Home / MASAKAN / Aneka resep bubur ayam dan cara membuat bubur ayam lengkap

Aneka resep bubur ayam dan cara membuat bubur ayam lengkap

Ada banyak aneka rasa bubur ayam yang dijual oleh pedagang kaki lima. Baik yang keliling maupun yang jualan bubur ayam di restoran. Beberapa daerah memiliki resep bubur ayam andalan daerahnya masing masing, seperti : resep bubur ayam bandung kental tanpa kuah dan resep bubur ayam bandung kuah kental. resep bubur ayam cirebon, resep bubur ayam jakarta, bahkan ada juga resep bubur ayam cina. Bagi kita cukup belajar cara membuat bubur ayam rumahan dengan bahan bahan sederhana, namun lebih spesial cita rasanya. Karena bisa disesuaikan dengan selera masing masing. Meskipun demikian dari sekian banyak resep bubur ayam. Cara bikin bubur nasi tidak jauh berbeda, bahkan bisa dibilang sama saja. Meskipun demikian tentunya ada rahasia tersendiri supaya hasil nasi bubur anda lebih enak dan mantap. Yuk ikuti secara lengkap bagaimana cara bikin bubur ayam rumahan yang enak dan lengkap bahan bahannya. Sekalian belajar aneka resep bubur ayam khas daerah.

Sebelum anda belajar membuat dan menyajikan bubur ayam komplit. Tentunya ada sedikit petunjuk yang nantinya bisa menambah kelezatan bubur ayam bikinan sendiri. Salah satu kunci kelezatan nasi bubur ayam adalah penggunaan dan kualitas beras yang akan dibuat bubur. Bahkan tidak semua jenis beras pas untuk dibuat bubur nasi. Karena bagaimanapun setiap jenis masakan memiliki tata cara sendiri, sehingga hasil masakan yang di dapat lebih enak dan memuaskan. Seperti halnya nasi goreng yang menggunakan jenis berbeda dari pada nasi bubur. Untuk membuat nasi goreng yang enak, maka tentunya mesti menggunakan nasi perak, untuk mempelajarinya anda bisa mencobanya di resep nasi goreng. Sedangkan untuk membuat bubur ayam yang spesial, seharusnya anda memakai nasi pulen yang masih baru dan tidak bau apek. Karena akan berpengaruh pada hasil bubur nasi anda. Dengan demikian setiap jenis masakan maupun olahan menggunakan kriteria bahan yang berlainan.

Resep cara membuat bubur ayam sederhana dan gampang di pelajari, sehingga anda bisa langsung mencoba resep bubur ayam sederhana dengan bahan dan bumbu yang paling mudah di dapat. Bahan utama masakan bubur ayam yakni beras kualitas bagus dan ayam berlemak. Sedangkan bumbu bumbu untuk bubur ayam ada di bumbu dapur anda, jadi gunakan yang masih ada saja. Sedangkan cara buat bubur ayam bisa anda pelajari secara lengkap di sini hingga ke tahap penyajian. Untuk hasil terbaik lebih disarankan untuk menggunakan daging ayam kampung yang gemuk berlemak. Karena nantinya kaldu ayam bisa digunakan untuk bahan bumbu dan kuah bubur ayam. Meskipun demikian anda tetap bisa menggunakan daging ayam potong ataupun daging ayam fillet juga tidak menjadi soal. Namun jika untuk usaha jualan bubur ayam akan lebih bagus jika dengan ayam kampung gemuk.

Loading...

Bagaimana cara masak bubur ayam yang benar. Ada beberapa tahap cara bikin bubur ayam. yaitu mulai persiapan cara bikin nasi bubur. Dan tahap lainnya yaitu cara membuat bumbu pelengkap bubur ayam dengan takaran bahan bahan yang pas. Meskipun demikian penggunaan garam dapur dan penyedap rasa sangat menentukan cita rasa hasil masakan bubur ayam anda. Untuk itu ada baiknya untuk mengikuti tahap demi tahap cara membuat bubur ayam sederhana dengan sajian lengkap. Disanping itu juga sekalian belajar aneka resep ayam bubur versi lainnya, yakni bubur ayam cirebon, bubur ayam bandung, dan juga masakan bubur ayam cina yang biasa kita temukan di jual oleh para pedagang bubur ayam yang sudah pengalaman dengan sajian lengkap. Inilah aneka resep bubur ayam komplit beserta cara membuat bubur ayam lengkap dengan cara penyajiannya.

Bubur ayam termasuk dalam kategori aneka masakan tradisional yang cukup digemari saat ini. Bahkan hampir disetiap daerah selalu terlihat pedagang bubur ayam baik yang keliling maupun yang sewa tempat. Dimasyarakat tidak hanya kuliner bubur ayam saja yang laris manis, namun juga berbagai macam jenis masakan dan jajanan. Salah satu masakan paling banyak dicari saat ini seperti masakan ayam goreng yang cukup banyak macam dan ragamnya. Tentu saja selera masing masing berbeda. Meskipun demikian untuk menu sarapan yang paling apas adalah bubur ayam. Kenapa harus terus membeli bubur ayam jika bisa membuatnya sendiri, paling tidak sudah pernah mencobanya. Bunda ingin belajar bikin bubur ayam sendiri. Yuk ikuti resep lengkapnya di sini.

Resep cara membuat bubur ayam cirebon spesial enak

resep bubur ayam cirebon

Loading...

Bahan bahan bubur ayam khas Cirebon
Beras kualitas bagus : 200 gr
Serai : 1 batang, buang bagian ujung kering dan memarkan
Daun salam : cukup 2 lembar
Air bersih : sekitar 1500 ml
Garam secukupnya

Bahan untuk kuah bubur ayam dan suwiran ayam
Dada ayam : 2 buah atau sesuaikan
Bawang merah : 6 buah, dihaluskan
Bawang putih : cukup 4 siung, dihaluskan
Seledri : 2 batang, ikat sebelum digunakan
Air bersih : sekitar 1500 ml
Merica bubuk : 1 sendok teh
Pala bubuk : kira kira 1/2 sendok teh
Garam : sekitar 1 sendok makan atau sesuaikan
Kaldu bubuk : sekitar 1 sendok teh, atau bisa juga digunakan air bekas rebusan ayam
Minyak goreng : secukupnya untuk menumis

Bahan pelengkap penyajian
Kubis : sekitar 200 ons, iris tipis tipis ( cacah )
Taoge ( kecambah ) : cukup 100 gram, cukup seduh dengan air panas
Daun bawang : cukup 2 batang, potong potong panjang sekitar 1cm
Bawang goreng : secukupnya
Sambal cabai rawit secukupnya

Cara Membuat masakan bubur ayam khas Cirebon

  1. Langkah pertama bersihkan beras dari kotoran seperti kerikil dan lainnya, lantas cuci hingga benar benar bersih
  2. Kemudian siapkan panci yang cukup besarnya. Lantas rebus beras dengan air disesuaikan, serai yang sudah di ikat, daun salam, dan jangan lupa garam sesuaikan. Sebaiknya gunakan nyala api kompor sedang.
  3. Cobalah untuk sesering mungkin di aduk aduk supaya tidak gosong di bagian bawah. Sebelum benar benar menjadi bubur nasi yang enak perkirakan airnya jika kurang cepat tambah dengan air panas.
  4. Sekarang cara membuat kuah bubur ayam : haluskan bawang putih dan bawang merah, lantas gongseng dengan sedikit minyak goreng, aduk aduk hingga wangi. Lalu tambahkan air secukupnya ( sesuaikan dengan ayamnya ), daun seledri, pala bubuk, merica bubuk, dan kaldu jika suka.
  5. Jangan lupa masukkan juga daging ayamnya dan tunggu hingga matang. lantas angkat daging ayam, tiriskan.
  6. Lantas goreng daging ayam hingga matang kekuningan. Setelah dingin suwir suwir.
  7. Sajikan dengan mangkok gambar ayam : ambil bubur nasi secukupnya, tambahkan kuah, irisan kol, touge matang, daun bawang, dan juga ayam suwir. Tambah dengan bawang goreng, biar lebih lengkap tambah sate usus goreng
  8. Sajikan bubur ayam cirebon selagi masih hangat. Jika untuk jualan bubur ayam cirebon selalu letakkan bubur nasi di atas kompor dengan api kecil supaya tetap hangat.

Resep cara bikin masakan bubur ayam bandung komplit

resep bubur ayam bandung

Bahan bahan masakan bubur ayam khas bandung
Beras kualitas bagus dan pulen : sekitar 200 gram
Air bersih : sesuaikan dengan jenis beras ( biasanya 5 kali ukuran beras )
Daging ayam : cukup setengah ekor
Santan kental : dari setengah butir kelapa tua
Daun salam : 2 lembar
Garam : sesuaikan
Minyak goreng : secukupnya
Kecap manis : 1 botol kecil

Bahan untuk bumbu kuah bubur ayam
Bawang putih : 4 siung
Bawang merah : sekitar 5 buah
Jahe : cukup 1 kerat
Lengkuas : juga 1 kerat
Kunyit kupas : sekitar 1 ruas
Kemiri sangrai : 3 biji
Serai : 2 batangm buang bagian yang kering
Daun salam : 4 lembar
Penyedap rasa, gula pasir, dan garam : secukupnya

Cara membuat masakan bubur ayam khas bandung

  1. Langkah awal bikin bubur nasi. Caranya gunakan panci yang cukup besarnya. Masukkan air bersih secukupnya dan tunggu hingga mendidih. lantas masukkan beras, daun salam, dan garam. Aduk aduk perlahan hingga bagian bawah supaya tidak gosong bagian bawah.
  2. Setelah menjadi setengah bubur, masukkan santan dan aduk aduk. Coba dulu rasanya jika perlu tambah garam. Aduk aduk secara perlahan hingga menjadi bubur nasi yang enak.
  3. Berikutnya haluskan bumbu halus kecuali daun salam dan serai. Lantas gongseng dengan sedikit minyak hingga harum. Tambahkan air bersih secukupnya ( daging ayam terendam ), masukkan juga serai dan daun salam. Tunggu hingga daging ayam empuk.
  4. Lantas angkat daging ayam dan tiriskan. Kemudian goreng daging ayam hingga matang menguning. Dinginkan dan suwir suwir.
  5. Sementara itu tambahkan penyedap rasa, gula pasir, dan garam pada kuah bekas rebusan ayam.
  6. Sajikan dengan mangkok : taruh bubur nasi secukupnya, tambahkan suwiran daging ayam, kecap manis, kedelai goreng, daun seledrim daun bawang, dan juga kerupuk serta bahan pelengkap lainnya. Siram dengan kuah sedikit.

Demikian bunda beberapa resep bubur ayam yang paling laris di pasaran dan yang banyak di jual oleh para pedagang kaki lima. pendek kata jika jualan bubur ayam enak rasanya tentu akan dibanjiri oleh pembeli. Kuncinya dari pada mengurangi rasanya karena harga bahan bahannya terus naik. Akan lebih baik jika naikin harga seporsi bubur ayam. Lezat itu mahal. Ingin masakan lain, kunjungi aja di resep masakan lengkap