Berbagai khasiat madu untuk menaikkan imun tubuh

Khasiat madu untuk kesehatan tubuh sudah terbukti. Bahkan sejak dahulu sari lebah ini digunakan untuk sarana pengobatan maupun kecantikan. Berikut berbagai macam kegunaan madu sebagai penunjang kesehatan sekaligus untuk menaikkan imun tubuh. Sehingga sangat baik jika dikonsumsi secara teratur.

Namun demikian ternyata tidak semua madu memiliki khasiat yang sama, bahkan ada beberapa jenis yang diunggulkan karena memiliki kandungan terbaik sebagai imun tubuh. Dengan demikian untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh, maka selain makan makanan bergizi, juga disempurnakan dengan minum madu murni secara teratur.

Pada umumnya rasa yang khas adalah manis, namun sebenarnya ada juga jenis madu yang memiliki rasa asam dan bahkan sedikit pahit. Bahkan adanya rasa asam yang kuat justru menunjukkan khasiat yang tinggi. Sebut saja klanceng itama yang rasanya asam dan sedikit ada rasa manis. Sehingga anggapan selama ini jika semua madu rasanya manis adalah kurang benar.

Khasiat madu kualitas terbaik kelas dunia

Madu Elvish : Pada umumnya diperoleh secara alami dari dalam gua dan tanpa sarang di timur laut Turki. Madu jenis Elvish kaya mineral berkualitas tinggi, karena nektar ( sari bunga ) didapat dari tanaman endemik dan obat-obatan yang banyak tumbuh disana. Harga Elvish jangan kaget, sekitar 100 jutaan per kilogram.

Manuka asal Selandia Baru : Jenis yang satu ini hanya ada di daratan Australia yakni Selandia Baru. Namanya diambil dari sari bunga sebagai sumbernya yakni pohon manuka dan hanya ada di sana. Harga manuka asli saat ini sekitar 20 jutaan per kilogram

Yemeni Sidr : Madu asal negara Yaman ini juga sama baiknya dan memiliki kualitas kelas dunia. Namun demikian jangan salah sangka, sebab Yemen Sidr merupakan merk dagang dari timur tengah. Meskipun demikian kualitas madu asal Yaman ini sangat bagus. Harganya sekitar 2 jutaan per kilogram

Cara menghaluskan telapak tangan kasar kapalan

khasiat madu

Jenis madu Indonesia terbaik

Madu sudah dikenal sejak peradaban manusia, dihasilkan oleh lebah atau tawon yang dikumpulkan dari nektar bunga tanaman. Indonesia sangat kaya akan ragam tanaman. Dengan demikian cukup banyak jenis madu asli hasil bumi Indonesia. Yuk kita simak!

Jenis embun : Disebut juga sebagai honeydew merupakan suatu zat manis yang lengket seperti tetesan embun di atas daun dan kulit pohon yang dihasilkan oleh beberapa jenis serangga yang menghisap cairan tumbuhan.

Penyebab serangan asam lambung naik ke tenggorokan

Klanceng Itama: Salah satu jenis madu terbaik yang memiliki khasiat madu terbaik dengan cita rasa asam sedikit manis. Jenis klanceng ini dihasilkan oleh lebah ternak ( trigona ) dengan aneka macam jenis nektar. Janis Klanceng Itama cukup baik untuk menunjang imun tubuh.

Madu bunga karet : Berasal dari lebah atau tawon yang memperoleh nektar dari pohon karet. Madu karet berkhasiat sebagai pereda gatal gatal, menyembuhkan alergi, maupun untuk penyembuhan luka bakar.

Kenali jenis kulit wajah kamu sebelum menerapkan kosmetik

Madu klengkeng : Jenis kelengkeng ini manis agak gurih, sehingga cukup enak sebagai konsumsi harian. Berasal dari nektar bunga klengkeng. Pada umumnya dihasilkan di sekitaran kawasan pohon klengkeng.

Madu hutan Sumbawa : Yang asli asal Sumbawa yakni rendah komposisi kadar air, karena sesuai dengan iklim pulau Sumbawa yang panas. Yang asli dari Sumbawa yakni berasal dari sari bunga pohon bidara.

Madu randu : Rasanya manis enak dan murah harga jualnya. Per botol biasanya di jual sekitar 100 ribuan. Berasal dari nektar pohon randu dan memiliki warna bening ke emasan.

Madu Timor : Berasal dari lebah hutan di pedalaman timor. Meskipun demikian kualitasnya selevel dengan madu kelas dunia. Kabarnya terbaik nomor tiga setelah Australia dan Yunani.

Madu tawon ndas / gung : Dari sisi harga terbilang cukup mahal, karena yang jenis ini langka dan sulit di dapat. Sebab jenis lebah yang satu ini sulit dibudidayakan.

Madu Sumatera : Di dapat dari pedalaman hutan pulau Sumatera. Jenis madu ini pada umumnya sebagai bahan campuran makanan dan cukup laris saat menjelang lebaran.

Madu kaliandra : Berasal dari nektar bunga kaliandra adalah salah satu jenis madu Indonesia yang paling populer. Madu bunga kaliandra biasanya dikonsumsi untuk alasan kesehatan seperti susah buang air besar dan untuk tekanan darah tinggi, maupun rendah.

Madu pahit bangka : Jenis yang satu ini hanya berasal dari pulau Bangka. Sebab lebah mengambil nektar dari pohon pelawan dan hanya ada di pulau bangka sebagai pohon langka.

Madu pohon kopi : Inilah jenis madu yang enak harum wangi kopi. Berasal dari nektar pohon kopi. Ciri ciri madu kopi yakni kental warna agak hitam kopi. Varian yang satu ini kaya akan zat hidrat arang, vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K.

Lantas apa khasiat madu untuk kesehatan. Apapun jenis madu yang anda minum memiliki khasiat yang tidak jauh berbeda. Jika harga madu mahal karena memang lebih sulit didapatkan. Warna dan kekentalan madu tergantung dari sumbernya yakni nektar atau sari bunga.

Madu memiliki kandungan antioksidan tinggi sehingga mampu menghalau radikal bebas dalam tubuh. Sehingga dengan minum madu secara teratur sesuai takaran, maka dipercaya mampu menurunkan risiko serangan penyakit jantung, penyakit stroke, dan beberapa tipe serangan kanker. Lebih daripada itu madu juga berperan dalam menenangkan sistem saraf, menjaga kadar kolesterol tubuh, dan menjaga sistem imun tubuh.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker