Membeli kendaraan bekas banyak ruginya

Banyak kerugian membeli mobil maupun sepeda motor bekas. Membeli kendaraan bekas berarti menderita kerugian sejak anda melakukan pembayaran.

Bagi sebagian masyarakat hanya berfikir pada harga kendaraan bekas yang murah, padahal sebenarnya harga mobil maupun sepeda motor seken yang anda beli harganya sangat mahal.

Meskipun anda bisa mendapatkan harga kendaraan di bawah pasaran. hal itu hanya fatamorgana belaka, sebab beberapa bulan setelah itu anda pasti akan melakukan perpanjangan STNK atau bahkan harus balik nama kendaraan atau melakukan mutasi.

Sehingga jika anda total pengeluaran anda, maka sebenarnya harga beli kendaraan anda menjadi sangat mahal. Misalnya saja, harga sepeda motor setelah usia dua tahun, paling harga jual bekasnya turun sekitar 2 juta hingga 3 jutaan dari harga barunya.

Padahal kalau anda jeli, maka sebenarnya anda sudah mengeluarkan dana sebesar harga baru kendaraan anda. Nah dengan demikian, agan membeli sepeda motor baru, namun hanya mendapatkan kendaraan bekas.

Cek harga mobil bekas Rp 70 jutaan pilih yang terbaik

Dengan demikian kenapa tidak langsung saja membeli yang baru, karena dari harga bekasnya tidak selisih jauh. Dari pada membeli bekas dari tangan pertama, kan lebih puas langsung dari baru.

Disisi lain, membeli kendaraan bekas jauh lebih sulit dari pada membeli kendaraan baru. Kesalahan dalam mencari kekurangan kendaraan bekas, tentunya akan berdampak sangat merugikan dan berkepanjangan.

Oleh sebab itu, cobalah berfikir ulang saat memutuskan akan membeli mobil bekas atau sepeda motor seken. Sebab banyak ruginya dari pada keuntungannya.

kendaraan bekas

Beberapa kerugian saat membeli mobil maupun motor bekas

Konsumen yang membeli mobil seken atau sepeda motor bekas, pada umumnya melupakan satu hal yakni biaya balik nama atau mutasi kendaraan.

Kebanyakan dari mereka tidak berfikir secara mendalam saat perpanjangan kendaraan atau ketika mau ganti kaleng kendaraan, sebab semua akan berhubungan dengan dana yang harus anda tanggung.

Pada umumnya informasi yang anda terima menyesatkan, sebab hingga saat ini masih banyak yang belum paham tentang prosedur perpanjangan STNK maupun tata cara melakukan mutasi kendaraan.

Sehingga yang semula terlihat gampang dan murah, ternyata setelah anda mengalaminya akan begitu merepotkan, bahkan harus keluar biaya yang cukup besar.

Sehingga setelah dijumlahkan dengan harga beli kendaraan, maka total biaya menjadi begitu besar, sehingga pada akhirnya timbul penyesalan dan tidak bisa menyalahkan siapapun.

Beberapa masalah yang perlu anda pertimbangkan saat membeli kendaraan bekas

Setelah masa berlaku STNK habis, maka mau tidak mau anda harus melakukan proses balik nama kendaraan. Ternyata prosedur mutasi tidak segampang yang anda bayangkan.

Meskipun pemilik pertama dengan alamat anda masih satu wilayah. Jika berbeda SAMSAT, maka anda harus melakukan mutasi kendaraan atau cabut berkas. Meskipun anda masih satu kota, bisa saja berbeda SAMSAT.

Jangan anggap remeh dengan mendatangi biro jasa, sebab biaya yang anda keluarkan akan jauh lebih besar dari pada biaya aslinya. Biasanya biro jasa akan mematok harga sangat tinggi. Contohnya pajak STNK motor Vario 300 ribuan, maka biro jasa mematok harga sampai 1.8 juta. Padahal jika kita jalan sendiri, biaya maksimal hanya 800 ribuan.

Saran

Jika anda memang harus membeli kendaraan seken, baik itu mobil atau sepeda motor, maka pastikan masih dalam satu wilayah SAMSAT.

Sehingga saat melakukan prosedur balik nama tidak perlu melakukan cabut berkas, karena masih satu SAMSAT dengan pemilik pertama.

Prosedur mutasi kendaraan atau balik nama

Persyaratan
BPKB asli dan foto copy
⇒STNK asli dan foto copy
⇒KTP asli anda dan foto copy
⇒Kwitansi pembelian kendaraan ( meterai 10 ribu )

  1. Datang ke SAMSAT tempat tinggal anda dan melakukan cek fisik kendaraan
  2. Pergi ke SAMSAT pemilik pertama ( jika berbeda dengan SAMSAT tempat anda ) untuk proses cabut berkas. Biasanya 1 hingga 3 hari
  3. Kembali ke SAMSAT anda dan melakukan proses perpanjangan STNK dan ganti kaleng plat nomor kendaraan.

Pilihan pengguna

  • Penyakit batu empedu apakah berbahaya

    KESEHATANpenyakit batu empedu

    Berbahaya atau tidak penyakit batu empedu tergantung dampak keberadaan batu empedu itu sendiri. Bahkan dalam beberapa kasus batu empedu tidak berbahaya dan tidak memiliki akibat pada penderitanya. Namun ada kalanya timbunan batu empedu ini menjadi sangat berbahaya pada keadaan tertentu. Yuk kita cari tahu alasannya!

    Baca lebih lengkap
  • Yuk kenali lebih mendalam manfaat garam untuk kesehatan badan

    KESEHATANmanfaat garam

    Tahukan anda jika garam bukan hanya sekedar buat pelengkap masakan saja, namun ternyata garam menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Lantas apa saja sih manfaat garam buat kesehatan tubuh kita. Yuk kenali lebih mendalam sederet manfaat garam

    Baca lebih lengkap
  • Waspadai jenis penyakit jantung sebelum terjadi serangan

    KESEHATANjenis penyakit jantung

    Apa saja jenis penyakit jantung. Serangan jantung terjadi secara tiba tiba, sehingga seringkali membuat keluarga panik dan kebingungan. Pada hakikatnya ada banyak jenis dan tipe penyakit jantung, sehingga setiap serangan penyakit jantung memerlukan pengobatan yang berbeda beda

    Baca lebih lengkap
  • Membeli kendaraan bekas banyak ruginya

    SERBA SERBIkendaraan bekas

    Banyak kerugian membeli mobil maupun sepeda motor bekas. Membeli kendaraan bekas berarti menderita kerugian sejak anda melakukan pembayaran. Bagi sebagian masyarakat hanya berfikir pada harga kendaraan bekas yang murah, padahal sebenarnya harga mobil maupun sepeda motor seken yang anda beli harganya sangat mahal.

    Baca lebih lengkap
  • Daftar alamat dealer resmi mobil Suzuki Jakarta terdekat

    MOBILdealer resmi mobil Suzuki

    Temukan info terkini daftar alamat dealer resmi penjualan mobil Suzuki di area pemasaran ibu kota Jakarta terdekat rumah anda hari ini. Cukup banyak showroom penjualan mobil produksi Suzuki yang tersebar di seluruh kota Jakarta, baik itu jakarta pusat, timur, barat, utara, hingga jakarta selatan

    Baca lebih lengkap
  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Adblock Detected

    Please consider supporting us by disabling your ad blocker