Home / MASAKAN / Tips cara membuat semur jengkol enak dan istimewa

Tips cara membuat semur jengkol enak dan istimewa

Jengkol dibenci sekaligus dicari. Jengkol paling mantap di buat masakan semur jengkol. Inilah tips membuat masakan istimewa dari bahan jengko yakni semur jengkol yang enak dan istimewa, paling tidak untuk penilis resep ini, he he he. Jengkol adalah salah satu makanan yang dicari banyak orang namun di sisi lain juga dihindari, padahal jengkol dapat dijadikan sebagai masakan lauk pauk yang super enak and lezat sebagai teman makan nasi. Makanan yang berbahan jengkol ini dapat kita buat atau kita olah sendiri dirumah, dan yang jelas mudah cara membuatnya. Proses dan cara membuat masakan semur jengkol ini dapat dibilang mudah dan gampang. Soal bahan bakunya mudah ditemukan di pasar pasar tradisional. Namun makanan yang satu ini memiliki bau yang khas, itulah sebabnya jengkol sering kali di hindari.

Inilah salah satu makanan yang memiliki ciri khas tersendiri, tapi memang tidak semua orang menyukainya.mungkin apa karena dengan baunya. Padahal kalau sudah mencicipi makanan ini rasanya maknyus. Kalau sudah memakannya rasanya ingin nambah terus, itulah salah satu keunikan jengkol. Untuk dapat membuat masakan semur jengkol yang enak dan lezat, tentunya harus menggunakan takaran bahan dan bumbu yang pas. Punya selera pedas? tambah dengan membuat sambal tersendiri. Biar tambah maknyus dan pedas merekah, bisa dengan sambal balado cabe hijau, selain enak juga banyak mengandung vitamin C.

Namun ada satu hal yang mesti anda perhatikan dan pahami. Yaitu kenapa jengkol sering di buat perbincangan. Sebenarnya bukan karena rasa masakannya yang tidak enak, namun lebih pada hasil kerja jengkol yang membuat hidung sering di tutup. Seperti kita bersama tahu, bahwa air seni mereka yang sering makan jengkol memiliki bau yang khas ( tidak enak ). Itulah sebenarnya penyebab utamanya. Sehingga jika anda sedang bertamu ke rumah kerabat atau sahabat anda, sebaiknya hindari menu jengko, bisa berabe nantinya. Masakan terik telur bulat juga tidak kalah enaknya.

Kalau saat di rumah sendiri sih boleh boleh aja, nggak ada yang melarang. Kalau sudah terlanjur cinta sama masakan semur, ada baiknya sekali kali mencoba membuat masakan semur daging yang enak dan mantap. Soal dana sih relatif, kan nggak tiap hari. Nah bagi bunda yang belum pernah mencoba kelezatan semur jengkol, yuk sekali kali mencoba membuatnya. Resepnya sudah saya siapkan dan di tulis dengan lengkap.

Bahan bahannya semur jengkol
>> 1/2 Kg jengkol tua, rendam satu hingga 2 jam dan kupas kulitnya.
>> 2 Lembar daun salam ( dicuci bersih )
>> 2 cm Lengkuas
>> 1 Batang sereh (dimemarkan )
>> 3 Lembar daun jeruk
>> kecap manis secukupnya
>> Gula merah secukupnya
>> Garam secukupnya
>> 1 Sendok teh merica bubuk
>> Gula pasir secukupnya
>> Penyedap rasa secukupnya
>> Santan kental sekitar 1 liter dari 1 buah kelapa tua
>> Minyak untuk menumis

Bumbu halus semur jengkol
>> 8 Siung bawang merah
>> 4 Siung bawah putih
>> 2 cm Kunyit.
>> 3 Buah cabe merah besar
>> 20 Buah cabe rawit merah atau hijau
>> 3 Butir kemiri (disangrai )
>> 1 Sendok teh ketumbar.

semur jengkol

Cara membuat semur jengkol :

  1. Pertama – tama rebus jengkol didalam air  hingga matang dan empuk (bisa ditambahkan sedikit abu biar tidak jengkolan)
  2. Setelah itu angkat rebusan jengkol lalu beri air dingin
  3. Setelah itu kupas kulit jengkol yang sudah direbus tadi kemudian pipihkan jengkol dengan cara digeprek.
  4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dan masukan lengkuas , sereh , daun jeruk , daun salam dan gula jawa Sampai harum.dan masukan santan lalu diamkan sampai mendidih.
  5. Dan masukan jengkol yang sudah digeprek kedalam bumbu aduk sebentar.
  6. Diamkan sampai jengkol bener bener matang,hingga kuahnya berkurang dan bumbunya meresap.
  7. Tambahkan kecap manis, gula pasir , garam dan penyedap rasa aduk sampai bumbu tercampur rata.setelah itu cicipi.
  8. Semur jengkol siap dihidangkan.

Untuk masak jengkol pilihlah jengkol yang sudah tua karena jengkol yang tua akan menghasilkan tekstur jengkol yang empuk. jangan memilih jengkol yang muda karena tidak akan menghasilkan rasa enak dan tidak empuk dan jika disemur akan terasa pahit.

Demikian resep semur jengkol yang enak dan istimewa selamat mencobanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *