Home / MASAKAN / Resep cara bikin sayur sop bening sederhana

Resep cara bikin sayur sop bening sederhana

Cara bikin sayur sop mudah cepat dan praktis. Ayo bunda mencoba bikin sayur sop kuah bening sederhana. Bisa dibilang sayur sop merupakan salah satu masakan berkuah bening yang bisa diterima di mana saja. Bahkan bagi bunda yang memiliki anak usia balita juga paling sehat dengan menu sayur sop. Saat ada pesta hajatan yang namanya sayur sop menjadi menu masakan wajib. Dengan demikian sayur sop bisa untuk jamuan makan dalam berbagai acara keluarga. Untuk itu yuk mencoba menulis resep sayur sop dalam berbagai macam sajian keluarga. Berikut cara bikin sayur sop selengkapnya.

Resep sayur sop ada beberapa jenis. Anda bisa belajar membuat sayur sop untuk hidangan menu hajatan. Bisa juga belajar sayur sop untuk menu balita. Dan tentu saja resep sayur sop untuk menu harian keluarga. Meskipun tampaknya serupa. Namun biasanya menggunakan bahan bahan yang sedikit berbeda. Beberapa bahan dasar masakan sayur sop adalah wortel, kol atau kubis, kembang kol, dan juga bahan bahan ringan lainnya. Pendek kata bahan sayur sop ini terdiri dari berbagai macam sayuran. Tetapi bisanya supaya lebih nikmat dan mewah ada tambahan beberapa potong daging sapi atau daging ayam.

Cara membuat sayur sop cukup mudah dan tidak lama. Meskipun demikian kandungan gizi yang terdapat dalam satu mangkuk sayur sop cukup lengkap. Hal ini karena bahan bahan sayuran yang memiliki vitamin komplit. Dengan demikian untuk membantu gizi dan nutrisi keluarga tentunya memasukkan beberapa sayuran hijau. Namun demikian hendaknya hanya menggunakan 4 hingga 5 jenis sayuran hijau. Kalau terlalu banyak juga kurang bagus. Karena sayur sop biasanya lebih banyak kuahnya dari pada sayurannya. Sehingga lebih segar namun tetap enak.

Bumbu sayur sop sederhana dan cukup mudah dicari. Beberapa bahan bumbu sayur sop seperti : bawang merah, bawang putih, dan merica. Untuk mendapatkan cita rasa masakan sayur sopĀ  yang lengkap, bisa bunda tambahkan kaldu ayam. Biasanya menggunakan royco kaldu ayam sudah cukup nikmat. Kalau ada akan lebih sedap dengan kaldu ayam alami. Tapi jika bunda membuat sayur sop untuk buah hati kesayangan sebaiknya kurangi penggunaan merica atau lada.

Sayur sop kuah bening juga sehat untuk mereka yang sedang menjalani masa penyembuhan. Apalagi untuk kaum manula juga cukup baik. Namun khusus bagi penderita penyakit asam urat sebaiknya kurangi penggunaan sayuran hijau, bisa diganti dengan kentang dan semacamnya. Berikut ada beberapa macam resep sayur sop. Sehingga anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Bunda bisa mencoba resep sayur sop untuk balita, resep sayur sop untuk keluarga, dan juga resep sayur sop khusus untuk hajatan. Inilah aneka resep sayur sayur sop dilengkapi dengan cara membuat sayur sop komplit.

Aneka resep sayur sop sederhana dan praktis

cara bikin sayur sop

Resep cara bikin sayur sop untuk anak anak dan balita

Bahan bahan dan bumbu masakan sayur sop anak anak
Sayur bayam : satu ikat, pilih yang daunnya masih utuh dan tidak bolong bolong. Cuci dan siangi
Bakso sapi : 2 butir atau secukupnya
Telur ayam : 1 butir
Bawang putih : cukup 2 hingga 3 siung
Garam dan gula : sesuaikan
Bawang merah : 4 buah, bagi dua untuk bikin bawang goreng
Royco rasa ayam : sesuaikan
Minyak goreng : secukupnya untuk buat bawang goreng dan menumis
Air bersih : secukupnya atau sekitar 300 ml ( 1 1/2 gelas )

sayur sop anak anak

Cara bikin sayur sop untuk balita

  1. Langkah pertama iris tipis tipis bawang putih dan bawang merah. Khusus irisan bawang merah bagi dua yang separoh untuk bawang goreng.
  2. Lantas panaskan minyak dengan api kecil dan bikin bawang goreng dari 2 buah bawang merah.
  3. Tuang minyak sisa dan tinggalkan sedikit untuk menumis. Tumis bahan bumbu bawang putih dan bawang merah yang telah di iris tipis tipis tadi. Gunakan api kompor kecil aja ya.
  4. Setelah wangi dan harum tambahkan air bersih secukupnya. Masukkan telur ayam langsung. Tunggu hingga matang.
  5. Masukkan juga daun bayam dan bakso. Sekalian tambahkan royco rasa ayam, garam dapur secukupnya, serta gula pasir sedikit.
  6. Setelah mendidih coba cicipi kuahnya.
  7. Angkat dan sajikan dalam mangkok saji

Untuk penggunaan telur ayam bisa bunda tiadakan dan ganti dengan jenis sayuran lainnya. Hidangkan selagi masih hangat dengan nasi putih.

Resep cara membuat sayur sop spesial menu harian keluarga

Bahan bahan sayuran sayur sop spesial keluarga
Daging cincang ayam : secukupnyan, bunda bisa ganti dengan potongan daging ayam
Wortel : 2 buah, kerik dan potong potong dadu
Buncis : 5 buah atau secukupnya, potong potong serong
Kacang merah besar : secukupnya, rebus dahulu ya
daun bawang : cukup 1 batang, buang bagian ujungnya yang kering dan potong potong

Bumbu iris sayur sop spesial
Bawang putih : cukup 3 siung, iris tipis tipis
Kaldu ayam : bisa ganti dengan royco rasa ayam secukupnya
Bawang bombay : kira kira setengah saja
Merica bubuk : kira kira setengah sendok teh
Bawang merah : 2 buah, iris tipis tipis
Garam dan gula pasir : secukupnya

sayur sop spesial

Cara bikin sayur sop untuk menu keluarga

  1. Rebus dahulu kacang merah hingga empuk dan matang, sisihkan dahulu
  2. Potong potong dadu daging ayam dan rebus hingga matang
  3. Gunakan api kompor kecil dan tumis bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay hingga harum
  4. Kemudian tambahkan air secukupnya dan tunggu hingga mendidih.
  5. Lantas masukkan kacang merah, daging ayam, wortel, dan buncis. Setelah mendidih kembali, tambahkan merica bubuk, garam, gula pasir, dan juga royco rasa ayam secukupnya.
  6. Coba cicipi cita rasanya, tambahkan garam dan royco ayam jika masih belum pas
  7. Angkat dan sajikan bersama sayuran lainnya

Demikian bunda aneka resep sayur sop. Pada dasarnya membuat masakan sayur sop itu mudah dan gampang. Bunda bisa membuat kreasi masakan sayur sop sesuai dengan selera keluarga. Dengan demikian bisa memilih bahan bahan sayurannya sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *