Tips cara membuat laptop lebih cepat tanpa lemot

Yuk ikuti cara mudah mempercepat laptop maupun PC sendiri khususnya program windows 7, 8, maupun OS windows 10. Kerja laptop lemot memang menjengkelkan. Apalagi untuk menyelesaikan tugas sekolah yang mesti buru buru. Tentu jangan di paksa harus bekerja maksimal, nanti justru akan panas. Akan jauh lebih baik jika mencoba memperbaiki dan menghilangkan penyebab laptop atau PC kamu lemot. Pada hakekatnya sebuah laptop, komputer, atau bahkan PC sekalipun sudah di desain untuk mampu bekerja maksimal berjam jam tanpa lemot. Jadi kalau sekarang terjadi kendala komputer lemot. Yuk pilih dan cari penyebab laptop lemot berikut!

Bekerja maupun menyelesaikan tugas kuliah dengan kinerja laptop lelet tentu sangat menyita waktu. Meskipun dari sisi kebersihan sudah terjamin. Namun biasanya penyebab laptop tidak mampu bekerja maksimal ini lebih disebabkan karena beban kerja yang sangat berat, sehingga berdampak pada lamanya proses kerja transfer file file di komputer anda. Ada banyak penyebabnya memang, mulai dari program program yang kadaluarsa hingga tumpukan sampah tak berguna yang tidak dibersihkan. Sampah membusuk dalam laptop ini juga bisa menjadi penyebab lemotnya laptop kamu. Berikut paling tidak ada sekitar 14 permasalahan yang membuat kerja laptop kamu melambat dan lemot. Yuk cari masalah utama yang paling sesuai khususnya yang bekerja pada Operating System windows 7, windows 8, hingga windows 10. Yuk belajar juga cara memperbaiki ponsel android mati

1. Menutup program laptop / komputer tak terpakai

Masalah ini sering terjadi pada saat awal start up. Saat kamu mulai menyalakan laptop mesti menunggu beberapa menit. Laptop kamu tidak rusak dan tidak bermasalah. Namun saat dinyalakan harus menunggu beberapa menit sampai ON sempurna. Hal ini paling sering disebabkan oleh banyaknya program yang harus di buka secara bersamaan. Nah saat laptop sudah menyala penuh, coba arahkan mouse ke kanan bawah :

menutup program laptop tak terpakai

Sebaiknya tutup atau matikan program program yang tidak digunakan. Matikan dan coba nyalakan kembali secara normal.

2. Hentikan program yang berjalan saat start up

Masalah program yang membuat lemot laptop ini hampir mirip dengan sesi no 1, namun hal ini terjadi berbarengan saat menyalakan laptop anda. Saat start up maka komputer juga mesti menyelesaikan file file berat dalam beberapa program. Bisa jadi berbagai program tersebut anda butuhkan seperti Adobe Photoshop bagi mahasiswa. Namun program program yang tidak begitu penting sebaiknya di remove atau tutup sementara. Caranya cukup gampang yakni :
⇒ON laptop secara sempurna
⇒Lantas cari windows task manager atau Ctrl-Shift-Esc ( lebih simple )
⇒Nah menonaktifkan program yang kurang penting

Hentikan program yang berjalan saat start up

Harap perhatikan program program dengan teliti. Paling mudah adalah menonaktifkan program tambahan yang kurang penting. Cukup dengan klik kanan dan pilih untuk remove sementara.

3. Update OS, driver, maupun aplikasi lainnya

Sebagian besar pemilik laptop ataupun komputer sangat jarang atau sama sekali tidak pernah update perangkat lunak. Salah satu alasan biasanya membutuhkan waktu lama dan biaya pulsa. Tentunya pendapat demikian tidak bisa dibenarkan. Dengan menggunakan versi terbaru maka laptop anda mendapatkan penyegaran dan terhindar dari serangan virus. Caranya juga cukup mudah lho, tinggal pergi ke Updates & Security ⇒ Windows Updates.

update perangkat lunak

Tentu saja semua program program komputer anda perlu update secara teratur. Demikian juga dengan program program tambahan. Banyak keuntungan kok dengan memakai versi terbaru, selain dari faktor keamanan juga kenyamanan ( kecepatan loading )

4. Hapus file maupun program yang tidak perlu

Komputer atau laptop anda merupakan tempat penyimpanan yang mungkin sudah penuh sesak. Pemilik laptop biasanya seringkali menyimpan apa saja, seperti gambar gambar, video, dan lain sebagainya. Seakan akan semua itu sangat penting untuk disimpan. Padahal setelah di teliti lebih lanjut ternyata banyak yang jadi sampah. Artinya hanya disimpan saja dan tidak pernah di buka. Program maupun file file besar dengan resolusi tinggi, serta video menyedot source yang begitu besar. Hal inilah yang menjadi salah satu lambatnya kerja laptop anda.

Saat baru memiliki laptop paling sering memasukkan atau install banyak program. Padahal jika diteliti kembali cukup banyak yang mubazir. Demikian juga video video maupun gambar ukuran besar. Untuk langkah terbaik mendingan di remove atau di hapus saja. Setelah dibuang dan masih cukup banyak yang mungkin penting. Sebaiknya simpan dalam flash disk. Sehingga laptop anda akan bernafas lebih lega. Hard disk atau HDD / SSD akan berjalan maksimal jika isinya tidak penuh. Paling baik isi maksimal sekitar 60% atau maksimal 75% dari kapasitas.

5. Temukan program file yang menghabiskan sumber daya ( source )

Jika laptop atau komputer anda tiba tiba jalan lelet atau lemot, bisa jadi ada program program yang membuatnya lambat. Bahkan laptop cepet panas ( meskipun belum overheat ). Silahkan buka windows Task Manager dengan Ctrl-Shift-Esc lantas klik processes. Lantas cari file program yang menghabiskan source paling besar dan tidak diperlukan

program file yang menghabiskan sumber daya

Anda dapat mengklik setiap fite untuk mengurutkan daftar sesuai dengan aplikasi mana yang paling banyak menghabiskan sumber daya tersebut. Jika Anda perlu menutup sesuatu, coba tutup aplikasi yang sebenarnya terlebih dahulu. Jika tidak mau tutup, kembali ke layar windows Task Manager, klik kanan aplikasi, dan tekan End task.

6. Sesuaikan Power Plan laptop

Windows system dilengkapi dengan beberapa Power Plan yang telah ditentukan untuk memenuhi kebutuhan Anda. Standarnya diatur ke Balanced, namun biasanya kerja laptop kurang maksimal karena hanya menggunakan daya standar. Anda bisa merubah itu ke sesi yang lebih tinggi atau paling maksimal. Dampaknya tentu pada pemakaian daya listrik yang besar. Tapi jangan kuatir sebab tidak besar besar banget akan menyedot pulsa listrik anda. Dengan daya power tinggi maka kerja mesin juga lebih maksimal. Caranya : buka Sound ⇒ Power Options ⇒ Create a power plan. Lantas klik pilihan anda dan tekan Next.

membuat Power Plan

Opsi paket penghemat daya bukan ide yang baik jika komputer Anda sudah lambat. Ini mengurangi kinerja PC Anda untuk menghemat energi. Seperti namanya, rencana kinerja tinggi adalah pilihan yang lebih baik. Meskipun menggunakan lebih banyak energi, ia mendukung kinerja sehingga harus membantu mempercepat mesin Anda. Selain opsi standar, Anda dapat memilih untuk membuat paket kustom sendiri. Buka Control Panel ⇒ Hardware dan Sound ⇒ Power Options ⇒ Buat power plan. Masukkan nama paket Anda dan pilih Next

7. Uninstall program yang tidak Anda gunakan

Bisa dikatakan jika laptop maupun komputer tentunya penuh dengan progam program tambahan untuk membantu kerja anda. Entah program yang anda dapatkan secara gratis maupun yang berbayar. Meskipun demikian sebenarnya cukup banyak juga program progra sampah. Tanpa anda sadari setiap saat selalu menambah program program baru. Padahal setelah selesai intall justru jarang di gunakan karena tidak sesuai dengan harapan. Meskipun demikian kadang kala juga di biarkan saja. BIsa dibilang di pakai juga nggak dan di remove ( uninstall ) juga tidak. Untuk itu meskipun program tambahan itu terlihat penting dan terkesan buat main main saja. Maka sebaiknya di remove atau di buang saja. Sehingga beban laptop menjadi lebih ringan.

Lantas bagaimana cara menghapus program yang sudah terinstall. Sebenarnya caranya cukup mudah dan anda bisa menghapusnya sendiri. Caranya :
⇒Nyalakan komputer atau laptop hingga sempurna
⇒Cari atau buka control panel > Program > Klik Programs and Features

8. Mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Windows

Nah sekalian saat berada di layar Program dan Fitur, Anda mungkin ingin memeriksa untuk melihat apakah ada komponen Windows yang tidak Anda butuhkan. Kamu juga boleh lho menonaktifkan fitur Windows yang nggak dibutuhkan. Kamu bisa pilih dan klik mengaktifkan atau menonaktifkan fitur Windows. Misalnya saja Internet Explore atau program lainnya.

Namun ada satu hal yang harus diwaspadai dan dicermati. Anda mesti paham betul program atau file asli bawaan windows. Kalau kamu tidak paham program yang akan di nonaktifkan akan lebih baik biarin ajha.

9. Menjalankan pembersihan / penataan kembali DISK

Program disk cleanup sengaja di desain untuk mengatur kembali file file yang berantakan, sehingga rapi kembali. Seperti diketahui cukup banyak file file yang dimasukkan dan di buang selama proses kerja laptop anda. Nah dengan menjalankan disk cleanup maka terjadi pengaturan kembali file file dalam HDD komputer anda.

Program disk cleanup

Caranya cukup mudah, untuk menjalankan Run a disk cleanup silahkan pilih Control Panel>System and Security ⇒ Administrative Tools, and pilih Disk Cleanup dan klik OK, seperti terlihat dalam gambar diatas.

10. Jalankan program Defrag

Buatlah paling tidak sebulan sekali men defrag atau Defragmentasi (Defragmentation). Program bawaan windows ini bertujuan untuk menata atau merapikan kembali file file yang berserakan. Perlu juga diketahui jika anda jarang atau malah belum pernah menjalankan Defragment, maka jangan kaget jika memerlukan waktu cukup lama, sebab pastinya sangat banyak file file yang acak adut.

Jalankan program Defrag

Sebenarnya program Defragmentation ini sudah terprogram secara otomatis khususnya pada windows 7, 8, maupun windows 10. Bahkan program defrag ini juga sudah ada sejak windows 98.

Program Defrag ini hanya tersedia pada komputer yang masih menggunakan HDD ( hard drive ). Sedangkan bagi yang sudah memakai Solid State Drive (SSD) tidak perlu menjalankan program Defragmentation.
Caranya :
⇒Klik logo windows di sebelah kiri bawah
⇒Lantas pilih COMPUTER > Properties > Tools > Optimize dan jalankan defragment drive dengan klik Optimize ( OK )

11. Ada baiknya menonaktifkan gambar dan animasi

Versi OS Windows terbaru banyak menyuguhkan grafik maupun animasi seperti efek fading dan flyout. Program ini sebenarnya memudahkan anda untuk membuat aplikasi tampak lebih ramping dan halus serta membuat tampilan pilihan. Namun di sisi lain juga dapat memperlambat komputer Anda. Sebab biasanya jarang digunakan. Sehingga anda bisa melakukan pengaturan baru.

menonaktifkan gambar dan animasi

⇒Caranya : pergi ke Control Panel ⇒ System and Security ⇒ System ⇒ Advanced system settings ⇒ pilih ( centang ) sesuai tampilan yang anda butuhkan
⇒Windows 7 : Cari Performance Information and Tools, lantas pilih Adjust visual effects, dan pilih tab Visual Effects

12. Bebaskan malware ( perangkat lunak jahat )

Komputer anda terinfeksi malware, sudah tentu sangat mengganggu. Malware selain memperlambat kerja dan proses program laptop anda juga bisa membuat error jika ketemu malware yang super jahat. Cukup banyak jenis jenis anti virus yang justru berubah menjadi virus dan justru menjadi perusak. Bahkan saat anda uninstall ( remove ) tidak terhapus seluruhnya dan tetap tertinggal di sana. Salah satunya yang amat sangat jahat yakni STOP Zilla. Untuk itu pertimbangkan untuk memasang anti virus terbaik. Namun sebaiknya jangan yang gratisan ya.

13. Nonaktifkan Cortana

Sementara asisten digital Windows 10 yakni Cortana justru bisa mengganggu. Cortana adalah fitur yang berguna, namun ternyata menggunakan banyak sumber daya dan juga bisa menimbulkan ancaman privasi. Pada awalnya Cortana cukup mudah dihapus tetapi dalam versi terbaru ternyata cukup rumit. Meskipun demikian, jika Anda bersedia melakukan pengeditan pada registri sistem Anda, itu bisa dilakukan.

14. Upgrade perangkat keras Anda

Jika Anda sudah mencoba semua trik di atas, mungkin sudah saatnya untuk upgrade beberapa perangkat keras baru. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin ingin anda pertimbangkan untuk upgrade laptop anda, seperti :
Tambah ruang SSD atau ganti HDD laptop anda. Pada komputer jaman now biasanya sudah tersedia hingga ratusan giga. Dan saya rasa cukup bisa menampung banyak file penting.
Baikkan atau tambah bilangan RAM. Perlu diketahui bahwa saat anda membeli laptop harga murah biasanya hanya memiliki nilai RAM standar 2 giga Random Access Memory (RAM). Tahukah anda untuk laptop jaman sekarang terlebih yang telah mengggunakan OS windows 10. Bahwa nilai RAM 2 giga hanya bisa untuk hidup saja. Yuk belajar lagi cara memilih laptop

Leave a Reply

Your email address will not be published.