Home | MASAKAN | Info resep sambal matah dan cara membuat sambal matah khas bali

Info resep sambal matah dan cara membuat sambal matah khas bali

Info lengkap resep sambal matah dan petunjuk praktis cara membuat sambal matah asli khas bali. Sambel mentah menjadi pelengkap makan yang bisa dibikin dengan cepat dan mudah. Bahan bahan sambel mentah khususnya sambal matah khas daerah pesisir bali ini juga cukup banyak tersedia di pasar tradisional. Sehingga bunda bisa mencoba membuat sambal matah sendiri di rumah. Perlu diketahui bahwa bahan sambal matah ini tidak jauh berbeda dengan sambel mentah khas jawa seperti sambal bawang yang juga memiliki rasa pedas khas. Namun demikian dari segi bahan bahan yang digunakan, maka sambal matah khas bali ini lebih lengkap dan komplit. Dengan demikian ada baiknya jika bunda mencoba bikin sambal matah untuk mencoba cita rasanya yang pedas unik. Yuk membuat sambal matah sebagai pelengkap hidangan makan keluarga.

Resep kuliner pedas sambal matah sederhana dan praktis asli dari daerah bali. Sebagaimana diketahui bahwa pulau Bali merupakan tempat wisata bertaraf internasional. Sehingga cukup banyak tempat wisata unik di bali yang bisa anda kunjungi. Sebagian besar daerah tujuan wisata di pulau bali ini terletak di daerah pesisir. Sehingga sambal matah ini biasanya sebagai pelengkap masakan sea food ikan bakar yang cukup nikmat sambil menikmati pemandangan sore hari di pantai. Resep masakan pedas sambal matah menjadi cepat terkenal karena banyak di sukai para wisatawan bali. Dengan demikian keunikan rasa sambel mentah khas bali ini cukup terkenal di berbagai belahan dunia. Bahkan saat ini sudah mulai ada kreasi kreasi sambal matah bali ini sehingga menjadi resep kuliner yang cukup digemari karena pedasnya yang unik dan komplit.

Indonesia cukup terkenal dengan berbagai macam resep kuliner daerah. Mumpung kita sedang membahas masakan masakan dan jajanan asli bali. Tidak etis jika tidak mencoba menguak masakan yang cukup terkenal di bali dan menjadi buah bibir di daerah indonesia lainnya. Salah satunya yakni bubur nasi khas pulau bali yang cukup terkenal dan tentu saja lumayan lezat sebagai menu sarapan. Bagi kita sudah cukup mengenal dan akrab dengan cita rasa bubur ayam. Namun di bali juga ada kuliner bubur nasi yang juga mulai banyak penggemarnya sekarang. Tentu bagi anda yang pernah berkunjung ke bali mengenal dengan betul kelezatan masakan khas daerah buleleng di bali. Yah bubur mengguh menjadi ciri khas kuliner dari daerah buleleng. Jika anda penasaran bisa mencoba membuatnya di resep bubur mengguh secara lengkap.

Resep sambal matah sederhana dan praktis. Berikut tips cara bikin sambal matah asli khas bali secara lengkap. Bisa dibilang sambel mentah bawang merah khas bali ini bisa disandingkan dengan berbagai macam masakan khususnya ikan bakar atau ikan goreng. Namun demikian juga cukup lezat sebagai pelengkap ayam goreng. Sehingga sambal matah pas bagi mereka yang suka hidangan pedas. Namun demikian tentunya ada rahasia tersendiri supaya sambel mentah mantah khas bali ini tidak membuat sakit perut. Karena seperti kita ketahui bahwa cita rasa sambal mentah memang cukup pedas. Nah untuk lebih jelasnya silahkan bunda mengikuti resep cara membuat sambal matah khas bali ini.

Bahan bahan sambal matah khas Bali
<< Bawang merah : 10 buah
<< Cabe merah besar : 10 buah ( disesuaikan )
<< Cabe rawit merah : 3 buah
<< Bunga kecombrang : secukupnya ( suka suka jika ada )
<< Sereh : 5 batang, hanya ambil bagian pangkal saja ( bagian putihnya )
<< Daun jeruk muda : 3 buah
<< Jeruk nipis : 1 buah
<< Terasi : secuil ( terasi bakar / matang )
<< Garam dan gula pasir : secukupnya
<< Minyak goreng : 1 sendok teh, disarankan minyak goreng bekas bawang goreng

resep sambal matah

Loading...

Cara membuat sambal matah khas Bali

  1. Langkah pertama potong potong kecil : bawang merah, cabe merah, dan cabe rawit.
  2. Buang bagian luar kecombrang dan iris tipis tipis
  3. Ambil bagian pangkal sereh yang putih dan potong potong kecil
  4. Potong kecil kecil daun jeruk
  5. Lantas potong terasi bakar kecil kecil lembut
  6. Siapkan wadah dan masukkan semua bahan ke dalam wadah yang sudah disiapkan.
  7. Tambahkan minyak goreng bekas, garam, dan gula pasir, lantas aduk aduk hingga benar benar merata.
  8. Diamkan dahulu paling tidak 30 menit supaya semua bahan dan bumbu meresap

Masakan tradisional menjadi resep kuliner masyarakat kita dan banyak macam dan ragamnya. Dengan demikian bunda bisa mencoba belajar berbagai macam masakan khas daerah yang enak enak. Bagi pecinta kuliner tentu sangat senang mencoba berbagai macam resep masakan dan mencoba membuat kreasi kreasi masakan baru.

Loading...