Home / MAKANAN / Resep membuat opor ayam campur tempe tahu enak

Resep membuat opor ayam campur tempe tahu enak

Resep opor ayam. Kali ini yang dibahas resep opor ayam tempe tahu , sudah pada tahukan dengan masakan ini yang rasanya enak dan maknyuslah pokoknya. dan kali ini anda bisa mengetahui dari bahan bahannya sampai cara pembuatannya. kalau ngebahas masakan ini seneng baget karena saya suka dengan masakan ini karena dengan citra rasa bumbunya yang nampol , apalagi dengan aromanya hmmm harum, kalau dari jauh saja masakan ini sudah tercium aroma mantapnya. Biasanya masakan ini selalu ada pada hari hari besar seperti lebaran dan untuk arisan juga bisa.dihari lebaran itu menu utama selain semur rendang dan sambel goreng kentang pete,ada opor ayam tempe tahu karena semua orang menyukainya. mungkin banyak orang yang belum mengetahui bagaimana cara bikinnya.

Resep opor ayam spesial kali ini sebenarnya hanya menggunakan bahan bahan bumbu yang sederhana lho, namun cita rasanya sungguh enak seperti layaknya opor ayam jawa. Sebagaimana biasanya bahan utama masakan opor ayam yakni daging ayam, untuk mendapatkan rasa opor ayam sebenarnya sebaiknya menggunakan ayam dewasa yang gemuk, pilihan ini bertujuan untuk mendapatkan limpahan kaldu, apalagi jika menggunakan ayam kampung, pastinya cita rasanya akan lebih mantap lagi. Namun jika tidak ada atau harganya sangat mahal, bisa juga lho dengan ayam potong juga tidak kalah enaknya, yang penting bumbu opor ayam komplit.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah penggunaan santan kelapa, sebagaimana diketahui bahwa kelezatan masakan opor ayam ini juga tergantung dari penggunaan santan kelapa. Bunda dan remaja putri jaman sekarang maunya yang praktis dan simple, demikian juga dengan santan kelapa juga maunya yang instan. Nah untuk masakan opor ayam, saya sarankan menggunakan santan kelapa asli bukan santan kara, karena hasilnya jauh beda. Pilihlah kelapa tua untuk membuat santan kental. Dengan santan kelapa asli, maka selain enak juga rasanya lebih maknyus, jangan lupa juga bahan bahan bumbu yang lain mesti komplit juga.

Untuk memberikan kreasi pada masakan opor ayam bunda, tidak ada salahnya jika ditambah dengan beberapa bahan sayuran lainnya, pada kali ini saya tambah dengan beberapa potong tahu dan tempe, biar lebih komplit dan lengkap. Namun demikian sebaiknya menggunakan tahu tempe yang enak. Pilih tempe atau tahu yang kualitas baik dan tidak asam, sebab kadangkala kalau beli tempe sembarangan juga mendapatkan yang bau asam, demikian juga dengan saat membeli tahu, mesti hati hati, banyak yang kualitas jelek.

Nah sekarang anda bisa mengetahui langkah langkah apa saja untuk resep opor ayam campur tempe tahu, anda bisa lho menggantinya dengan campuran lain yang sesuai dengan selera, jika suka bisa juga dengan tambahan beberapa potong petai.

opor ayam campur tempe

Bahan bahan masakan opor ayam:
>> 1 Ekor ayam (dipotong sesuai selera )
>> 300ml santan kental
>> 300ml santan cair
>> 1 Batang sereh (geprek )
>> 2 Lembar daun jeruk
>> 2 Lembar daun salam
>> 1 Sdt gula putih
>> 1 Sdt garam
>> 1 Ruas lengkuas (geprek )
>> 1 Papan tempe
>> 10 biji tahu
>> Minyak untuk menumis

Masakan terik telur bulat

Bumbu halus opor ayam
>> 8 Siung bawang merah
>> 8 Siung bawang putih
>> 1 Ruas jahe
>> 5 Butir kemiri
>> 1 Ruas kunyit
>> 1/4 butir pala
>> 1/4 Sdt jinten
>> 1 Sdt ketumbar
>> 1 Sdt lada bubuk

Cara membuat masakan opor ayam

  1. Cuci ayam sampai bersih, dan lumurin ayam dengan jeruk nipis diamkan selama 15 menit.
  2. Terlebih dahulu goreng tempe dan tahu setengah matang, setelah itu angkat dan tiriskan.
  3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tambahkan daun jeruk , daun salam , sereh, lengkuas aduk aduk hingga harum dan masukan santan cairnya aduk sampai mendidih
  4. Setelah itu masukan ayam aduk aduk agar bumbu tercampur, masak sampai berubah warna.
  5. Setelah itu masukan tempe, tahu, garam dan gula aduk aduk kembali biar bumbunya meresap.
  6. setelah itu masukan santan kental aduk aduk dan jika ayamnya sudah empuk aduk aduk sampai matang. angkat dan taburin bawang goreng.
  7. opor ayam tempe tahu siap disajikan bersama nasi atau lontong dengan ditemenin dengan sambal goreng kentang dan sambel.
  8. selamat menikmati dengan keluarga.
  9. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *