mycobacterium tuberculosis. Penularan bibit penyakit TBC melalui perantara udara yang dikeluarkan oleh penderita TBC aktif. Dengan demikian jika salah satu keluarga anda ada yang sedang menderita penyakt TBC. Maka terpaksa harus menjalani isolasi supaya tidak menularkan bibit TB pada keluarga lainnya, terutama yang masih satu rumah.

Untuk langkah antisipasi ini, maka sangat disarankan baik penderita maupun keluarga yang sehat selalu memakai masker penutup hidung dan mulut. Terutama jika tinggal dalam satu rumah. Jangan kuatir, saat ini penderita penyakit TBC paru paru bisa sembuh total. Asalkan melakukan pengobatan secara teratur dan terus menerus tanpa henti. Lama pengobatan dan penyembuhan penderita penyakit TBC antara 6 bulan hingga 12 bulan, tergantung dari tingkat keparahan penyakitnya. Tahap parah penyakit TBC paru paru ini mulai dari penyakit stadium 1 hingga stadium 5. Bisa saja terjadi saat terdeteksi sebagai penderita penyakit TBC paru paru aktif sudah memasuki tingkat keparahan stadium 3. Hal demikian terjadi karena penderita kurang respon terhadap gejala yang terjadi.

Loading...

Namun demikian bisa pula terjadi penularan basil TBC tidak langsung dari penderita aktif. Karena setiap kali penderita aktif penyakit TBC batuk. Maka bersamaan dengan itu butiran butiran kecil basil Mycobacterium tuberculosis juga ikut terlempar keluar dan bersenyawa dengan udara. Tentu saja kuman TB tersebut akan melayang layang di udara dan ikut dengan hembusan angin. Meskipun kadarnya tidak sama, namun masih bisa memiliki potensi penularan yang sangat kuat. Sehingga jika sampai terhirup bisa tertular. Oleh sebab itu saat tubuh dalam kondisi tidak Fit dan menghirup kuman TBC pasif. Masih ada kemungkinan juga akan tertular bibit penyakt TBC paru paru. Oleh sebab itu yuk selalu menjaga kesehatan tubuh secara maksimal setiap hari. Perihal tata cara menjaga tubuh tetap fit ini, anda bisa membaca petunjuknya di cara menjaga kesehatan badan

Banyak penderita awal penyakit TBC paru paru tidak menyadari jika sebenarnya telah terjadi penularan dan penyerangan serius basil Mycobacterium tuberculosis terhadap dirinya. Karena mereka kebanyakan mengira hanya batuk biasa. Perlu di ketahui bahwa masa inkubasi serangan penyakit TBC antara 4 minggu hingga 6 minggu. Sehingga pada masa inkubasi tersebut penderita penyakit TBC tidak merasakan gejala apapun. Pada masa inkubasi ini masa depan tubuh yang terjangkit ditentukan. Artinya jika dalam masa inkubasi kesehatan tubuh menurun. Maka dapat dipastikan akan positif terserang penyakit. Tetapi jika pada masa inkubasi kesehatan tubuh tetap terjaga secara maksimal. Boleh jadi kuman penyakit akan musnah oleh antibodi tubuh.

Periode masa inkubasi serangan penyakt TBC paru paru

penyakit TBC paru paru

Loading...

Seperti diuraikan di atas bahwa masa inkubasi penyakit TBC paru paru ini berlangsung antara 4 sampai 6 minggu. Dengan demikian jika tubuh yang terserang kuman TBC dalam keadaan lemah akan mulai merasakan gejala awal serangan TBC pada sekitar 4 minggu. Bahkan bisa jadi kurang dari 4 minggu. Masa timbulnya tanda tanda awal serangan penyakit Tuberkulosis pada dasarnya tergantung dari kesehatan tubuh penderitanya. Namun demikian bahkan penderita belum menyadari dalam masa serangan awal TBC paru ini. Karena pada umumnya sangat mirip dengan gejala batuk biasa. Namun demikian jika diperhatikan, tentunya ada hal hal yang lebih spesifik dan perlu anda perhatikan.

Pada hakekatnya gejala awal dan tanda tanda serangan setiap penyakit itu berbeda beda. Namun tentu saja ada beberapa gejala yang hampir mirip, sehingga memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Pada umumnya gejala setiap penyakit adalah demam dan pusing. Sehingga sulit mendeteksi penyakit tertentu jika hanya berpedoman dari suhu tubuh. Kita ambil contoh serangan awal penyakit types dan demam berdarah sangat mirip. Sehingga tenaga medis biasanya akan memerlukan cek darah pasien. Nah khusus pada gejala gejala awal penyakit TBC paru paru mempunyai kriteria khusus, seperti berikut ini :

Gejala dan tanda tanda awal serangan penyakit TBC paru paru

  • Batuk batuk merupakan gejala paling umum serangan awal dan selanjutnya dari penyakit TBC. Intensitas batuk ini semakin sering dan tidak terkendali.
  • Nafsu makan hilang tanpa sebab yang jelas. Sehingga berakibat pada penurunan berat badan secara dratis.
  • Badan terasa sangat lemas dan kurang gairah, sehingga penderita terasa sangat loyo dan kurang bersemangat.
  • Kadang pula disertai dengan pusing kepala ringan dan keluarnya keringat dingin di waktu malam

Nah jika gejala di atas terus berlanjut dan tidak segera di obati, maka akan timbul gejala gejala lain yang lebih serius, seperti :

  • Batuk batuk semakin berat dan menyiksa. Bahkan terkadang disertai dengan dahak warna kental. Saat batuk juga disertai dengan rasa nyeri di bagian dada
  • Berat tubuh semakin turun secara dratis
  • Disertai benjolan kecil pada bagian leher, tepatnya tepat di bawah gigi geraham ( stadium penyakit mulai meningkat parah )
  • Kadang pula warna urine berubah menjadi keruh dalam jangka waktu yang lama.

Pada kenyataannya banyak penderita yang tidak menyadari jika dirinya sedang menderita penyakit TBC paru paru. Bahkan dokter yang kurang pengalaman akan salah mendeteksi adanya benjolan dileher tersebut dan biasanya dihubungkan dengan kerusakan gigi geraham. Namun setelah mendapatkan pengobatan yang benar, maka benjolan di leher akan berangsur hilang. Dengan demikian ada baiknya jika anda berganti tenaga medis jika penyakit tidak kunjung sembuh.

Sebagian besar serangan kuman atau bakteri TBC ini mengarah pada bagian paru paru penderita. Namun demikian jika keadaan tidak terkendali. Maka basil Mycobacterium tuberculosis bisa juga menyerang organ tubuh lainnya, seperti ginjal, tulang belakang, dan bahkan bisa juga menyerang otak. Meskipun penderita penyakit TBC paru ini bisa disembuhkan, namun bekas luka di paru paru tidak akan hilang. Sehingga jika tidak bisa menjaga kesehatan maka basil TBC akan menyerang kembali.

Saran pengobatan dan penyembuhan penyakit TBC paru paru

  • Saat ini pengobatan sudah lebih modern dan canggih, sehingga penderita penyakit TBC paru paru bisa sembuh total. Asalkan menuruti nasihat dokter 100%
  • Berusaha dengan sekuat tenaga untuk menaikkan berat tubuh. Pada hakekatnya dokter hanya membantu penyembuhan. Diharapkan antibodi tubuh sendiri yang melawan penyakit TBC.
  • Hal yang sangat penting adalah saat penyembuhan penyakit TBC paru paru ini penderita tidak boleh sampai lupa minum obat. Jika hal ini terjadi maka pengobatan akan diulang dari awal.

Demikian hal hal penting yang perlu anda ketahui perihal gejala dan penyembuhan penyakit TBC paru paru. Meskipun bisa disembuhkan namun penyakit TBC ini termasuk dalam kategori jenis penyakit serius yang cukup berbahaya karena bisa mengancam kematian. Pelajari juga bagaimana terjadinya serangan penyakit jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *