Home / MASAKAN / Resep soto ayam santan enak bumbu komplit dan cara bikin soto santan

Resep soto ayam santan enak bumbu komplit dan cara bikin soto santan

Soto ayam santan enak dengan bumbu sederhana komplit. Ada berbagai macam resep soto ayam kuah santan. Beberapa daerah terkenal dengan masakan soto ayam santan, seperti : resep soto ayam santan betawi, resep soto ayam santan jawa timur, resep soto ayam santan bogor, resep soto santan lamongan, resep soto santan betawi. Nah pada resep soto ayam kali ini, yuk belajar membuat berbagai macam aneka resep soto ayam bikinan sendiri dengan bumbu bumbu komplit. Kelezatan kuah soto ayam santan ini terletak dari kelengkapan bahan bumbu dan cita rasa kuah soto yang pas dengan takaran rasa sempurna. Meskipun demikian tentunya setiap orang juga menyukai arasa yang berbeda beda, sehingga selera rasa soto ayam kuah santan ini bisa anda sesuaikan dengan selera anda.

Resep masakan tradisional soto ayam ini bahkan banyak diminati oleh seluruh lapisan masyarakat. Sehingga bunda dan remaja putri sekalian bisa mencoba untuk membuat sendiri masakan soto ayam santan ini. Sebagaimana diketahui bahwa soto ayam bisa dikategorkan menjadi beberapa jenis, seperti soto ayam kuah bening dan soto ayam kuah santan yang akan kita bahas sekarang. Namun sebelumnya ada beberapa yang mesti diperhatikan supaya anda bisa membuat masakan soto ayam santan yang enak dengan bumbu sederhana dan murah. Soal bumbu soto ayam cukup mudah dibeli di pasar pasar tradisional maupun pasar swalayan.

Cara membuat soto ayam kuah santan mudah dan gampang dengan mengikuti resep sederhana soto ayam santan namun dengan bumbu bumbu komplit. Namun demikian ada salah satu hal yang mesti diperhatikan dan tentunya cukup penting. Penggunaan santan kelapa asli lebih disarankan karena bisa mempengaruhi cita rasa kelezatan kuah soto ayam. Meskipun saat ini sudah banyak santan kelapa instan, namun lebih sedap dengan santan asli alami. Harga kelapa tua di pasar tradisional sekitar 6000 per butir. Untuk membuat santan kental maka dibutuhkan kelapa tua parus yang diperas menjadi santan kenatal alami. Hal penting lainnya adalah penggunaan bahan bahan bumbu yang komplit.

Loading...

Bumbu soto ayam santan yang komplit yakni : bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, jahe, serta beberapa bahan bumbu pelengkap, seperti : daun salam, daun jeruk, lengkuas, dan bumbu dapur lainnya. Resep soto ayam kuah santan ini menggunakan dua macam bahan bumbu yaitu bumbu halus dan juga bumbu pelengkap seperti bawang putih goreng yang berguna untuk bumbu tabur. Penggunaan bawang putih remas goreng ini berfungsi sebagai penyedap kuah soto ayam. Cara bikin masakan soto daging ayam kuah santan mesti berurutan dan sesuai dengan petunjuknya, sehingga cita rasa soto ayam santan bikinan bunda bisa setara dengan masakan pedagang soto ayam pinggir jalan maupun di restoran restoran.

Ada rahasia tersendiri supaya daging soto ayam bunda tidak bau amis. Dengan siraman air jeruk nipis dan garam halus. Oh ya bunda bebas menggunakan ayam kampung atau ayam potong sama saja. namun proses pematangan ayam kampung relatif lebih lama. Maka rasa daging ayam menjadi lebih enak dan lezat. Nah bunda dan remaja putri sekalian, yuk belajar masak masakan tradisional Indonesia. Untuk update kali ini yakni resep masakan soto ayam kuah santan sederhana. Bumbunya komplit dan cara buatnya juga cukup mudah. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti tata cara setahap demi setahap cara membuat masakan soto ayam santan enak sederhana berikut :

Resep soto ayam santan bumbu sederhana

soto ayam santan enak

Loading...

Bahan utama soto ayam santan

  • Daging ayam : 1 ekor
  • Jeruk nipis : ± 2 butir
  • Garam halus : sekitar 2 sendok makan
  • Santan kental : dari 1 butir kelapa tua
  • Air bersih : secukupnya, sesuai dengan yang diperlukan

Bahan bumbu halus masakan soto ayam santan

  • Bawang merah : ± 5 buah
  • Jahe : kira kira seruas ukuran 3 cm
  • Bawang putih : kira kira 6 siung ukuran sedang
  • Kunyit : sekitar 2 buah ukuran jari kelingking
  • Ketumbar butir : sekitar 1 sendok makan

Bumbu pelengkap masakan soto ayam santan

  • Lengkuas : cukup 1 kerat, geprek sebelum digunakan
  • Daun salam : sekitar 3 lembar ukuran besar
  • Merica bubuk : kira kira 1 sendok teh atau sesuaikan dengan kebutuhan
  • Daun jeruk : sekitar 4 hingga 5 lembar
  • Serai : cukup 3 batang, buang bagian ujungnya dan ikat
  • Daun bawang : cukup 2 batang, potong potong ukuran 1 cm
  • Garam, gula pasir, dan penyedap rasa : secukupnya
  • Minyak goreng : secukupnya untuk tumisan

Bahan pelengkap untuk sajian

  • Bawang putih goreng : cukup 3 siung dan iris tipis tipis
  • Telur ayam : 3 butir atau secukupnya, rebus hingga matang
  • Kentang goreng : secukupnya
  • Emping : secukupnya
  • Bawang goreng : secukupnya untuk taburan

Cara bikin soto ayam santan enak

  1. Langkah pertama yakni potong daging ayam menjadi 4 bagian supaya lebih mudah merebusnya. Kemudian tauri dengan air jeruk nipis dan garam halus. Biarkan beberapa menit paling tidak 10 menit supaya bau daging ayam hilang. Lantas cuci hingga bersih.
  2. Lantas rebus daging ayam dengan air secukupnya hingga matang
  3. Sementara itu haluskan semua bahan bumbu halus
  4. Lalu tumis dengan sedikit minyak hingga harum dan wangi. Aduk aduk sebentar dan tambahkan daun salam, serai, dan daun jeruk. lantas masukkan dalam rebusan ayam. jangan lupa gunakan nyala api kompor kecil saja.
  5. Berikutnya masukkan irisan daun bawang, lengkuas geprek, dan merica bubuk.
  6. Kemudian tambahkan gula pasir, garam, dan penyedap rasa secukupnya. Tambahkan sedikit demi sedikit sambil tes rasa ya.
  7. Lalu masukkan santan kental, aduk aduk dan tunggu hingga mendidih. Tes rasa sekali lagi, jika kurang bisa tambahkan garam atau penyedap rasa.
  8. Sesi terakhir taburkan bawang putih goreng sambil diremas saat memasukkannya
  9. Saran penyajian soto ayam kuah santan
  10. Ambil ayam dan tiriskan, kemudian suwir suwir secukupnya
  11. Ambil mangkok, masukkan suwiran daging ayam, kentang goreng, dan irisan telur ayam rebus. tambahkan kuah soto dan tambah emping secukupnya
  12. Masakan soto ayam kuah santan siap dinikmati

Bunda dan remaja putri sekalian itulah resep lengkap cara bikin masakan soto ayam santan yang enak dengan bumbu sederhana. Ingin pandai memasak, yuk kunjungi resep masakan enak