Home | KESEHATAN | Hubungan penyakit darah kental dengan serangan stroke ringan

Hubungan penyakit darah kental dengan serangan stroke ringan

Penggumpalan darah sangat diperlukan untuk menghentikan luka kulit akibat goresan sekaligus proses penyembuhan. Tanpa proses pembekuan darah ( hiperkoagulabilitas ) yang merupakan salah satu sistem tubuh anda, maka darah akan terus mengalir hingga habis. Namun akibat penggumpalan darah yang abnormal, justru akan memicu timbulnya berbagai penyakit serius termasuk serangan stroke ringan. Hal ini akan terjadi terutama bagi mereka yang menginjak usia 40 tahun keatas. Lantas apa sih penyebab utama penyakit darah kental. Yuk ikuti pembahasan selanjutnya!

Pembekuan darah diperlukan untuk membantu penyembuhan dan menghentikan pendarahan yang terjadi di kulit tubuh. Namun akibat kesalahan sistem tubuh atau disebabkan oleh gangguan lain. Maka bisa saja terjadi pembekuan darah di saluran pembuluh darah. Jika hal ini terjadi di sistem pembuluh darah di otak, maka bisa memicu serangan stroke ringan. Ada berbagai penyebab kenapa terjadi pembekuan darah di sistem dalam tubuh atau sering disebut sebagai darah kental. Pada hakekatnya ada aneka macam ragam penyebabnya dari cara hidup yang kurang benar hingga akibat penyakit tertentu. berikut penyebab penyakit darah beku atau darah kental pada umumnya :

⇔Akibat faktor keturunan dari kedua orang tua
⇔Tingginya kadar kolesterol dalam darah juga bisa memicu terjadinya darah kental di pembuluh darah
⇔Darah beku atau darah kental juga merupakan dampak penyakit tertentu, misalnya : penyakit jantung, penyakit sepsis, kelainan sistem autoimun, vaskulitis ( radang pembuluh darah ), diabetes, sirosis, maupun kanker
⇔Penggunaan obat obatan secara sembarangan, seperti : heparin, tamoxifen, obat obatan hormonal, maupun penggunaan pil KB dalam jangka waktu lama
⇔Akibat terjadi patah tulang yang tidak kunjung sembuh
⇔Peredaran darah tidak lancar akibat jarang olah raga dan atau karena usia

Dengan demikian saat usia mulai beranjak 40 tahun ke atas, tentunya ada banyak hal yang mesti diperhatikan dan dijalani untuk mencegah timbulnya penyakit saat usia lanjut. Pola hidup sehat merupakan kunci kesehatan anda. Banyak ahli kesehatan maupun ahli gizi yang memiliki pendapat serupa tentang asupan makanan bergizi dan sehat. Hal yang sangat bertentangan dengan kebiasaan kita yang sangat gemar makan makanan enak. Masyarakat modern bahkan sangat sering melahap makanan cepat saji yang notabene penuh dengan kolesterol. Apakah anda bisa lepas dari setiap makanan tanpa minyak goreng. Perlu diketahui bahwa minyak goreng juga merupakan salah satu biang kerok dari tingginya kadar kolesterol tubuh.

Serangan penyakit darah kental tidak hanya terjadi pada daerah kepala saja, namun juga bisa berjangkit keseluruh tubuh. Dimanapun terjadi pengentalan darah abnormal, maka disitulah masalah kesehatan terganggu. Lebih ironis lagi serangan penyakit pembekuan darah ini jarang disadari oleh penderitanya. Bagi mereka hanya sadar dengan penyakit jantung, diabetes atau kencing manis, kolesterol tinggi, dan lainnya. Mengapa hal ini bisa terjadi, pada umumnya serangan penyakit darah kental tidak menimbulkan gejala apapun. Namun biasanya beriringan dengan gangguan penyakit tertentu. Gejala penyakit pembekuan darah ini justru akan muncul secara bersamaan dengan akibat yang ditimbulkannya. Berikut ini beberapa dampak akibat serangan penyakit darah kental.

penyakit darah kental

Loading...

Serangan pada ginjal : Jika penggumpalan darah terjadi pada sistem kerja ginjal. Penderita akan merasakan demam disertai sesak nafas, bahkan rasa mual dan muntah. Saat buang air kecil biasanya urine akan bercampur darah. Disamping itu daerah pinggang dan punggung sering pegal pegal tanpa sebab. Pada umumnya juga terjadi pembengkakan pada ke dua kaki.

Serangan penyakit penggumpalan darah pada jantung : Jantung merupakan salah satu organ tubuh paling vital. Bertugas memompa darah bersih keseluruh tubuh. Jika terjadi penggumpalan darah di jantung maka bisa memicu serangan penyakit jantung. Gejala yang ditimbulkannya biasanya rasa nyeri dan panas di dada yang kemudian menyebar ke leher dan l;engan. Penderita juga akan merasakan sesak napas, keluar keringat dingin, mual, dan pusing pusing. Jika tidak segera dibawa ke medis bisa saja terjadi pingsan.

Penggumpalan darah di paru paru : Penderita darah kental pada daerah paru paru memiliki gejala khusus, seperti batuk batuk yang tidak kunjung sembuh dan disertai dengan rasa nyeri di dada. Bahkan jika terus berlanjut akan sesak nafas disertai keluar keringat dingin. Jika terus berlanjut bisa saja terjadi denyut nadi cepat dan akhirnya pingsan.

Penggumpalan darah terjadi di otak : Adanya darah kental di otak baik sebelah kiri maupun otak sebelah kanan dapat menyebabkan suplay darah ke otak terganggu. Hal ini akan memicu pusing yang berkepanjangan. Bahkan penderita bisa sulit menelan atau kesulitan bicara. Kadang kala juga kejang kejang. Dan pada akhirnya menimbulkan gejala stroke ringan

Pada hakekatnya penyakit darah kental ini bisa diobati hingga tuntas. Namun demikian mesti dipahami dahulu apa yang menyebabkan timbulnya penyakit penggumpalan darah ini. Sehingga jika pemicunya tidak disembuhkan, maka tentu sulit untuk disembuhkan. Dengan pengobatan yang tepat seharusnya bisa diringankan dampaknya, bahkan bisa sembuh total.

Gaya hidup sehat tentunya menjadi faktor utama kesehatan dimasa tua. Penyebab utama penyakit paling dominan adalah tingginya kolesterol tubuh. Hal ini seiring dengan kebiasaan hidup masyarakat kita yang sangat suka dengan berbagai macam jenis hidangan fastfood atau makanan cepat saji. Menghindari makanan makanan yang mengandung banyak kolesterol tentunya merupakan langkah terbaik. Berbagai penyakit usia lanjut akan mengancam anda jika tidak mulai menjaga kesehatan dari sekarang.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don`t copy text!