Home / MAKANAN / Resep botok tempe lamtoro cabe merah

Resep botok tempe lamtoro cabe merah

Botok tempe lamtoro merupakan masakan tradisional yang cukup digemari dan banyak di cari, namun sayangnya pada beberapa tahun belakangan ini semakin susah di cari, apalagi di kota besar seperti Jakarta, namun kalau di kampung kampung masih sering kita temui pedagang botok lamtoro ini. Perlu diketahui bahwa botok lamtoro paling enak dengan campuran tempe atau tahu. Botok tempe petai cina paling enak diantara masakan botok lainnya, apalagi memasaknya dengan dibungkus daun pisang dahulu. Saat makannya cukup dengan nasi putih hangat juga sudah cukup mantap.

Penggunaan lamtoro atau petai cina ini memang sudah menjadi keharusan saat membuat botok, sebab jika tanpa petai cina atau kemlandingan, maka rasa botok tempe tidak akan lengkap. Untuk lebih jelasnya yuk tulis resep botok tempe petai cina secara lengkap di sini. Pada hakekatnya bumbu botok tahu tempe atau botok tempe lamtoro ini cukup sederhana yakni bawang putih, bawang merah, dan bahan dapur lainnya. Namun demikian untuk bisa membuat masakan botok petai cina yang enak tentunya ada sedikit rahasia yang perlu remaja putri pahami.

Kelezatan botok sangat tergantung dari kelapa parut yang anda gunakan. Memilih kelapa parut yang salah maka akan berdampak pada enak tidaknya masakan botok anda. Resep botok lamtoro sebaiknya menggunakan kelapa muda parut, sehingga jika anda memakai kelapa yang biasa untuk santan, maka cita rasa botok tempe petai cina nantinya kurang enak. Jangan lupa juga untuk menggunakan kencur dan daun jeruk jika suka. Memang sih ada beberapa resep botok yang perlu bunda ketahui, karena ada beberapa daerah yang bisa menyajikan masakan botok sesuai dengan daerah masing masing..

Botok petai cina merupakan salah satu lauk pauk sederhana yang cukup enak, sehingga sekali waktu anda perlu mencoba membuat masakan botok petai cina sendiri. Meskipun anda bisa membelinya dan harganya cukup murah, namun untuk saat ini kadang kala sulit ditemukan penjual botok petai cina ini. Resep botok petai cina termasuk dalam kategori resep masakan tradisional yang perlu dilestarikan, karena bukan saja gampang bikinnya namun juga merupakan masakan alternatif yang cukup murah dan cepat penyajiannya.

Pada umumnya masakan botok ini ada dua macam, yakni botok yang dibungkus dengan daun pisang dan masakan botok yang tanpa daun. Campuran botok tempe petai cina ini bisa juga dengan tambahan teri maupun udang, sehingga ada resep botok jawa, resep botok teri, dan resep botok udang. Beda lagi dengan botok tempe jawa timur yang rasanya cukup pedas. Bagi yang belum pernah tentu bingung juga cara bikinnya, padahal cara membuat botok tempe ini cukup mudah. Yuk ikuti petunjuk lengkap bagaimana cara bikin botok lamtoro cabe merah ini. Yuk mulai siapkan bahan bahannya :

Resep botok petai cina
Bahan bahan botok tempe lamtoro
Tempe : ukuran sedang secukupnya
Lamtoro : sekitar 2 genggam atau setengan gelas atau sesuai selera
Teri medan : setengah ons
Cabe hijau besar : sekitar 3 buah
Cabe merah besar : 3 buah atau sesuai selera
Daun bawang : 1 atau 2 batang
Kelapa muda parut : setengah butir parut serong
Garam dan gula serta penyedap rasa : secukupnya

Bumbu halus botok tempe lamtoro
Bawang merah : 6 siung
Bawang putih : 4 siung
Cabe rawit : 10 buah ( sesuaikan )
Kencur dan kunyit : satu ruas

resep botok tempe

Cara bikin botok tempe lamtoro

  1. Tempe dipotong potong bentuk dadu
  2. Cabe hijau besar dan cabe merah besar iris tipis tipis serong
  3. Teri rebus sebentar lalu angkat dan tiriskan
  4. Kemudian haluskan bumbu lalu campur semua bahan bahan lainnya, tambahkan juga kelapa parut, daun bawang, garam,gula dan penyedap rasa, lantas campur hingga merata
  5. Setelah rasanya sesuai, bungkus dengan daun pisang dan kukus hingga matang

Wah mudah bukan bunda, anda bisa belajar resep resep enak di resep masakan sederhana ala indonesia yang di tulis secara lengkap dan mudah membuatnya. Belajar juga cara membuat sambal pete pedas