Apa saja ciri ciri dan gejala penyakit ginjal

Gejala penyakit ginjal bisa dikenali sejak dini. Lantas apa saja ciri ciri dan tanda tanda serangan sakit ginjal stadium awal. Jika terdeteksi sejak awal serangan, maka kemungkinan dampak buruk kerusakan fungsi ginjal masih bisa diminimalkan. Salah satu jenis penyakit berbahaya ini sungguh sulit disembuhkan.

Namun demikian jika terjadi penurunan fungsi ginjal yang cukup parah, maka pengobatan akan dilakukan seumur hidup. Bagi penderita yang telah memasuki tahap stadium 5, maka telah terjadi kegagalan fungsi ginjal. Sehingga pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan cuci darah terus menerus secara teratur. Disamping itu juga dibarengi dengan pengobatan khusus, supaya tidak terjadi komplikasi.

Nah untuk mencegah serangan awal penyakit ginjal, maka sebaiknya anda mempelajari gejala penyakit ginjal sejak dini. Sehingga tidak berlanjut ke tingkat yang lebih parah. Sebab jika sudah memasuki stadium 4 hingga 5, maka sakit ginjal anda akan semakin sulit di obati. Bahkan tidak bisa disembuhkan, sehingga akan terus melakukan cuci darah seumur hidup.

Dengan demikian ada baiknya untuk mengenal lebih awal tentang ciri ciri serangan penyakit berbahaya yakni ginjal. Banyak kasus penderita penyakit ginjal berobat setelah organ ginjal mulai mengalami kerusakan. Sehingga penyembuhan akan semakin sulit. Lantas apa saja penyebab kerusakan organ ginjal.

gejala penyakit ginjal

Apa penyebab penyakit gagal ginjal

Penyebab utama kerusakan ginjal secara pasti belum diketahui, namun pada umumnya dipicu oleh beberapa masalah gangguan tubuh lainnya. Bahkan pola hidup yang salah yang terus menerus juga bisa memicu kerusakan organ tubuh penyaring limbah beracun ini. Berikut beberapa hal yang bisa memicu rusaknya fungsi ginjal, seperti :

»Memiliki riwayat penyakit ginjal dalam keluarga
»Penderita penyakit diabetes berkepanjangan ( memiliki riwayat keluarga penderita diabet )
»Penderita penyakit jantung dan pembuluh darah ( kardiovaskular ), lihat Cara menjaga kesehatan jantung sejak usia dini
»Obesitas akut
»Struktur organ ginjal tidak normal

baca Jenis penyakit diabetes yang perlu anda ketahui

Seperti diketahui bahwa fungsi utama ginjal adalah sebagai penyaring limbah beracun dalam tubuh. Dapat dibayangkan jika terjadi kerusakan pada organ vital ini, maka seluruh tubuh akan dipenuhi oleh zat zat beracun. Jika ginjal rusak, maka akan berakibat gagal fungsi ginjal. Dan biasanya akan timbul penyakit berbahaya lainnya akibat komplikasi.

baca juga Yuk latihan olahraga ringan untuk mengecilkan perut dan lingkar pinggang

Dengan demikian jika anda dalam kondisi dimana memiliki resiko serangan ginjal. Maka mesti berusaha untuk mencegah terjadinya gangguan pada organ ginjal. Sehingga selalu melakukan deteksi secara serius pada gejala penyakit ginjal sejak awal. Sebab banyak kasus kerusakan organ ginjal diketahui setelah masuk stadium 3. Untuk itu mulai sekarang jalankan pola hidup sehat

Gejala penyakit ginjal stadium awal

Ginjal merupakan salah satu organ paling penting dalam tubuh. Bahkan kerusakan ginjal akut tidak bisa disembuhkan. Organ tubuh yang berbentuk menyerupai kacang kembar tersebut merupakan penyaring kotoran dalam tubuh. Sehingga gagal fungsi ginjal akan berakibat pada gangguan kesehatan secara serius.

Oleh sebab itu jika mulai terjadi kerusakan pada fungsi ginjal, maka akan berpengaruh pada beberapa keluhan kesehatan dan perlu anda waspadai. Pada umumnya ciri ciri awal penyakit ginjal akan bisa terdeteksi pada beberapa tanda tanda hal berikut :

»Menimbulkan penyakit anemia
»Peningkatan pada tekanan darah
»Penyebaran racun dalam tubuh yang menyebabkan gatal gatal tanpa sebab yang jelas.
»Mudah kelelahan serta kadang timbul sesak nafas
»Nafsu makan berkurang, bahkan mual dan muntah
»Sering timbul kedutan ( kram otot ) di seluruh tubuh
»Merasakan nyeri saat buang air kecil ( kencing )
»Timbul rasa nyeri pada punggung bawah disertai bengkak pada tungkai
»Volume air kencing ( urine ) menurun, bahkan sakit dan disertai campur darah

baca juga Kenali serangan penyakit TBC paru paru sebelum bertambah parah

Nah jika anda merasakan sebagian besar gejala seperti di atas, maka kemungkinan fungsi ginjal anda sedang mengalami gangguan. Pemeriksaan secara teliti sejak dini sangat diperlukan. Duduk terlalu lama dan terjadi terus menerus akan meningkatkan resiko penyakit ginjal. Minum air putih 8 gelas sehari sangat dianjurkan serta kurangi minuman berwarna.