Home / MASAKAN / Resep masakan orek tempe kuah santan pedas

Resep masakan orek tempe kuah santan pedas

Masakan orek tempe kuah santan pedas menjadi resep masakan tradisional yang lumayan enak. Dengan bahan bumbu rajangan bawang putih dan bawang merah. Maka menjadi masakan tempe kuah santan pedas yang cukup enak. Dengan tambahan santan dan cabe rawit iris menjadi masakan orek berkuah spesial enak. Resep orek tempe bisa jadi sudah sering bunda buat. Namun ada kalanya perlu sedikit inovasi sudah bahan tempe ini tidak membosankan. Yuk bunda mencoba masakan tempe orek berkuah yang lumayan enak. Cita rasa tempe kuah santan ini pedas, asin, dan manis dengan takaran yang pas. Tempe kuah santan pedas bisa menjadi menu harian anda. Apalagi bagi anda yang suka masakan pedas.

Resep masakan tempe pedas kali ini dilengkapi dengan santan kelapa alami. Cita rasa kuah yang gurih pedas menjadi sebuah cita rasa masakan sederhana tradisional yang mantap. Tempe merupakan bahan lauk pauk maupun bahan sayuran yang cukup enak di masak dengan resep apa saja. Harga tempe yang murah sehingga menjadi bahan sayuran yang banyak di cari masyarakat. Bahkan berbagai jenis resep masakan tempe ini menjadi menu masakan harian keluarga Indonesia. Salah satu resep olahan tempe yang patut anda coba yakni masakan tempe balado dengan bumbu bumbu sederhana. Tempe bahkan bisa dijadikan sebagai pelengkap masakan. Masakan terik tempe juga menjadi menu harian yang lumayan enak.

Resep orek tempe kuah santan cocok bagi anda yang suka resep masakan pedas. Cara membuat masakan orek tempe berkuah ini cukup mudah dan cepat. Menggunakan bumbu iris sederhana seperti bawang putih dan cabe rawit hijau. Tidak ada salahnya anda mencobanya karena cita rasanya cukup enak dan pedas menantang. Resep masakan tradisional ini menjadi ciri khas menu masakan harian yang cukup enak dan menggugah selera makan keluarga. Rasa gurih, pedas, dan manis merupakan ciri khas masakan yang diminati masyarakat. Disamping itu bahan utama masakan ini yakni tempe merupakan bahan lauk pauk yang memiliki kandungan gizi nabati cukup lengkap. Bahkan oleh dokter ahli gizi direkomendasikan bagi mereka yang sedang menjalani penyembuhan penyakit karena rendah lemak.

Resep masakan tempe orek bisa juga dilengkapi dengan satu papan pete atau bisa juga dengan tambahan potongan tahu kulit coklat. Namun pada resep orak tempe kuah santan kali ini. Admin hanya menggunakan bahan tempe saja. Meskipun demikian cita rasanya tidak kalah enaknya dengan masakan mahal. Masakan tempe orek dimasak terik pedas ini bisa mengisi menu harian keluarga anda. Paling tidak seminggu sekali untuk membantu kebutuhan gizi sekeluarga. Tempe kaya nutrisi dan juga gizi bahkan setara dengan gizi sepotong daging merah bahkan setara dengan keju. Dengan demikian tempe bisa untuk melengkapi kebutuhan gizi tubuh untuk menjaga kesehatan anda. Perlu diketahui bahwa tempe kaya protein dan kandungannya lebih tinggi dari pada daging merah.

Masakan tempe menjadi ciri khas resep masakan indonesia sederhana. Perlu diketahui bahwa tahu tempe merupakan olahan sederhana yang cukup lezat dengan resep masyarakat sederhana kelas menengah ke bawah. Bagi kalangan atas mungkin saja malu untuk mengkonsumsi tempe. Padahal seperti yang saya sebutkan di atas bahwa sepotong tempe memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang cukup tinggi. Resep masakan tempe kuah santan dengan bumbu praktis sederhana. Nah bagi anda yang ingin mencobanya. Yuk ikuti resep tempe orek kuah pedas dan petunjuk cara membuatnya di sini :

Resep orek tempe kuah santan pedas

masakan orek tempe kuah santan

Bahan bahan masakan orek tempe kuah santan

  • Tempe : satu papan ukuaran sedang
  • Santan : sekitar 1 liter dari setengah buah kelapa
  • Minyak goreng : secukupnya

Bahan bumbu iris masakan orek tempe kuah santan

  • Bawang putih : 6 hingga 7 siung, ukuran sedang
  • Bawang merah : 2 buah
  • Cabe rawit hijau / kuning : ± 100 gram atau sesuaikan dengan selera pedas anda
  • Penyedap rasa : Royco rasa ayam 1 sachet
  • Gula pasir : sekitar 5 sendok teh
  • Garam : jika diperlukan

Cara membuat masakan orek tempe kuah santan

bumbu iris masakan orek tempe kuah santan

  1. Langkah pertama yakni potong potong tempe seperti tempe orek namun lebih besar sedikit. Lantas goreng hingga matang
  2. Berikutnya iris tipis tipis : bawang putih, bawang merah, dan cabe rawit
  3. Selanjutnya gongseng bumbu iris hingga wangi
  4. Kemudian masukkan tempe yang telah di goreng tadi, aduk aduk secara merata.
  5. Sekarang masukkan santan kelapa. satu sachet royco dan gula pasir. Tunggu hingga mendidih dan aduk aduk perlahan.
  6. Coba tes dahulu cita rasa kuahnya. Jika diperlukan bisa ditambahkan garam atau gula pasir sehingga sesuai dengan selera anda.

Nah begitulah bunda dan remaja putri sekalian resep cara bikin masakan tempe kuah santan pedas yang cukup enak. Ada satu hal yang mungkin bisa adipertimbangkan yakni penggunaan santan kelapa. Untuk hasil masakan terbaik tentunya hanya menggunakan bahan bahan asli alami. Seperti halnya penggunaan santan kelapa asli. Namun demikian jika terpaksa bunda bisa menggunakan SANTAN KARA meskipun nantinya cita rasanya sedikit berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *