info lainnya

Beberapa alat tes virus corona untuk deteksi serangan Covid-19

Alat tes virus corona banyak dicari dan langka di pasaran. Namun peralatan deteksi serangan Covid-19 belum memberikan hasil yang signifikan. Ada beberapa alat pendeteksian adanya corona virus dalam tubuh seperti :

Deteksi serangan virus corona atau covid-19 dewasa ini menggunakan beberapa jenis alat tes untuk mendeteksi adanya virus corona dalam tubuh. Penyebaran pasien Corona Virus Disease yang terjadi pertama kali pada akhir tahun 2019 di Wuhan Tiongkok atau lebih dikenal sebagai serangan penyakit COVID-19 belum ada tanda tanda gejala penurunan khususnya di Indonesia.

Dari hari ke hari tampak informasi bagi mereka yang terjangkit serangan virus corona semakin membengkak. memang ada beberapa kemungkinan perihal bertambahnya pasien ODP maupun PDP di indonesia. Sedangkan di sisi lain alat tes yang belum maksimal dan setara dengan jumlah penduduk yang terdampak.

Hal demikian cukup bisa dimengerti sebab betapa sulitnya mendapatkan alat test untuk mendeteksi pasien corona virus. Meskipun sudah ada alat tes suhu tubuh, namun hasil yang di dapatkan belum maksimal dan akurat. Sebagaimana diketahui bahwa alat tes suhu belum bisa menjurus ke serangan penyakit covid-19, sebab sebagian besar serangan penyakit menimbulkan peningkatan suhu pada tubuh. Dengan demikian alat pengukur suhu untuk corona virus masih jauh untuk menghasilkan deteksi serangan virus corona secara maksimal.

Seiring dengan semakin meluasnya pandemi covid-19, maka hingga saat ini telah muncul beberapa jenis alat tes terbaru untuk mendeteksi pasien corona virus disease secara lebih akurat. Diharapkan dengan alat tes covid-19 terbaru ini masyarakat yang terdampak semakin cepat terdeteksi. Sehingga penyebaran penularan virus corona semakin cepat di redam.

Pada saat ini telah digunakan beberapa alat tes deteksi corona dengan tingkat akurasi semakin mendekati sempurna serta bisa mendapatkan hasil tes dalam waktu singkat. Lantas apa saja sih alat test deteksi terbaru yang banyak di gunakan saat ini.

Alat tes pengukur suhu tubuh Thermo Gun

Tak ada rotan akarpun jadi. Itulah sebenarnya yang terjadi pada alat tes pengukur suhu tubuh yang digunakan untuk deteksi virus covid saat ini. Padahal semua juga tahu bahwa termometer sinar ( Thermo Gun ) untuk mengukur suhu pasien corona nyaris tak berguna. Namun tetap saja dilakukan hingga saat ini.

Rapid Test, cara kerja dan penggunaan

Apa itu Rapid Test : Sebuah metode tes untuk menguji seseorang terjangkit virus corona. Cara kerja Rapid Test ini yakni dengan mengambil sample darah seseorang yang di curigai positif COVID-19. Biasanya mereka yang dalam status ODP maupun PDP. Alat deteksi Rapid Test ini mencari atau menemukan antibodi yang terdapat dalam darah pasien. Pada hakekatnya alat Rapid Test mencari immunoglobulin dalam darah yakni sistem perlawanan ( antibodi yang tercipta jika terjadi serangan penyakit ).

Alat deteksi Rapid Test Sensing Self telah mendapatkan lisensi dunia, seperti : sertifikasi CE, National Institute of Virology, dan Indian Council of Medical Research serta FDA. Meskipun bisa digunakan untuk mendeteksi adanya virus corona dalam tubuh. Namun salah satu kelemahan dari Alat deteksi Rapid Test yakni belum mampu mendeteksi jika masih dalam masa inkubasi. Sehingga pasien terdampak virus corona bisa saja menghasilkan “false negative” karena baru beberapa hari terdampak covid-19

deteksi serangan virus corona

Alat test TCM, cara kerja dan penggunaan

Apa itu TCM : Sebelumnya alat tes TCM ini digunakan untuk mendeteksi penyakit TBC ( tuberkolosis ). Metode sistem TCM ( Tes Cepat Molekuler ) pada dasarnya melakukan pemeriksaan dengan menggunakan antigen yaitu dahak dengan amplifikasi asam nukleat berbasis cartridge khusus untuk mendeteksi adanya virus corona. Salah satu keunggulan alat test TCM yakni bisa didapatkan hasilnya hanya dalam tempo paling lama 2 jam. Namun demikian seperti pada Rapid Test, maka bisa saja alat test TCM memberikan hasil negatif padahal pasien positif, karena masih dalam masa inkubasi.

Alat test PCR (Polymerase Chain Reaction)

Kita sering mendengar adanya tes swab. Apa itu tes swab, merupakan sebuah rangkaian pengambilan sample pada pasien corona. Paling umum adalah pengambilan lendir pada pangkal batang hidung. Dan atau bisa juga dari lendir di tenggorokan. Nah hasil dari tes swab inilah yang nantinya diperiksa dengan alat tertentu yakni PCR.

Deteksi corona virus PCR merupakan alat tes virus corona paling mendekati hasil maksimal. Meskipun demikian pada kenyataannya tidak semua instansi mampu menjalankan alat tes PCR ini. Sehingga hanya laboratorium yang di tunjuk secara resmi saja yang di ijinkan untuk melakukan tes PCR. Pada hakekatnya tes PCR mengandalkan sample dari air liur atau sampel cairan dari saluran pernapasan bawah dari pasien covid-19.

Alat tes PCR ini yang sekarang banyak di cari negara negara diseluruh dunia. Sehingga cukup sulit mendapatkan alat tes PCR saat ini. Perlu juga di ketahui bahwa deteksi pasien virus corona covid-19 paling meyakinkan dengan alat tes PCR. Sehingga alat deteksi sebelumnya seperti Rapid Test dan tes PCM juga akan di tes ulang dengan tes PCR.

Bisa dipastikan bahwa sebagian besar masyarakat telah terinfeksi oleh paparan virus corona. Namun demikian tidak semua yang terinfeksi lantas terjangkit dan terserang penyakit covid-19. Hal ini bisa saja disebabkan oleh tingkat kekebalan tubuh tinggi sehingga virus corona tidak mampu menembus sistem kekebalan tubuh. Meskipun demikian bagi mereka yang selama ini sedang menderita beberapa penyakit menahun seperti penyakit TBC paru paru relatif lebih rentan dan sebaiknya lebih waspada.

Kenali lebih akrab virus corona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *