Home / KESEHATAN / Yuk mengenal lebih dalam tentang penyakit jantung

Yuk mengenal lebih dalam tentang penyakit jantung

Apa itu penyakit jantung. Penyakit jantung lebih dikenal dengan serangan jantung atau infark miokardial. Serangan jantung sendiri merupakan akibat dari terbentuknya plak atau penyumbatan di bagian dalam jantung yang mengakibatkan penyumbatan aliran darah pada organ organ jantung, sehingga suplai darah ke seluruh bagian tubuh juga mengalami keterlambatan pengiriman. Seperti kita tahu bahwa tubuh manusia memerlukan suplai darah secara kontinyu. Sehingga jika terjadi kekurangan suplai darah, maka bagian tersebut akan bermasalah. Saat ini kita mengenal berbagai penyakit yang disebabkan oleh ketidaknormalan jantung. Namun demikian beberapa penyakit jantung tersebut dapat dibedakan menjadi 2 jenis, yakni penyakit jantung akibat kerusakan bagian bagian pada jantung, serta jenis penyakit jantung lainnya lebih diakibatkan pada penyumbatan jaringan pada pembuluh jantung.

Penyakit jantung yang diakibatkan oleh terganggunya fungsi jantung, seperti : Kelainan Katup Jantung, Gagal Jantung Kongestif, Kardiomiopati, Arritmatia, Penyakit Jantung Rematik, dan Inflamasi Jantung. Sedangkan penyakit jantung akibat terjadinya sumbatan, seperti : Infark Miokard Akut. Dengan demikian terjadinya penyakit jantung lebih disebabkan pada kegagalan salah satu atau lebih sel sel yang berada di dalam jantung, sehingga tidak mampu berfungsi dengan baik ( normal ). Itulah sebabnya kenapa hingga saat ini sangat sukar untuk melakukan tindakan preventif untuk menanggulangi serangan akibat kegagalan pada fungsi jantung. Meskipun belum diketahui secara pasti penyebab utama terjadinya penyakit jantung, namun para ahli sepakat bahwa timbulnya penyakit jantung disebabkan oleh perilaku kehidupan penderita yang tidak mengacu pada pola hidup sehat.

Minuman berakhohol dan merokok dipercaya ikut bertanggung jawab terhadap gagalnya fungsi jantung. Sehingga bagi anda yang memiliki kebiasaan tersebut khususnya peminum alkhohol sebaiknya mulai dikurangi porsinya dari sekarang. Alkhohol juga dapat mempengaruhi kinerja otak. Fakta membuktikan bahwa serangan jantung atau penyakit jantung menduduki peringkat pertama sebagai penyebab kematian manusia. Pertolongan pada penderita serangan penyakit jantung lebih memungkinkan hanya pada serangan awal saja. Artinya pertolongan pada 1 jam pertama sangat menentukan nasib penderitanya. Sebab keterlambatan pertolongan akan berakibat sangat fatal. Serangan jantung memiliki ciri yang sangat khas yakni rasa nyeri di dada yang amat sangat. Menyinggung soal dada, maka sebagai seorang wanita juga seharusnya selalu memperhatikan payudaranya sebagai deteksi awal terhadap gejala awal kanker payudara.

Lantas siapa yang memiliki kerentanan terhadap serangan penyakit jantung ini. Pada umumnya penyakit jantung diderita oleh beberapa kriteria khusus, sehingga mereka yang berada di dalam kriteria ini sebaiknya sangat berhati hati dan selalu meningkatkan kesehatan secara kontinyu. Berikut beberapa faktor resiko terhadap serangan jantung.

Serangan jantung dapat terjadi pada keadaan berikut :

  • Memasuki usia 45 tahun bagi kaum pria dan memasuki usia 55 tahun bagi kaum wanita. Pada masa masa lanjut usia ini sangat mungkin terjadi serangan jantung mendadak.
  • Riwayat serangan penyakit jantung pada anggota keluarga. Bagi anda yang memiliki anggota keluarga pengidap penyakit jantung, akan lebih mungkin anggota keluarga yang lain juga terpapar, hal ini disebabkan karena cara hidup dalam satu keluarga cenderung sama.
  • Penderita diabetes atau penyakit kencing manis. Bagi penderita diabetes kadang kala meninggal bukan karena tingginya kadal gula dalam darah mereka, namun diakibatkan oleh serangan jantung karena terjadi komplikasi.
  • Perokok juga rentan terhadap serangan jantung.
  • Penderita tekanan darah tinggi. Akibat seringnya pompa jantung bekerja keras untuk suplai darah akibat adanya penyumbatan pada pembuluh darah, maka sangat mungkin terjadi overload pada jantung.
  • Obesitas atau kegemukan juga mempunyai resiko terjadi serangan jantung.
  • Stress serius yang berkepanjangan akan cenderung mengakibatkan arithmias jantung atau penghentian detak jantung.
  • gaya hidup yang tidak sehat juga bisa mempercepat terjadinya serangan jantung.
penyakit jantung
penyembuhan penyakit jantung

Dengan demikian dapat dimengerti mengapa cukup banyak penderita penyakit jantung. Dengan demikian menjaga kesehatan tubuh secara teratur dan kontinyu secara tidak langsung dapat menghindarkan anda dari serangan jantung mendadak.

Tanda tanda penyakit jantung maupun gejala penyakit jantung kadang kala hanya terjadi sangat ringan sehingga tidak menjadi perhatian serius. Namun setelah terjadi keparahan biasanya penderitanya baru melakukan pengobatan. Itulah sebabnya kenapa serangan penyakit jantung ringan sangat sukar dideteksi karena penderitanya tidak menyadari kalau selama ini sudah menderita penyakit jantung. Pelajari juga cara pengobatan penyakit TBC.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *