Home | KUE | Cara membuat kue lumpur sederhana praktis untuk sajian rumahan

Cara membuat kue lumpur sederhana praktis untuk sajian rumahan

Cara membuat kue lumpur mudah sederhana dengan bahan bahan murah. Resep kue lumpur sederhana dan praktis untuk sajian keluarga rumahan. Apa itu kue lumpur. Kue lumpur merupakan jajanan tradisional murah yang terbuat dari bahan bahan sederhana dan mudah di dapat, seperti tepung terigu, telur ayam, kentang, serta air santan. Bentuk kue lumpur yakni bulat pipih yang biasanya diberi hiasan di atasnya dengan kismis atau hiasan lainnya. Untuk memberikan aroma enak kue lumpur biasanya dengan tambahan vanili atau daun pandan. Bunda ingin membuat kue lumpur untuk menu jajanan rumahan. Yuk pilih aneka resep kue lumpur lengkap dengan tahapan pembuatan kue lumpur sederhana berikut :

Kue lumpur banyak disajikan pada acara acara khusus seperti acara hajatan atau acara keluarga lainnya. Meskipun sulit dibuktikan kue lumpur ini juga sering disebut sebagai kue lumpur lapindo. Kue lumpur banyak di jual di pinggir jalan maupun di pasar pasar kue tradisional. harga kue lumpur saat ini dikisaran 1000 rupiah hingga 4 ribuan, tentunya tergantung bahan dan toppingnya. Dari pada membelinya tentu lebih baik mencoba bikin kue lumpur sendiri, mudah lho. Nggak percaya, yuk ikuti resep kue basah lumpur lembut manis enak sederhana berikut :

Resep cara membuat kue lumpur keju cheddar sajian rumahan sederhana. Kue lumpur keju cita rasanya lebih mewah dengan toping parutan keju chedar. Cara bikin kue lumpur hiasan keju parut ini cukup mudah. Bahan bahan yang digunakan bisa anda beli di pasar atau di warung, seperti gula pasir, tepung terigu dan bahan bahan lainnya. Untuk lebih jelasnya, yuk ikuti cara membuat kue lumpur keju chedar berikut :

Bahan bahan kue lumpur keju chedar
⇒Tepng terigu : sediakan sekitar 400 gram
⇒Telur ayam : cukup 2 butir
⇒Gula pasir : sekitar 100 gram atau sesuaikan dengan selera
⇒Santan kental : sediakan kira kira 500ml, buat dari setengah butir kelapa tua
⇒Margarin : cukup 75 hingga 100 gram
⇒Garam halus : kira kira gunakan 1/2 sendok teh
⇒Air bersih : sekitar setengah liter atau 2 1/2 gelas
⇒Keju parut : keju chedar 1 batang ( 100 gram )

Cara membuat kue lumpur hiasan keju parut chedar
⇔Langkah pertama didihkan air bersih bersama margarin serta garam halus
⇔Lantas masukkan tepung terigu 250 gram sedikit demi sedikit sambil aduk aduk, matikan api kompor.
⇔Kemudian masukkan santan kental secara bertahap saat adonan masih panas hingga menjadi adonan lembut.
⇔Sementara itu kocok telur ayam 2 butir dan gula pasir. Mixer hingga mengembang. Lalu masukkan dalam adonan serta aduk hingga merata.
⇔Berikutnya tambahkan sisa terigu ke dalam adonan sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan kalis. Tambahkan juga keju perut secukupnya. ⇔Sampai di sini adonan siap di cetak.
⇔Panaskan cetakan kue lumpur dan olesi dengan margarin, masukkan adonan secukupnya, dan tunggu hingga matang sempurna.
⇔Jika suka tambahkan topping keju parut chedar sesuai selera.
⇔Kue lumpur keju chedar sederhana siap disajikan untuk hidangan keluarga

kue lumpur keju chedar

Loading...

Resep cara membuat kue lumpur hijau rasa pandan sajian rumahan sederhana. Banyak kreasi kue lumpur yang bisa anda buat. Aneka resep kue lumpur ini bisa anda sajikan saat acara acara kekeluargaan. Meskipun masih menggunakan bahan utama sama yakni tepung terigu dan santan kental. Namun tampilan jajanan murah kue lumpur hijau pandan ini lebih menarik. Wangi daun pandan mampu menaikkan selera anak anak anda. Untuk warna hijau anda bisa gunakan daun suji atau pewarna makanan hijau. Untuk lebih jelasnya, yuk ikuti cara membuat kue lumpur hijau rasa pandan berikut :

Bahan bahan kue lumpur hijau pandan wangi
⇒Tepung terigu : sediakan sekitar 120 gram
⇒Santan kental : sekitar 200ml atau 1 gelas, buat dari 1/4 kelapa tua
⇒Telur ayam : cukup 2 butir
⇒Gula pasir : kira kira 120 gram atau sesuaikan selera
⇒Kentang rebus : cukup 1 buah, kupas dan haluskan
⇒Garam halus : kira kira 1/2 sendok teh
⇒Pewarna makanan hijau : beberapa tetes, atau gunakan air daun suji
⇒Daun pandan : gunakan 2 lembar

kue lumpur hijau pandan

Cara membuat kue lumpur hijau pandan
⇔Langkah pertama didihkan air santan dan juga daun pandan dengan api sedang, aduk aduk supaya tidak pecah. Masukkan juga air daun suji dan garam halus atau ganti dengan beberapa tetes pewarna makanan hijau.
⇔Sementara itu ambil wadah lain. Masukkan 2 telur ayam dan gula pasir. ⇔Mixer hingga mengembang, lantas masukkan kentang rebus yang telah dihaluskan. Aduk aduk hingga merata.
⇔Sekarang masukkan tepung terigu secara bertahap sambil di aduk aduk.
⇔Lantas masukkan air rebusan ( santan, daun pandan, pewarna ) sedikit demi sedikit hingga mendapatkan adonan lembut sedikit kental.
⇔Berikutnya panaskan cetakan kue lumpur dan olesi margarin atau minyak goreng. lalu masukkan adonan kue lumpur kira kira 3/4 bagian.
⇔Setelah setengah matang bisa tambahkan topping kesukaan, seperti kismis, keju parut, dan hiasan lainnya.
⇔Tutup lagi dan masak hingga matang sempurna.

Itulah bunda dan sis cantik sekalian petunjuk lengkap cara bikin kue lumpur rumahan sederhana dan praktis cara membuatnya. Untuk selanjutnya silahkan coba cara bikin kue pancong

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!