Home / MASAKAN / Resep cara membuat masakan tempe balado bumbu sederhana

Resep cara membuat masakan tempe balado bumbu sederhana

Masakan tempe balado dengan bumbu sederhana. Tempe merupakan bahan masakan yang enak dimasak apapun. Masakan tempe pedas menjadi menu harian yang murah. Namun bisa memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Sebagaimana diketahui bahwa sepotong tempe mempunyai kandungan protein nabati yang lumayan tinggi. Dengan demikian mengkonsumsi tempe mampu menunjang kesehatan sekeluarga. Seperti diketahui bahwa sepotong tempe memiliki nilai gizi yang cukup lengkap, seperti : lemak, protein, kalsium, dan vitamin. Nah bagi yang suka masakan pedas tidak ada salahnya untuk mencoba resep tempe balado bumbu sederhana berikut.

Cara membuat masakan tempe balado cukup mudah. Bahkan bahan bahan untuk bumbu juga simple, seperti bawang merah, bawang putih, dan cabe sudah cukup untuk bikin masakan tempe enak.Namun untuk melengkapi cita rasa balado tempe ini bunda bisa menambahkan kucuran air jeruk nipis. Sehinga menjadi masakan tempe pedas spesial. Karena memiliki cita rasa sungguh lezat. Banyak masyarakat yang belum paham tentang faedah sepotong tempe untuk kesehatan. bahkan mereka lebih memilih masakan restoran modern yang mana justru mengandung kolesterol tinggi. Tahukan anda bahwa terlalu sering mengkonsumsi masakan tinggi kolesterol justru berakibat memicu berbagai macam penyakit berbahaya

Resep masakan tempe balado praktis dan mudah cara bikinnya. Masakan tempe kering pedas ini memiliki cita rasa tersediri. Sehingga bisa dijadikan sebagai pelengkap lauk pauk harian anda. Ada beberapa resep olahan tempe yang sudah menjadi menu sehari hari. Salah satunya yakni orek tempe yang menjadi ciri khas warung sederhana. Dari bahan bumbunya memang sepintas mirip dengan resep tempe orek. Namun resep masakan balado tempe ini cita rasanya lebih berani. Soal rasa pedas bisa disesuaikan dengan selera keluarga. Bagi yang suka rasa pedas tentunya bisa melengkapinya dengan beberapa biji cabe rawit merah.

Loading...

Bumbu tempe balado pedas mudah dibeli dan murah. Bunda bisa menggunakan bahan bumbu seperti : bawang merah, bawang putih, cabe, dan juga jeruk nipis. Kalau untuk kebutuhan harian keluarga cukup satu papan tempe murni. Meskipun demikian kelezatan masakan bunda tergantung dari kualitas tempe yang bunda beli. Perlu diketahui bahwa kadang kala tempe suka masam. Saya sarankan untuk memilih tempe kualitas bagus. Cukup mudah bunda membeli tempe yang bagus. Saat membelinya ada baiknya di cium dahulu. Tempe yang kualitasnya jelek akan berbau masam saat di cium. Dari tampilannya juga bisa terlihat. Tempe murni yang bagus akan mempunyai atampilan putih bersih dengan jamur rhizopus yang padat serta berbau segar tidak asam. Tempe juga menjadi salat satu bahan utama dalam beberapa resep masakan daerah

Cara masak tempe balado tentunya cukup mudah. Silahkan siapkan bahan utamanya yakni tempe satu papan dan juga bahan untuk bumbunya. Masakan tempe pedas ini tidak membutuhkan pengalaman memasak ya. Jadi tidak perlu ragu untuk mencoba membuat masakan balado tempe ini. Bunda dan remaja putri sekalian hanya perlu mengikuti resep balado tempe yang dilengkapi dengan petunjuk cara membuatnya. Bahkan peralatan dapur yang dibutuhkan juga tidak banyak. Jadi masakan tempe goreng balado ini simple, praktis, dan cepat membuatnya. Sudah siap, yuk menuju dapur kesaayangan :

Resep masakan tempe balado sederhana

masakan tempe balado

Loading...

Bahan dan bumbu masakan tempe balado

  • Tempe kualitas bagus : 1 papan, ukuran 10 cm x 10 cm
  • Cabe merah keriting : kira kira 15 biji
  • Cabe rawit merah : cukup 5 biji ( bagi yang suka pedas )
  • Bawang putih : 5 siung
  • Bawang merah : 5 buah
  • Jeruk nipis : 1 butir
  • Penyedap rasa : royco rasa ayam 1 sachet
  • Gula pasir : cukup ½ sendok teh.
  • Garam dapur : jika diperlukan
  • Minyak goreng : secukupnya

Cara membuat masakan tempe balado

  1. Langkah pertama potong potong tempe persegi panjang pipih. Pada resep kali ini saya potong sekitar 3 cm x 3 cm dengan ketebalan sekitar 5 mm. Bunda bisa menyesuaikan selera.
  2. Lantas goreng hingga matang dan tidak perlu terlalu kering ya
  3. Sementara itu haluskan : bawang merah, bawang putih, dan cabe. Cukup dengan di uleg saja. Kemudian tumis / gongseng dengan sedikit minyak hingga harum.
  4. Tambahkan satu atau dua sendok air bersih. Lantas tambahkan royco rasa ayam ( penyedap rasa ), setengah sendok teh gula pasir, dan kucuri dengan air jeruk nipis. Aduk aduk sebentar dan coba tes rasa.
  5. Terakhir masukkan tempe goreng. Aduk aduk secara perlahan supaya bumbunya meresap.
  6. Angkat dan sajikan dengan mangkok saji

Itulah bunda tips cara masak tempe balado pedas. Bisa digabungkan dengan masakan berkuah lainnya. Bahkan lumayan mantap digabungkan dengan sayur asem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *