Home / MAKANAN / Petunjuk lengkap cara membuat kue lemper bakar

Petunjuk lengkap cara membuat kue lemper bakar

Berikut resep kue lemper ketan yang dilengkapi dengan petunjuk lengkap tahap demi tahap cara membuat lemper bakar isi abon sapi, lemper ketan isi daging ayam, maupun lemper isi abon ikan. Ada rahasia tersendiri supaya lemper ketan bikinan anda pulen dan enak. Lemper yaitu jenis jajanan tradisional yang menggunakan bahan utama beras ketan. Seperti kita ketahui bahwa cara memasak beras ketan tidak semudah memasak nasi putih, sehingga sebelum anda belajar membuat kue lemper ketan juga harus mahir dalam cara membuat nasi ketan. Dalam pembuatan kue lemper ketan bakar juga harus memperhatikan pembungkusnya yakni daun pisang. Secara umum semua jenis daun pisang bisa digunakan untuk membungkus kue lemper bakar ini, namun lebih disarankan untuk menggunakan daun pisang batu, karena tekstur daun pisang batu lebih lembut dan ulet sehingga tidak mudah pecah.

Sebab kelezatan cita rasa kue lemper ini sangat tergantung dari cara anda saat membuat nasi ketan karena kedua hal tersebut sangat berkaitan. Lemper yang bagus tentunya padat dan lembut, jadi lemper yang lembek maupun yang terlalu keras juga kurang sempurna. Sehingga saat membuat nasi ketan harus benar benar diperhatikan terutama penambahan air bersih dan harus pas. Meskipun demikian dengan pembelajaran yang serius saya yakin anda pasti bisa membuatnya. Namun tidak tertutup kemungkinan ternyata cukup sulit mencari ataupun membeli daun pisang batu untuk membungkus kue lemper bakar bunda, jadi bisa juga menggunakan daun pisang jenis lainnya, hanya saja gunakan yang masih sedikit muda dan jemur dahulu supaya lebih lemas dan tidak mudah pecah. Pilihlah yang tampilannya masih bagus supaya kue lemper anda menjadi lebih menarik.

Nah sekarang menginjak pada bahan isi kue lemper bakar bunda. Soal isi kue lemper sebenarnya sesuai selera aja, jadi bunda bisa menggunakan bahan isi daging ayam atau abon ayam, atau juga abon sapi. Dan saat ini juga telah banyak dijual jenis abon yang lain yakni abon ikan. Semua bahan isi kue lemper bisa di beli di minimarket kecuali daging ayam yang sebaiknya diberi bumbu dahulu supaya lebih enak. Nah sebelum melangkah ke sesi cara membuat kue lemper bakar isi abon sapi, daging ayam, abon ayam, maupun abon ikan. Tentunya mempersiapkan bahan bahan dan peralatan yang akan digunakan, sehingga nantinya tidak kerepotan mencari ini itu karena belum disiapkan. Berikut bahan bahan untuk membuat kue lemper bakar spesial enak dan mantap.

Resep kue lemper sendiri biasanya disesuaikan dengan bahan isian yang digunakan, sehingga ada beberapa resep kue lemper saat ini, seperti : resep kue lemper isi serundeng, resep kue lemper bakar, resep kue lemper goreng, dan resep lemper kukus. Namun demikian sebenarnya letak kuncinya ada pada cara memasak nasi ketan.

Resep kue lemper bakar

Bahan untuk lemper
Beras ketan : ± 500 gram
Santan kelapa asli : ±400 ml
Daun pandan : 3 lembar, potong menjadi 3 bagian.
Garam : ± ¼ sendok makan atau secukupnya sesuai selera
Daun pisang baru : secukupnya, bisa menggunakan jenis daun pisang yang lain.

Bahan untuk isian ( daging ayam )
Daging ayam : secukupnya ( 300 gram )
Bawang putih : 3 siung ukuran besar
Bawang merah : 4 butir.
Kemiri : cukup 2 biji saja.
Garam : ± ½ sendok teh atau secukupnya dan sesuai selera.
Minyak goreng secukupnya.
Daun jeruk : 2 lembar

kue lemper bakar

Cara membuat isian ( ayam ) kue lemper bakar

  1. Langkah pertama bersihkan daging ayam hingga bersih.
  2. Kemudian rebus dengan air bersih secukupnya ( daging ayam terendam ) hingga matang, lantas angkat dan dinginkan.
  3. Selanjutnya suwir suwir.
  4. Sekarang uleg hingga halus semua bumbu bumbunya ( bawang merah, bawang putih, kemiri, daun jeruk, dan garam ).
  5. Kemudian tumis dengan sedikit minyak goreng hingga matang dan harum.
  6. Lantas masukkan suwiran daging ayam dan aduk aduk hingga merata sempurna.
  7. Angkat dan tempatkan pada wadah dahulu,

Cara membuat lemper bakar isi daging ayam

  1. Langkah pertama adalah membuat nasi ketan dahulu. Untuk membuat nasi ketan ini sebenarnya cukup mudah. Namun untuk lebih singkatnya silahkan mempelajarinya di situs rujukan admin yang telah berhasil dalam pembuatan nasi ketan yang pulen dan enak. Silahkan bunda pergi ke cara memasak beras ketan.
  2. Nah saya anggap nasi ketan yang pulen telah matang dan siap. Sebaiknya dinginkan dahulu supaya mudah membungkusnya.
  3. Sekarang ambil satu atau dua sendok nasi ketan ( sesuai selera bunda ) kemudian bulatkan, selanjutnya buat lubang secukupnya dan isi dengan ayam suwir secukupnya.
  4. Tutup dan bulatkan kembali, kemudian bungkus dengan daun pisang hingga rapi.
  5. Lakukan hingga semua nasi ketan dibungkus semua.
  6. Siapkan magic grill ( alat pembakar / pemanggang ) dan taruh di atas kompor gas dengan nyala api kecil hingga sedang. Letakkan beberapa bungkus lemper dan garang hingga daun sedikit layu.
  7. Kue lemper bakar isi daging ayam siap dinikmati.

Jika bunda ingin membuat kue lemper bakar isi abon ayam atau abon sapi maupun isian lain, cukup mengganti isinya saja dan cara selanjutnya sama. Cara membungkus kue lemper sebenarnya cukup[ mudah. yakni ambil selembar daun pisang dan letakkan kue lemper dipinggir, lalu di gulung dan terakhir di kunci dengan lidi. Pelajari juga cara membuat sambal pete.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *