Pilih ban tubeless atau ban konvensional

Lebih baik ban tubeless atau ban biasa. Jenis ban yakni ban konvensional atau ban tubetype tentunya memiliki kelebihan maupun kekurangan masing masing. Sehingga penggunaan ban sepeda motor mesti disesuaikan dengan kebutuhan.

Apa itu ban tubeless

Secara umum ban tubeless atau ban tubles didefinisikan sebagai ban kendaraan tanpa ban dalam. Sehingga jika anda menggunakan ban jenis tubeles tidak memerlukan ban dalam. Ban tubeless didesain untuk penggunaan segala jenis medan jalan. Baik kecepatan tinggi maupun jalan bergelombang.

Apa itu ban konvensional

Jenis ban yang satu ini sering disebut sebagai ban biasa atau ban tubetype. Penggunaan ban konvensional harus dibarengi dengan ban dalam. Untuk penggunaan di jalanan, maka ban biasa cukup nyaman saat melewati jalanan beraspal dengan kecepatan sedang.

Perbedaan pembuatan ban tubeless dengan ban konvensional

Dari segi material yang digunakan untuk membuat ban tubeles maupun ban biasa bisa dibilang sama. Keduanya terbuat dari ban material karet fiber. Dengan demikian lapisan karet bagian luar kedua jenis ban ini adalah sama. Jika ada perbedaan, maka terletak pada lapisan bagian dalam ban.

Untuk ban jenis tubeless ada tambahan lapisan khusus yakni fluid sealant. Lapisan inilah yang membuat angin tidak bocor keluar pada ban tubles. Itulah mengapa ban tubeles lebih kuat dan keras.

Lapisan fluid sealant memiliki serat yang sangat rapat serta elastis. Sehingga saat ban tertusuk paku, maka tidak langsung bocor. Bahkan saat paku dicabut, ban kendaraan juga tidak langsung bocor ( kebocoran sangat minim ). Dengan demikian bagi pengguna ban tubles tidak perlu panik saat ban tertusuk paku.

Sedangkan ban tube type / ban konvensional tidak dilapisi dengan fluid sealant. Sehingga ban biasa ini harus dengan tambahan ban dalam. Lebih dari itu jika ada gangguan di jalanan, misalnya terkena paku. Maka harus cepat cepat di tambal, karena angin dalam ban akan keluar terus dan akhirnya benar benar habis tanpa angin.

ban tubeless

Kelebihan maupun kekurangan ban tubeless dan tubetype

Bagaimanapun juga setiap jenis ban kendaraan, baik itu untuk sepeda motor maupun mobil memiliki kelebihan maupun kekurangan masing masing. Meskipun demikian kendaraan generasi baru sebagian besar sudah memakai ban tubeless. Karena dinilai lebih kuat dan awet.

Meskipun demikian semua itu tentunya tergantung dari penggunanya sendiri. Sebab hingga saat ini masih cukup banyak sepeda motor yang tetap memakai ban tubetype. Bahkan ada juga karena ban tubeles sudah tipis, demi irit biaya, pemilik sepeda motor ada juga yang melapisi dengan ban dalam. Nah berikut beberapa keunggulan maupun kekurangan masing masing jenis ban.

Apa saja kelebihan ban tubeless

⇒Tidak mudah bocor, meskipun tertusuk paku di jalan, maka kendaraan masih bisa dikendarai.
Anda bisa menambalnya sendiri dengan mudah. Bahkan jika hanya tertusuk paku bisa ditambal dengan cairan penambal ban yang murah meriah.
⇒Tidak kuatir dengan ban kempes ditengah jalan.
⇒Cocok untuk kecepatan tinggi maupun rendah
⇒Saat berbelok tidak goyang karena kurang angin, karena tekanan angin ban tubeless stabil.
⇒Tidak memerlukan perawatan sama sekali.

Baca juga Cara tambal ban motor tubeless dengan tespen bekas

Apa saja kekurangan ban tubeless

⇒Harga ban tubeless relatif lebih mahal dari pada ban biasa.
⇒Ban cenderung keras, sehingga tidak nyaman dikendarai pada medan jalan bergelombang.
⇒Umur ban lebih pendek, sehingga saat kembang ban tipis harus cepat di ganti.
⇒Tidak dapat digunakan untuk pelek jari jari pada sepeda motor

Beberapa kelebihan ban konvensional

⇒Harga ban konvensional lebih murah.
⇒Sangat nyaman berkendara pada medan jalan apapun, karena tekanan angin bisa diatur.
⇒Usia pemakaian ban biasa relatif lebih panjang.
⇒Lebih kuat, terbukti pada kendaraan angkutan berat masih menggunakan ban tubetype
⇒Lebih fleksibel karena bisa untuk jenis peleg apapun.

Beberapa kekurangan ban konvensional

⇒Tidak direkomendasikan untuk pemakaian jalanan berbatu, karena rawan bocor.
⇒Jika tertusuk paku di tengah jalan bikin ribet, karena harus di tambal saat itu juga.
⇒Jika angin ban kurang, maka goyang saat berbelok
⇒Cukup rawan digunakan untuk kecepatan tinggi

Bagaimanapun juga semua tergantung pada pengguna. Sebab banyak pertimbangan menggunakan jenis ban apa. Sebab semua memiliki kelebihan maupun kelemahan masing masing. Jika dilihat dari harga ban, maka harga ban tubeless tidak mahal juga. Sebab meskipun harga ban biasa lebih murah, namun jika ditambah dengan biaya ban dalam. Maka total pembelian tidak beda jauh.