Home / MASAKAN / Resep acar rumahan dan cara membuatnya acar timun wortel

Resep acar rumahan dan cara membuatnya acar timun wortel

Resep acar rumahan kali ini menggunakan bahan utama timun dan wortel. Dengan dilengkapi dengan cara membuat masakan acar timun dan wortel. Maka anda akan lebih mudah untuk mencoba membuat masakan acar untuk lauk pauk ini. Tidak banyak bahan dan bumbu yang digunakan. Untuk bumbunya hanya menggunakan kemiri, bawang merah, dan juga bawang putih. Pada dasarnya masakan acar timun wortel ini sebagai pelengkap sayuran dan lauk pauk di rumah. Acar wortel timun merupakan salah satu resep tradisional rumahan praktis.

Cara membuat masakan acar timun wortel cukup mudah. Bahkan bahan bumbu yang digunakan cukup sederhana. Meskipun demikian ada tips tersendiri supaya nantinya masakan acar timun wortel menjadi lebih lembut dan lezat. Bahkan anda juga bisa bikin masakan acar timun untuk anak anak. Dan membuat masakan acar pedas. Cara masaknya sama mudahnya, tinggal tambah cabe rawit merah potong tipisa serong atau biarkan utuh saja.

Resep masakan tradisional acar kuning praktis dan mudah cara membuatnya. Selain pas untuk tambahan lauk pauk. Ternyata masakan acar timun wortel ini juga kaya vitamin. Terutama vitamin A dalam kandungan bahan wortel. Dengan demikian juga bisa menunjang kesehatan seluruh keluarga. Sebagaimana diketahui bahwa sayuran hijau merupakan sumber gizi alami paling lengkap. Apalagi jika anda tambah dengan cabe hijau besar yang kaya vitamin C.

Loading...

Olahan rumahan acar timun bisa menjadi inspirasi bagi anda untuk tambahan di meja makan. masakan acar wortel timun ini paling pas disandingkan dengan ayam goreng atau jenis sayuran tanpa kuah lainnya. Untuk bisa memberikan nilai tambah sebaiknya dimasak tidak terlalu lama. Sehingga tampilannya lebih alami dan menambah selera untuk mencicipi. Pokoknya anda bisa mencoba membuat masakan acar timun rumahan dengan mengikuti resep praktis berikut. Inilah petunjuk lengkap cara membuat masakan acar wortel campur mentimun yang enak dan sederhana.

Resep acar kuning timun wortel bisa juga dilengkapi dengan tambahan sayuran lain. Saya sendiri biasanya tambah dengan buncis. Namu pada resep acar timun kali ini hanya menggunakan abahan utama timun dan wortel saja. Soal bahan bumbunya cukup sederhana dan mudah di beli di warung atau di di pasar. Nah jika bunda ingin mencoba masakan keluarga acar timun wortel sederhana. Yuk ikuti langkah mudah mencoba resep masakan sederhana yakni cara memasak masakan acar kuning berikut :

Resep acar rumahan timun wortel

Resep acar rumahan timun wortel

Loading...

Bahan bahan masakan acar rumahan

  • Timun putih : 3 buah
  • Wortel : 3 buah
  • Buncis : selera, jika ada potong serong
  • Garam halus : cukup 2 sendok
  • Minyak goreng : secukupnya untuk gongseng
  • Bawang goreng : 2 buah untuk taburan bawang goreng
  • Air bersih : sekitar ½ gelas

Bumbu masakan acar rumahan

  • Bawang merah : cukup 4 buah
  • Kemiri : 3 butir
  • Bawang putih : 4 siung
  • Cabe rawit merah : biarkan utuh atau potong serong tipis tipis ( jika ingin acar pedas )
  • Kunyit : 1 buah
  • Penyedap rasa : secukupnya, saya pakai royco
  • Garam dapur : sesuaikan dengan selera

Cara membuat masakan acar timun wortel

  1. Langkah awal tentunya kupas wortel dengan dikerik, lantas potong potong kotak panjang. Begitu juga dengan mentimun kupas dan potong sama seperti potongan wortel.
  2. Kemudian taburi dengan garam, diamkan sebentar dan remas remas perlahan hingga timun dan wortel menjadi lembek. Kemudian cuci dan tiriskan.
  3. Berikutnya haluskan bumbu : bawang putih, bawang merah, kunyit, dan kemiri dengan di uleg aja ya.
  4. Kupas bawang merah yang akan dibuat bawang goreng. Setelah potong tipis tipis. lalu goreng dengan api kecil. Sisihkan.
  5. Kurangi minyak gorengnya. Lantas gongseng bumbu halus hingga harum dan wangi. Lantas masukkan wortel dan timun. Bisa juga ditambahkan cabe rawity merah utuh atau cabe rawit iris jika suka pedas.
  6. Tambah sedikit air paling tidak setengah gelas. Kemudian tambahkan penyedap rasa, garam, dan gula pasir dikit.
  7. Biarkan mendidih beberapa saat sambil menunggu bahan timun dan wortel matang. Cicipi kuah dan rasakan hingga cita rasanya pas.
  8. Tuang dalam mangkok saji dan hidangkan bersama lauk pauk lainnya.

Sekedar tips dan saran untuk bunda yakni masaknya jangan terlalu matang ya. Sehingga warna masakan acar timun wortel ini menjadi lebih menarik dan menggugah selera. Biasanya sih masakan acar timun wortel ini cukup sempurnya dipasangkan dengan sambal goreng kentang cukup mantap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *