Home / MASAKAN / Aneka resep masakan indonesia tradisional praktis sehari hari sederhana

Aneka resep masakan indonesia tradisional praktis sehari hari sederhana

Resep masakan Indonesia sehari hari praktis cara memasaknya dan menggunakan bahan bumbu dapur sederhana. Inilah aneka resep masakan tradisional Indonesia lengkap dengan petunjuk cara membuatnya. Resep masakan indonesia tradisional cukup banyak macam dan ragamnya. Karena setiap daerah memiliki resep masakan tradisional unggulan masing masing. Dengan demikian anda bisa belajar banyak resep resep masakan sehari hari dirumah untuk hidangan keluarga. Resep masakan sayur merupakan resep asli nusantara yang menjadi kebutuhan menu harian keluarga. Ada beberapa resep tradisional yang menjadi unggulan, seperti resep masakan jawa, resep masakan sunda, resep masakan padang, dan juga resep masakan manado. Berikut beberapa resep masakan indonesia tradisional yang menjadi unggulan keluarga indonesia.

Resep masakan indonesia sehari-hari sederhana. Para bunda sekarang sudah lebih mahir membuat masakan masakan tradisional. Bahkan mereka cukup pengalaman dalam menyajikan berbagai resep masakan sehari hari dari seluruh indonesia. Namun demikian ada beberapa masakan yang menjadi favorit keluarga. Sayur asem merupakan salah satu resep masakan tradisional yang cukup dikenal masyarakat luas. Sehingga masyarakat Indonesia cukup mahir dalam pembuatan sayur asem. Ada cukup banyak resep sayur asem, seperti sayur asem jawa, sayur asem sunda, maupun sayur asem jakarta. Cara membuat sayur asem sudah kami tulis secara lengkap di artikel sebelumnya. Sehingga untuk mengingatkan kembali cara bikin sayur asem ini, bunda bisa mengunjungi di masakan sayur asem

Resep masakan indonesia tradisional paling enak yakni nasi rawon. Menu masakan jawa ini bahkan bisa disajikan diberbagai acara rumahan, seperti saat arisan keluarga atau untuk menu mewah masakan sehari hari. Cara bikin masakan rawon juga tidak begitu sulit, karena memakai bahan dan bumbu asli alam indonesia. Ciri khas resep masakan rawon yakni penggunaan kluwak atau kluwek sebagai syarat wajib masakan rawon. Kluwek ini biasa disebut sebagai kepayang atau warga pasundan biasa menyebutnya sebagai picung. Saat ini ada beberapa macam masakan rawon yang dibedakan dari bahan utamanya. Jadi ada masakan rawon daging dan masakan rawon ayam. Nah bagi anda yang ingin mencoba membuat masakan rawon daging enak, yuk ikuti resep masakan rawon daging berikut :

Loading...

Bahan bahan masakan rawon daging
Daging sapi : sekitar 500 gram
Serai : cukup 3 batang, buang ujungnya dan geprek
Lengkuas : sekerat ukuran jempol jari, geprek
Daun jeruk : kira kira 6 lembar
Daun bawang : 2 buah, potong potong sekitar 1 cm
Air untuk rebusan : sekitar 3 liter air bersih

Bahan bumbu halus masakan rawon daging
kluwek / picung : cukup 4 buah, kerok bagian daging buahnya
Bawamg perai : cukup 1 batang
Kemiri : 5 butir
Bawang merah ; sekitar 8 buah
jahe : 1 kerat
Bawang putih : cukup 5 siung
Kunyit : cukup sekitar 3 cm
Ketumbar bubuk : 1 1/2 sendok teh
Merica bubuk : cukup 1 sendok teh
Garam dan gula pasir : sesuaikan secukupnya

Bahan bahan pelengkap untuk penyajian
Bawang merah : 5 buah, potong tipis tipis dan goreng
Tauge pendek : cukup 1 ons
kerupuk udang : 1/2 ons, goreng
telur asin : suka suka
Sambal

masakan rawon daging

Loading...

Petunjuk lengkap cara membuat masakan rawon daging

  1. Bersihkan daging sapi dari kotoran dan rebus hingga matang. Kemudian angkat dan setelah dingin potong potong bentuk dadu. Sementara saring air bekas rebusan daging.
  2. Rebus kembali dam masukkan kembali daging yang telah dipotong potong. Masukkan juga lengkuas, daun jeruk, dan serai
  3. Sementara itu haluskan semua bahan bumbu halus dan tumis hingga harum dan wangi. Lantas masukkan dalam rebusan daging.
  4. Setelah daging empuk dan bumbu meresap. Coba untuk cicipi rasa kuahnya. Tambahkan garam, penyedap rasa atau gula pasir hingga rasanya sesuai dengan selera.
  5. Setelah OK masukkan daun bawang
  6. Sajikan rawon daging dengan tambahan tauge kecil dan bahan pelengkap lainnya serta sambal

Resep masakan Indonesia sehari hari di rumah menjadi menu harian keluarga sederhana Indonesia. Salah satunya yakni masakan sayur lodeh. Masakan tradisional yang menggunakan beberapa macam bahan sayuran ini memiliki ciri khas masakan daerah asli Indonesia. Pada hakekatnya bahan sayur lodeh bisa disesuaikan dengan pilihan anda. Jadi cukup banyak pilihan bahan sayuran untuk masakan sayur lodeh. Resep masakan sayur lodeh ini menjadi masakan rumahan diberbagai daerah, seperti sayur lodeh jawa timur, masakan sayur lodeh jawa tengah, sayur lodeh jakarta, maupun sayur lodeh khas sunda. Untuk lebih jelasnya anda bisa mengikuti cara bikinnya di resep sayur lodeh

Tentunya cukup banyak aneka masakan Indonesia yang enak enak. Salah satu bahan masakan tradisional Indonesia yang menjadi idola kaum ibu ibu adalah daging ayam. Bahkan daging ayam ini bisa dibuat berbagai macam masakan spesial. Salah satunya yakni masakan rica rica ayam khas kota manado. Resep ayam rica rica ini menjadi kesukaan para remaja putri yang gemar masakan pedas. Bagi yang belum pernah membuat masakan rica rica ayam pedas khas kota manado. Tentunya bisa mengikuti resep masakan rica rica ayam pedas berikut :

Resep masakan rica rica ayam pedas khas manado

rica rica ayam pedas

Bahan bahan masakan rica rica ayam pedas
Daging ayam : 1 kg
jeruk nipis : 2 butir
Garam halus : 2 sendok makan
Serai : 3 batang
Daun jeruk : 6 lembar
Lengkuas : 1 kerat
Jahe : 1 kerat
Air bersih : secukupnya
Minyak goreng : secukupnya untuk menggoreng dan menumis

Bahan bumbu halus masakan rica rica ayam pedas
Bawang putih : 5 siung
Bawang merah : 8 buah
Cabe merah besar : 10 buah
Cabe rawit merah : 10 buah
kaldu ayam : 1 sachet
Garam dan gula pasir secukupnya

Petunjuk cara membuat masakan rica rica ayam pedas

  1. Cuci daging ayam dan kucuri dengan air jeruk nipis dan garam halus, lalu remas remas perlahan dan diamkan paling tidak 15 menit.
  2. Berikutnya goreng daging ayam cukup setengah matang aja.
  3. Kemudian haluskan semua bahan bumbu halus. Lantas tumis dengan sediit minyak goreng hingga wangi dan harum.
  4. Lantas masukkan daging ayam goreng, aduk aduk secara perlahan. Biarkan beberapa saat. Lantas tambahkan sedikit air bersih.
  5. Masukkan serai, daun jeruk, lengkuas, dan jahe. Lantas aduk aduk perlahan supaya bumbunya meresap.
  6. Coba tes rasa dahulu, setelah pas cita rasanya angkat dan hidangkan

Soto ayam menjadi salah satu masakan tradisional yang menjadi hidangan nasional Indonesia. Meskipun demikian kita mengenal berbagai macam resep soto ayam. Bisa dibilang cukup banyak daerah yang memiliki resep saoto ayam, seperti soto ayam lamongan, soto ayam madura, soto ayam kudus, soto ayam betawi dan masakan soto ayam khas daerah lainnya. Namun demikian resep soto ayam ini bisa dibagi menjadi dua kelompok yaitu soto ayam kuah bening dan lainnya masakan soto ayam kuah santan. Keduanya sama enaknya tergantung selera masing masing. Untuk resep soto ayam santan sudah kami tulis secara lengkap di resep soto ayam santan