Home | MOBIL | Tips lengkap cara merawat mobil bekas yang benar

Tips lengkap cara merawat mobil bekas yang benar

Bagaimana sih cara merawat mobil bekas yang benar supaya lebih awet dan tetap ngacir. Pada hakekatnya tidak hanya mobil bekas pakai saja yang mesti dijaga dan dirawat. Namun juga pemilik mobil baru juga harus melakukan perawatan mobil miliknya secara berkala. Dengan melakukan cara perawatan mobil yang benar, maka diharapkan performa dan tampilan mobil anda tetap terjaga dengan baik. Banyak masukan yang mempertanyakan tentang bagaimana cara perawatan mobil bekas, seperti daihatsu terios, mobil agya, mobil avanza, maupun mobil kijang. Secara garis besar perawatan mobil bisa dikategorikan menjadi beberapa tahap yakni perawatan mesin mobil, perawatan bodi mobil, dan menjaga sistem kelistrikan mobil.

Cara perawatan mobil bekas maupun mobil baru tidak jauh berbeda. Kalau kita ingin melakukan perawatan mobil yang paling benar, tentu bisa melakukannya dibengkel resmi sesuai dengan varian mobil anda. Namun tentunya kita semua paham, jika melakukan perawatan dan termasuk juga penggantian spare part kendaraan di bengkel resmi, sudah barang tentu dana yang harus anda keluarkan lumayan besar dan mahal. Karena hampir semua suku cadang kendaraan memiliki masa pakai tertentu. Jadi bisa diistilahkan rusak maupun nggak mesti dilakukan penggantian spare part / suku cadang. Sehingga jika agan agan kebetulan lagi banyak uang bisa mengikuti pedoman perawatan mobil secara berkala sesuai dengan buku pedoman perawatan resmi.

Namun meskipun tidak ada yang menyangkal kebenaran dalam buku servis resmi yang dikeluarkan oleh pabrik mobil. Terbukti hanya beberapa pemilik mobil saja yang melakukan servis resmi secara benar. Selebihnya nyaris hanya berkunjung ke bengkel resmi selama masa servis gratis saja. Dan justru sebagian besar pemilik mobil hanya melakukan perawatan rutin kecil kecilan atau bahkan tanpa melakukan perawatan sama sekali, paling banter hanya mencuci mobil saja. kebiasaan tersebut sudah barang tentu tidak bisa dibenarkan, sebab yang namanya spare part kendaraan pasti mempunyai batas maksimal masa pemakaian. Salah satu contoh adalah masa pakai timing belt yang seharusnya cepat diganti sebelum putus.

Seperti diketahui bahwa cara merawat mobil matic berbeda dengan cara perawatan mobil transmisi manual. Salah satu bagian yang harus menjadi perhatian ekstra saat melakukan perawatan mobil matic adalah penggantian oli transmisi yang jangan sampai telat. Sebab pada banyak kasus sistem transmisi mobil otomatis sering mengalami kerusakan, yang sebagian besar justru karena salah pengoperasian. Namun sistem mobil matic generasi terbaru sudah lebih canggih, sehingga masih bisa di dorong saat mesin mendadak mati dan aki tekor. Dengan menekan tombol khusus yang biasanya satu paket dengan tuas gigi transmisi, maka mobil matic anda masih bisa bergeser dengan bebas. Hal demikian tidak ditemukan pada mobil transmisi otomatis model lama. Berikut cara merawat mobil matic selengkapnya :

Penggantian oli : Ada beberapa jenis dan tipe oli yang harus diganti sesuai dengan waktu tempuh kendaraan. Ada oli mesin, oli gardan, serta oli transmisi. Untuk oli gardan mungkin bisa sedikit ditambah waktu penggantiannya. Banyak pemilik mobil enggan melakukan penggantian oli gardan karena tidak begitu paham, padahal harga oli gardan mobil cukup murah. Namun khusus oli transmisi jangan pernah terlewatkan dan demikian juga dengan oli mesin juga jangan sampai telat.
Pengujian sistem transmisi : Jika mobil anda lebih banyak nongkrong dirumah cobalah sekali kali di ajak jalan jalan sambil coba oper gigi transmisinya, yah paling tidak sebulan sekali. Jika tidak suara mencurigakan berarti masih OK. Jadi tidak hanya menghidupkan mobil dalam keadaan diam ( hanya mesin panas )
Cek sistem kelistrikan : Mobil matic identik dengan peralatan dan aksesoris sistem terbaru yang mana semua dibawah kendali komputer, sehingga menjaga kinerja sambungan dan soket menjadi sangat penting. Selebihnya melakukan perawatan secara umum. Lihat selengkapnya di cara merawat mobil terios

cara merawat mobil bekas

Loading...

Masyarakat kita banyak yang masih memiliki berbagai macam varian dan jenis mobil bekas yang lumayan banyak. Hal ini identik dengan kebiasaan masyarakat kita yang suka otak atik kendaraan sehingga mobil Suzuki Carry yang seharusnya masuk museum masih bisa tetap ngacir dan mampu di ajak jalan jauh. Namun demikian bagaimana sebenarnya cara merawat mobil carry tua. Pada hakekatnya perawatan mobil baru maupun mobil sekelas suzuki carry tidak jauh berbeda. Hanya saja sistem mobil carry masih menggunakan sistem lama yakni karburator, sehingga memerlukan pengalaman dan pemahaman lebih supaya mobil agan tetap awet dan tidak nyusahin. Yah paling tidak mengenal beberapa komponen karburator mobil. berikut tips cara merawat mobil carry tua :

⇒Menjaga tampilan mobil : Sebagaimana diketahui bahwa menjaga keutuhan dan kualitas cat mobil yang sudah berumur seperti suzuki carry mutlak dilakukan lebih ekstra. Caranya sebenarnya cukup mudah jika anda mau, seperti : menjaga body mobil dan kolong mobil tidak karatan, sehingga simpan dalam keadaan bersih jika tidak dikendarai. Cepat cuci setelah melewati bekas genangan atau kehujanan, karena air hujan bersifat asam dan memicu karat.
⇒Pastikan melakukan servis rutin : Ganti spare part dan suku cadang sebelum batas waktu maksimal habis. Jika bisa anda lakukan sendiri justru lebih bagus.
⇒Menjaga kebersihan ruang kabin : Untuk meringankan kerja anda maka sebaiknya ganti sarung jok mobil anda dengan bahan kulit sehingga mudah dibersihkan, karena debu bisa masuk dalam kabin mobil.

Tahukah anda bahwa melakukan perawatan kendaraan tidak hanya sebatas pada merawat mobil penumpang saja atau lebih dikenal sebagai mobil keluarga. Sebab kendaraan besar seperti truk dan bus juga mesti dirawat dengan benar. Karena sebenarnya kerja kendaraan besar justru lebih berat dan selalu maksimal karena memang untuk cari duit. Dan tahukah anda bahwa banyak perusahaan besar yang justru suka beli truk bekas. Meskipun demikian biasanya perawatan kendaraan besar hanya sebatas pada menjaga kebersihan saja. Soal performa mesin dan penggantian suku cadang dilakukan oleh bos perusahaan. Lihat juga harga truk bekas dibawah 100 juta

Bagaimana cara merawat mobil seken sehingga tetap awet dan tidak mogok ditengah jalan. Pada hakekatnya melakukan perawatan mobil sama saja dengan menjaga performa mesin dan kinerja mobil supaya tetap prima. Terus apa yang mesti dilakukan untuk mewujudkan dan memiliki mobil sehat dan tetap ngacir. Tentu saja yang mesti anda lakukan tidak hanya menjaga supaya mobil tidak saja. namun juga mesti menjaga tampilan termasuk menjaga cat mobil supaya tetap kinclong. Tentu saja semua itu tidak terlepas dari biaya dan pengeluaran tidak terduga. Terlebih lagi menjaga keutuhan cat mobil justru yang paling tidak bisa dikendalikan, karena berhubungan erat dengan jalan raya yang tidak bisa di duga sebelumnya. Sehingga jika anda baru belajar setir mobil mesti ektra hati hati. Dan untuk menambah pengalaman perlulah untuk baca kembali belajar menyetir mobil secara otodidak

Tips cara merawat mobil bekas sendiri secara lengkap

  • Jaga kebersihan mobil anda secara utuh meliputi bagian interior maupun eksterior mobil. Sekali waktu paling tidak sebulan sekali anda bisa gunakan vacuum cleaner khususnya di ruang kabin mobil, karena cukup banyak lapisan debu halus di sana
  • Untuk bagian luar mobil cobalah untuk bisa mencuci mobil sendiri dengan menggunakan bahan pencuci yang ramah terhadap cat mobil. Jangan gunakan sabun colek atau diterjen dengan kandungan PH tinggi. Baca secara komplit cara mencuci mobil
  • Khusus mobil keluaran sekarang yang sebagian besar mesinnya berada di bagian depan, justru anda bisa dengan mudah membersihkan bagian bagian mesin mobil, namun tetap hati hati dan jika perlu lepaskan dahulu aki mobil
  • Tetap lakukan servis dan perawatan secara benar di bengkel resmi khususnya untuk penggantian spare part dan suku cadang supaya mendapatkan yang asli, meskipun biayanya sedikit lebih mahal.
  • Jangan lupakan penggantian oli secara rutin dan jangan sampai telat, sebab tugas oli adalah untuk menjaga gesekan antar logam, sehingga jika sampai performa oli sudah tidak maksimal, maka berakibat pada ausnya mesin mobil anda.
  • Cek secara terus menerus tanpa harus menunggu waktu penggantian atau saat servis berikutnya yakni beberapa cairan mobil khusus, seperti : air wiper, minyak rem, air radiator, dan lainnya. Dan jangan lupa juga untuk selalu menjaga sistem AC mobil dengan baik.
Loading...
Don`t copy text!