Manfaat rempah rempah untuk kesehatan

Beberapa macam rempah rempah selain sebagai bumbu masakan, ternyata juga dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Sehingga jika anda sering menggunakan rempah rempah maka akan menunjang kesehatan keluarga.

Pada umumnya rempah rempah seperti lengkuas, kencur, kunyit, dan lainnya seringkali sebagai pelengkap bumbu berbagai masakan tradisional. Dengan demikian secara tidak langsung juga membantu menyehatkan tubuh bagi yang mengkonsumsinya.

Sebenarnya cukup banyak rempah rempah herbal yang bisa anda gunakan. Namun pada kali ini admin info big news pilihkan khasiat rempah rempah yang paling sering digunakan.

Perlu diketahui bahwa obat herbal tradisional kebanyakan menggunakan bahan baku berupa rempah rempah atau juga dari tanaman obat yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat.

Sehingga bisa jadi anda sudah mengetahui berapa banyak manfaat kesehatan yang diperoleh jika sering mengkonsumsi rempah rempah herbal, sehingga lebih bermanfaat dari pada makanan cepat saji.

Salah satu kelebihan obat herbal adalah tanpa efek samping, sehingga bisa menjadi alternatif yang cukup bagus jika gagal menggunakan obat modern. Di sisi lain harga obat herbal jauh lebih murah.

Apa saja manfaat rempah rempah yang bermanfaat untuk kesehatan

Manfaat rempah rempah

Bisa dibilang sebagian besar bumbu dapur yang berupa rempah rempah memiliki manfaat kesehatan yang cukup bagus, bahkan tanpa anda sadari. Salah satu kandungan tanaman rempah rempah adalah zat antioksidan yang terbukti paling ampuh dalam memberantas penyakit berbahaya.

Cukup banyak manfaat kesehatan dari rempah rempah yang bisa anda tingkatkan, sehingga tubuh akan semakin sehat dan daya tahan tubuh semakin kuat. Berikut daftar rempah rempah dan manfaatnya untuk menunjang kesehatan badan.

1. Temulawak

Temulawak memiliki nama ilmiah yakni Curcuma zanthorrhiza merupakan tumbuhan obat yang termasuk dalam suku temu-temuan. Rempah rempah ini merupakan hasil bumi asli Indonesia, khususnya di pulau jawa.

Bentuk temulawak ini sangat mirip dengan kunyit, bahkan daging umbinya juga memiliki warna kuning kemerahan yang hampir sama. Meskipun demikian, jika diamati lebih teliti, ada perbedaan yang mendasar.

Daging temulawak memiliki warna pudar pucat, dan jika dibandingkan rasanya, maka rasa temulawak lebih pahit dibandingkan dengan kunyit.

Manfaat temulawak

⇒Memperkuat imunitas tubuh
⇒Mencegah dan mengatasi infeksi
⇒Mengatasi gangguan pencernaan

⇒Menjaga kesehatan dan fungsi hati
⇒Mengendalikan kadar gula darah
⇒Mencegah risiko penyakit kanker

2. Lengkuas

Memiliki beberapa nama selain lengkuas, yakni : laos atau kelawas. Merupakan jenis tumbuhan
umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah.

Banyak ditanam di daerah Asia, seperti India, Arab, Cina, Sri Lanka, dan tentu saja banyak tumbuh di Indonesia. Lengkuas sebenarnya merupakan akar dari tanaman Alpinia officinarum yang berasal dari Asia Selatan.

Lengkuas banyak mengandung senyawa penting yang bermanfaat untuk kesehatan, seperti galangin, asam felonik, polifenol, dan flavonoid.

Manfaat lengkuas

⇒Membantu meredakan rasa nyeri sendi
⇒Bisa meningkatkan kesuburan kaum pria
⇒Menurunkan kadar gula darah dalam tubuh

⇒Membantu menurunkan kolesterol tubuh
⇒Bisa juga menghambat perkembangan maupun pertumbuhan bakteri
⇒Mengurangi risiko terkena penyakit kanker

3. Kencur

Rempah rempah yang tidak asing lagi yakni kencur atau disebut juga sebagai cekur, merupakan tanaman yang mempunyai akar batang tertanam di dalam tanah. Kencur sering digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan maupun sebagai ramuan obat tradisional.

Kencur menjadi salah satu tanaman herbal yang tumbuh subur di berbagai wilayah negara negara Asia seperti Cina, Myanmar, Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Jika anda suka dengan jamu gendong tradisional, mungkin pernah merasakan betapa nikmatnya minum jamu beras kencur dan menyehatkan.

Manfaat kencur

⇒Membantu mengobati batuk berdahak
⇒Menghilangkan atau bisa meredakan stres
⇒Mengobati gangguan diare
⇒Sebagai bahan dasar jamu tradisional
⇒Mencegah tumbuhnya karies gigi

4. Kunyit

Kunyit atau kunir juga termasuk tanaman rempah-rempah dan sebagai bahan pengobatan tradisioal asli dari Asia Tenggara. Tanaman kunyit juga banyak di jumpai di daerah Malaysia, Indonesia, Australia, dan juga Afrika.

Cukup banyak masakan masakan Indonesia yang menggunakan kunyit dan salah satunya yakni masakan soto ayam. Kunyit juga digunakan sebagai bahan jamu tradisional gendong.

Manfaat kunyit untuk kesehatan

⇒Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
⇒Mengatasi Perut Kembung
⇒Mengurangi Nyeri saat Haid
⇒Menangkal masuknya bakteri Jahat
⇒Membantu mengobati maag, biasanya menggunakan biang kunyit

Tentunya masih cukup banyak rempah rempah maupun tumbuhan herbal tradisional yang memiliki manfaat untuk menunjang keluarga. Untuk lebih jelasnya ada di video berikut :

Jenis Tanaman Obat Tradisional dan Manfaat Bagi Kesehatan

Pilihan pengguna

  • Manfaat rempah rempah untuk kesehatan

    KESEHATANManfaat rempah rempah

    Beberapa macam rempah rempah selain sebagai bumbu masakan, ternyata juga dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Sehingga jika anda sering menggunakan rempah rempah maka

    Baca lebih lengkap
  • Inspirasi baju kebaya wanita dewasa kekinian

    BUSANAbaju kebaya wanita

    Semakin banyak model baju kebaya yang bisa menjadi inspirasi para wanita dewasa. Bahkan para desainer selalu menemukan kreasi kreasi kekinian yang modern dan mewah. Banyak contoh model yang bisa anda sesuaikan dengan gaya dan keperluan.

    Baca lebih lengkap
  • Penyakit batu empedu apakah berbahaya

    KESEHATANpenyakit batu empedu

    Berbahaya atau tidak penyakit batu empedu tergantung dampak keberadaan batu empedu itu sendiri. Bahkan dalam beberapa kasus batu empedu tidak berbahaya dan tidak memiliki akibat pada penderitanya. Namun ada kalanya timbunan batu empedu ini menjadi sangat berbahaya pada keadaan tertentu. Yuk kita cari tahu alasannya!

    Baca lebih lengkap
  • Yuk kenali lebih mendalam manfaat garam untuk kesehatan badan

    KESEHATANmanfaat garam

    Tahukan anda jika garam bukan hanya sekedar buat pelengkap masakan saja, namun ternyata garam menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Lantas apa saja sih manfaat garam buat kesehatan tubuh kita. Yuk kenali lebih mendalam sederet manfaat garam

    Baca lebih lengkap
  • Waspadai jenis penyakit jantung sebelum terjadi serangan

    KESEHATANjenis penyakit jantung

    Apa saja jenis penyakit jantung. Serangan jantung terjadi secara tiba tiba, sehingga seringkali membuat keluarga panik dan kebingungan. Pada hakikatnya ada banyak jenis dan tipe penyakit jantung, sehingga setiap serangan penyakit jantung memerlukan pengobatan yang berbeda beda

    Baca lebih lengkap
  • Membeli kendaraan bekas banyak ruginya

    SERBA SERBIkendaraan bekas

    Banyak kerugian membeli mobil maupun sepeda motor bekas. Membeli kendaraan bekas berarti menderita kerugian sejak anda melakukan pembayaran. Bagi sebagian masyarakat hanya berfikir pada harga kendaraan bekas yang murah, padahal sebenarnya harga mobil maupun sepeda motor seken yang anda beli harganya sangat mahal.

    Baca lebih lengkap
  • Daftar alamat dealer resmi mobil Suzuki Jakarta terdekat

    MOBILdealer resmi mobil Suzuki

    Temukan info terkini daftar alamat dealer resmi penjualan mobil Suzuki di area pemasaran ibu kota Jakarta terdekat rumah anda hari ini. Cukup banyak showroom penjualan mobil produksi Suzuki yang tersebar di seluruh kota Jakarta, baik itu jakarta pusat, timur, barat, utara, hingga jakarta selatan

    Baca lebih lengkap
  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Adblock Detected

    Please consider supporting us by disabling your ad blocker