Home | MOBIL | Cari penyebab mesin mobil bergetar pincang saat putaran rendah

Cari penyebab mesin mobil bergetar pincang saat putaran rendah

Saat mesin mobil hidup dalam putaran rendah atau stasioner bergetar sehingga kenyamanan berkurang. Yuk cari penyebab mobil bergetar pada kecepatan rendah secara lebih teliti. Tidak perlu langsung pergi ke bengkel. Sebab mekanik juga bisa salam tafsir. Bahkan bisa saja terjadi mekanik bengkel mobil langsung mengetahui penyebabnya. Namun setelah melakukan perbaikan tetap saja getaran tidak hilang. Jika demikian tentu biaya yang anda keluarkan semakin membengkak. Hal terbaik yang mesti anda kerjakan adalah mencari penyebabnya dengan sangat teliti.

Paling sering terjadi ketika RPM rendah mobil bergetar terutama terjadi goyangan getaran pada setir kemudi. Bahkan jika terus dibiarkan, maka getaran akan semakin terasa hingga dashboard juga ikut bergetar. Namun demikian sangat jarang terjadi mobil bergetar saat mundur. Lantas apa sih penyebab sebenarnya mobil bergetar khususnya saat putaran idle. Anda bisa menemukan penyebabnya jika mencarinya dengan sangat teliti. Perlu diketahui bahwa penyebab mobil bergetar ini memang cukup kompleks, sehingga mesti dicari penyebabnya dengan kepala dingin dan jangan terburu buru. Tentu semua itu berhubungan langsung dengan biaya perbaikan yang mesti anda keluarkan.

Penyebab setir mobil goyang bisa terjadi karena hal sepele hingga kerusakan serius. Mesin mobil kasar dan bergetar sering kali terjadi pada mobil mobil generasi tua seperti pada sebagian mobil Toyota kijang yang sangat jarang melakukan perawatan servis secara berkala. Bahkan tidak hanya mobil mesin bensin saja, namun juga bisa saja terjadi pada mobil mobil mesin diesel. Ketahui penyebab mesin mobil bergetar keras sebelum kerusakan berlanjut dan tambah parah. Pada kesempatan kali ini admin akan mencoba membuka info satu persatu tentang apa saja penyebab mobil bergetar saat langsam / stasioner / idle. Bahkan juga penyebab mobil bergetar saat diam maupun berjalan kencang.

Penyebab dashboard dan setir mobil bergetar sering terjadi saat mobil diam dalam putaran idle atau stasioner. Gejala getaran pada stir mobil ini paling umum disebabkan oleh putaran mesin yang tidak stabil akibat fan belt yang sudah tidak layak pakai akibat usia atau bahan fan belt yang jelek. Untuk itulah selalu ganti timing belt dengan yang original. Banyak pendapat bahkan dari ahli sekalipun bahwa fan belt harus diganti pada masa tertentu. Memang seperti namanya yakni timing belt yang artinya dalam jangka waktu tertentu mesti melakukan penggantian. Lantas apakah mesti harus demikian, ternyata tidak.

Karena semua itu berhubungan langsung dari bagaimana cara anda mengemudi. Tentu saja usia timing belt jauh berbeda dari pengemudi yang halus dengan mereka yang ugal ugalan dari sering injak injak gas. yang pasti usia timing belt sangat tergantung dari sifat pengemudinya sendiri. Disamping itu perawatan mobil juga bisa memperpanjang usia timing belt. Meskipun demikian anda juga bisa cek timing belt secara langsung, sehingga harus cepat cepat diganti atau masih bisa digunakan dengan aman, meskipun katanya mesti harus diganti. Berikut ciri ciri timing belt aus dan mesti cepat melakukan penggantian dengan yang baru :

mesin mobil bergetar

Loading...

⇔Kekencangan timing belt sudah mulai berkurang, anda bisa melakukan penyetelan kembali. Namun jika terus menerus mengalami kendor maka kepadatan karet sudah berkurang dan lakukan penggantian.
⇔Warna timing belt sudah putih kering, biasanya termakan usia dan bisa saja putus sewaktu waktu
⇔Permukaan timing belt pecah pecah, keadaan demikian bisa putus secara tak terduga
⇔Gigi karet timing belt ada yang rompal, hal ini rawan slip

Namun ada kalanya mobil bergetar saat berjalan di jalan raya. Bahkan saat melaju di jalan tol semakin terasa getarannya. Meskipun saat putaran idle tidak terjadi getaran. Setelah melaju kencang mulai muncul getaran. Bahkan semakin melaju kencang maka getaran semakin terasa. Hal demikian biasanya dsebabkan oleh putaran roda yang tidak stabil. Anda bisa melakukan balancing roda kendaraan. Tidak perlu melakukan spooring. Sebab spooring dan balancing sebenarnya perbaikan roda mobil yang berbeda.

Meskipun sudah dilakukan perbaikan berkali kali, namun tetap saja getaran mobil tidak kunjung hilang. Tidak perlu bingung, sebab pasti ada penyebab kenapa mobil anda bergetar saat diam. Jika sampai sekarang masih terjadi getaran tentunya penyebabnya masih belum ditemukan. Mungkin saja terlewat atau belum terpikirkan. Seperti saran saya bahwa tidak perlu harus buru buru ke bengkel, namun cobalah saat waktu libur melakukan pencarian sendiri. Nah nanti jika sudah ketemu maka bisa melakukan perbaikan atau penyetelan di bengkel langganan. Hal demikian akan lebih baik dari pada langsung di bawa ke bengkel dan sudah ganti sana sini, namun ternyata getaran tidak kunjung hilang. Justru biaya perbaikan yang terus membengkak. Yuk coba cek and ricek kembali dan cari penyebab getaran pada mobil anda terutama saat putaran mesin pincang saat idle :

⇔Hidupkan mesin mobil dan jangan di gas gas ya, lantas buka bagian kap depan.
⇔Coba lakukan pengamatan dengan teliti dan lihat putaran timing belt dari arah samping secara lurus. Amati getaran putarannya, jika bergoyang kekanan maupun kekiri, maka getaran bisa diakibatkan oleh bearing atau baut kencor. Atau bisa juga jalur timing belt tidak center ( lurus )
⇔Perhatikan lagi putaran timing belt secara seksama, oh ternyata berputar acak adut nggak karuan. Hal demikian paling sering disebabkan oleh baut kendor atau pemasangan baut yang tidak maksimal. Bisa saja akibat tidak semua baut terpasang dengan benar dan sama kencang.

Coba lihat Harga mobil suzuki carry bekas

⇔Masih belum ketemu juga. Sekarang coba perhatikan kaki kaki mesin mobil anda. Sudah berapa lama tidak melakukan penggantian ganjalan dudukan mesin mobil ( Engine Mounting Mobil ). Bagi mobil mobil tua sebaiknya ganti Engine Mounting Mobil karena bisa berpengaruh pada kerja mesin mobil anda.
⇔Coba juga cek tali kipas radiator maupun AC mobil, namun jika ini penyebabnya biasanya hanya getaran skala sedang saja.
⇔Hanya tuas persneling bergetar. Biasanya terjadi pada mobil mobil transmisi manual dan sangat jarang terjadi pada mobil matic. Sudah pasti disebabkan oleh ausnya bushing
⇔Jika mobil bergetar saat di gas biasanya dipengaruhi oleh Rear Driveshaft dan U-Joints ataupun karena poros engkol bengkok

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!