Penyakit batu empedu apakah berbahaya

Berbahaya atau tidak penyakit batu empedu tergantung dampak keberadaan batu empedu itu sendiri. Bahkan dalam beberapa kasus batu empedu tidak berbahaya dan tidak memiliki akibat pada penderitanya.

Namun ada kalanya timbunan batu empedu ini menjadi sangat berbahaya pada keadaan tertentu. Yuk kita cari tahu alasannya!

Sebelum membahas tentang gangguan penyakit pada organ empedu, ada baiknya untuk mengetahui sistem kerja dan fungsi empedu. Sehingga anda memiliki pemahaman yang jelas.

Apa itu empedu

Empedu merupakan cairan berwarna hijau kekuningan yang mengandung pigmen bilirubin, biliverdin dan urobilin yang diproduksi dan disekresikan oleh organ hati untuk kemudian disalurkan ke dalam duodenum (usus dua belas jari). cairan empedu bahkan 80 % mengandung kolesterol.

Organ empedu berada di perut sebelah kanan atas. Merupakan sebuah kantong yang berisi cairan hijau kekuningan yang rasanya sangat pahit.

Air empedu ini memiliki kandungan pigmen biliverdin, bilirubin, serta urobilin. Cairan empedu ini di produksi oleh organ hati yang kemudian disalurkan ke usus dua belas jari ( duodenum )

Fungsi cairan empedu ini adalah untuk membantu proses pencernaan dalam menguraikan lemak dalam sistem metabolisme tubuh serta membantu mengeluarkan zat sisa metabolisme dari dalam tubuh.

Pengobatan penyakit diabetes dengan bahan bahan alami

Apa penyebab munculnya batu empedu

Meskipun belum ditemukan penyebab pasti timbulnya batu empedu, namun disinyalir akibat endapan kolesterol ( biliverdin, bilirubin, serta urobilin ) dan lemak di dalam kantung empedu. Dalam keadaan normal sebagai bahan pembuat cairan empedu. Namun jika terlalu banyak justru dapat menjadi endapan.

Namun karena kemampuan kantung empedu yang berkurang atau ada penyebab lain, maka bahan bahan tersebut akan mengendap dan lama lama mengeras menjadi batu. Sehingga menjadi penyakit berbahaya yang perlu diwaspadai.

Apakah penyakit batu empedu berbahaya

Batu empedu sendiri bisa berada di sembarang tempat. Jika batu empedu masih berada di kantong empedu disebut sebagai kolelitiasis. Namun jika sudah berada di saluran empedu disebut sebagai koledocholitiasis.

penyakit batu empedu

Saat batu empedu masih sedikit dan masih berada di kantong empedu, maka masih bisa disembuhkan dengan pengobatan biasa. Namun jika sudah membesar dan menutup saluran empedu atau menyumbat saluran pencernaan yang lain, maka memerlukan tindakan yang lebih serius.

Proses pembentukan batu empedu ini cukup lama. Pada sebagian kasus terjadinya endapan batu empedu di dalam kantung empedu tidak menunjukkan gejala, karena masih sedikit dan sangat kecil. Sehingga tidak berbahaya dan tidak memerlukan pengobatan apapun.

Cara menjaga kesehatan jantung sejak usia dini

Namun seiring dengan waktu, sehingga pembentukan batu empedu semakin banyak di dalam kantong empedu, maka sekali waktu penderitanya akan merasakan nyeri mendadak di perut sebelah kanan atas.

Munculnya gejala gejala penyakit pada awalnya berupa : rasa mual, ingin muntah, hilang nafsu makan, sakit maag, dan diare, serta urine berwarna gelap. Sehingga kadang kala dianggap remeh diprediksi sebagai gejala sakit maag.

Yang membedakan jika akibat endapan batu empedu adalah air seni berubah menjadi keruh dan berwarna gelap. Apalagi jika disertai dengan menggigil demam dan penyakit kuning. Maka segeralah pergi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Cara pengobatan penyakit batu empedu

Ada beberapa cara tindakan medis sebagai pengobatan penyakit batu empedu. Tentunya setiap pengobatan berdasarkan riwayat pasien dan diagnosis dokter.

Dengan pengobatan biasa

Jika penyakit batu empedu masih ringan dan belum terlalu parah, maka biasanya dokter akan memberikan obat asam empedu.

Tujuan pemberian obat asam empedu ini adalah untuk melarutkan endapan batu empedu yang terjadi. Sehingga menjadi lembek dan hancur dan larut terbuang dalam air seni.

Pengobatan penyakit ginjal sebelum kronis

Metil Tersier Butil Eter (MTBE)

Jika dengan pengobatan asam empedu tidak berhasil, maka selanjutnya dokter akan memakai sistem pengobatan MTBE yaitu dokter menyuntikkan obat pelarut batu empedu. Salah satu kekurangan pengobatan dengan Metil Tersier Butil Eter yakni pasien akan merasakan rasa seperti terbakar yang cukup parah.

Terapi Extracorporeal Shock Wave Lithotrips

Teknik pengobatan ESWL sebenarnya untuk menghancurkan batu ginjal. Namun ternyata cukup efektif juga untuk menghancurkan batu empedu. Meskipun demikian jika batu empedu sudah tumbuh besar lebih dari 2 cm, maka cara ini kurang berhasil.

Tindakan operasi

Sebagai langkah pengobatan terakhir biasanya dokter akan menyarankan untuk operasi pengangkatan kantong empedu. Nah jika anda tidak memiliki kantong empedu, maka cairan empedu yang dihasilkan hati akan mengalir langsung ke usus kecil.

Secara medis orang yang tidak memiliki kantong empedu tidak berpengaruh pada kesehatan dan bisa hidup normal seperti manusia lainnya. Sebab kantong empedu bukan merupakan organ vital seperti jantung.

Pilihan pengguna

  • Penyakit batu empedu apakah berbahaya

    KESEHATANpenyakit batu empedu

    Berbahaya atau tidak penyakit batu empedu tergantung dampak keberadaan batu empedu itu sendiri. Bahkan dalam beberapa kasus batu empedu tidak berbahaya dan tidak memiliki akibat pada penderitanya. Namun ada kalanya timbunan batu empedu ini menjadi sangat berbahaya pada keadaan tertentu. Yuk kita cari tahu alasannya!

    Baca lebih lengkap
  • Yuk kenali lebih mendalam manfaat garam untuk kesehatan badan

    KESEHATANmanfaat garam

    Tahukan anda jika garam bukan hanya sekedar buat pelengkap masakan saja, namun ternyata garam menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Lantas apa saja sih manfaat garam buat kesehatan tubuh kita. Yuk kenali lebih mendalam sederet manfaat garam

    Baca lebih lengkap
  • Waspadai jenis penyakit jantung sebelum terjadi serangan

    KESEHATANjenis penyakit jantung

    Apa saja jenis penyakit jantung. Serangan jantung terjadi secara tiba tiba, sehingga seringkali membuat keluarga panik dan kebingungan. Pada hakikatnya ada banyak jenis dan tipe penyakit jantung, sehingga setiap serangan penyakit jantung memerlukan pengobatan yang berbeda beda

    Baca lebih lengkap
  • Membeli kendaraan bekas banyak ruginya

    SERBA SERBIkendaraan bekas

    Banyak kerugian membeli mobil maupun sepeda motor bekas. Membeli kendaraan bekas berarti menderita kerugian sejak anda melakukan pembayaran. Bagi sebagian masyarakat hanya berfikir pada harga kendaraan bekas yang murah, padahal sebenarnya harga mobil maupun sepeda motor seken yang anda beli harganya sangat mahal.

    Baca lebih lengkap
  • Daftar alamat dealer resmi mobil Suzuki Jakarta terdekat

    MOBILdealer resmi mobil Suzuki

    Temukan info terkini daftar alamat dealer resmi penjualan mobil Suzuki di area pemasaran ibu kota Jakarta terdekat rumah anda hari ini. Cukup banyak showroom penjualan mobil produksi Suzuki yang tersebar di seluruh kota Jakarta, baik itu jakarta pusat, timur, barat, utara, hingga jakarta selatan

    Baca lebih lengkap
  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Adblock Detected

    Please consider supporting us by disabling your ad blocker