Home / MASAKAN / Resep bumbu ayam bakar dan cara membuat ayam bakar kecap sederhana

Resep bumbu ayam bakar dan cara membuat ayam bakar kecap sederhana

Bumbu ayam bakar. Hal paling penting untuk membuat masakan ayam bakar yang lezat adalah cara membuat bumbu ayam bakar. Yuk ikuti cara bikin ayam bakar komplit dengan cara buat sambal ayam bakar besera sayuran ayam bakar yang pas dan lengkap. Ayam bakar menjadi jajanan kuliner saat sore hari yang disajikan lebih fresh karena pematangan langsung di tempat. Meskipun demikian bunda bisa lho belajar cara buat ayam bakar sendiri. Menu ayam bakar juga menjadi menu spesial saat menyambut datangnya malam tahun baru. Yuk ikuti petunjuk selengkapnya cara buat bumbu ayam bakar lengkap dengan bagaimana cara bakar ayam yang matang sempurna.

Bumbu oles ayam bakar cukup penting karena kelezatan cita rasa ayam bakar tergantung dari kelengkapan bumbu untuk olesan ayam bakar. Meskipun demikian sebenarnya bahan bumbu untuk olesan bahan bakar ini cukup sederhana dan mudah di cari seperti mentega, kecap manis, dan lainnya. Namun untuk menghasilkan rasa ayam bakar yang enak dan meresap hingga ke dalam dagingnya, maka akan lebih baik jika daging ayam telah dibumbui secara lengkap dan saat pembakaran daging ayam sudah matang, sehingga nantinya anda tinggal menambahkan sedikit olesan dengan bahan bahan olesan ayam bakar.

Masakan ayam bakar merupakan salah satu jenis kuliner yang cukup menyehatkan karena tidak mengandung banyak kolesterol seperti pada daging sapi. Saat terjadi pembakaran minyak ayam juga banyak yang keluar, hal demikian cukup bagus bagi kesehatan karena lemak ayam banyak keluar saat di bakar. Lemak yang berlebih dalam tubuh anda bisa berakibat pada terganggunya kesehatan anda. Dengan memilih menu ayam bakar pada hidangan harian anda, maka anda akan terbebas dari kelebihan berat badan. Menurut para ahli daging ayam memiliki kandungan lemak jenuh dan kolesterol lebih rendah dari pada daging sapi. Sehingga daging ayam lebih menyehatkan. Anda sering makan daging ayam, jangan takut kegemukan. Makan daging ayam menyehatkan apalagi melalui aproses pembakaran.

Loading...

Proses pembakaran daging ayam tidak bisa lepas dari penggunaan arang. Untuk saat ini arang paling bagus dengan tingkat panas yang stabil adalah arang batok kelapa. Harga arang batok kelapa sekitar 10 ribuan per kantong besar. Meskipun demikian jika bunda tidak ingin repot, bisa juga pembakaran ayam di atas kompor dengan menggunakan alat pemanggangan yaitu grill. Untuk saat ini harga alat pemanggangan biasa untuk di atas kompor berkisar antara 60 ribu hingga 90 ribuan tergantung kualitas dan merk grill. tapi biasanya sih kalau untuk kebutuhan sehari hari cukup dengan grill, namun saat bakar bakaran daging ayam saat malam tahun baru akan lebih meriah dengan arang batok kelapa sehingga lebih semarak.

Resep ayam bakar praktis dan sederhana dengan olesan kecap dan mentega serta dengan tambahan bumbu dapur sederhana seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, dan bumbu dapur lainnya sudah mampu menghasilkan cita rasa ayam bakar spesial enak. Daging ayam selain enak dengan cara pembakaran juga cukup lezat dimasak dengan kuah, diantara masakan ayam berkuah yang paling enak salah satunya yakni ayam opor. Namun kadang kala kalau kurang benar masaknya masih terasa bau ayamnya. Ayo bunda mencoba bikin opor daging ayam yang enak di resep opor ayam

ayam bakar kecap

Loading...

Resep ayam bakar bumbu kecap sederhana

Bahan utama ayam bakar adalah daging ayam. Untuk saat ini harga ayam potong sekitar 45 ribu per ekor, namun jika anda menggunakan ayam kampung harganya sedikit lebih mahal. Daging ayam yang buat ayam bakar biasanya untuk 1 ekor ayam di potong menjadi 6 atau 8 bagian sudah cukup besarnya, jika anda potong menjadi 12 akan terlalu kecil. Untuk praktisnya sekalian potong saat membelinya supaya hasil potongannya sama besarnya. Untuk menghasilkan cita rasa ayam bakar yang lezat saya sarankan untuk menggunakan daging ayam yang baru dipotong yang sekarang banyak di jual di pasar pasar tradisional.

Bahan bahan untuk ayam bakar

  • Ayam potong 1 ekor ukuran sedang, bunda bisa potong menjadi 4 bagian atau 6 bagian
  • Serai cukup 2 atau 3 batang, memarkan setelah potong bagian ujungnya yang kering
  • Jangan lupa daun salam paling tidak 4 atau 5 lembar ukuran sedang
  • Air asam jawa sekitar 5 biji asam. larutkan dengan sedikit air panas sebelum di gunakan
  • Santan kental kira kira 500 ml dari 1 butir kelapa tua, meskipun bisa menggunakan santan KARA namun lebih mantap dengan santan alami
  • Minyak goreng sedikit untuk tumisan bumbu
  • Jeruk nipis paling tidak 2 butir dan sedikit garam untuk menghilangkan bau amis daging ayam

Bumbu halus ayam bakar kecap sederhana

  • Bawang putih : ± 5 siung
  • Bawang merah : ± 10 butir
  • Merica bubuk : ± ½ sendok teh
  • Ketumbar : ± 1 sendok makan
  • Kemiri : cukup 5 butir
  • Lengkuas dan kunyit : secukupnya, untuk lengkuas keprek dahulu.
  • Gula merah : ± 50 gram
  • Gula pasir : ± 1 sendok makan
  • Garam : 1 sendok teh atau secukupnya sesuai selera
  • Kecap manis : ± 1 hingga 2 sendok makan
  • Penyedap rasa atau royco jika diperlukan

Petunjuk lengkap cara membuat ayam bakar kecap sederhana

  1. Langkah pertama, setelah di potong potong langsung bersihkan daging ayam. Ada baiknya tusuk tusuk biar bumbu meresap. Kemudian kucuri dengan air jeruk nipis dan taburi sedikit garam. remas remas perlahan dan diamkan paling tidak 20 menit.
  2. Sementara itu uleg semua bahan bumbu halus, bunda bisa amenggunakan cobek atau bila ingin cepat bisa dengan blender.
  3. Lantas panaskan kompor dengan api kecil. Ambil penggorengan ukuran sedang dan tambahkan sedikit minyak goreng untuk menumis bumbu halus. Aduk aduk perlahan hingga matang dan harum. Jangan lupa masukkan juga daun salam dan serai geprek. Aduk aduk kembali secara perlahan.
  4. Berikutnya masukkan air asam jawa, aduk aduk sebentar, kemudian masukkan daging ayam. Aduk aduk supaya bumbunya meresap dalam daging.
  5. Selanjutnya masukkan santan kental, aduk aduk perlahan, jaga bunda jangan sampai santan pecah, sesekali perlu di aduk. Setelah kuah santan mendidih, coba cicipi kuahnya, jika kurang pas bisa tambahkan garam atau gula pasir serta penyedap rasa hingga cita rasanya pas sesuai selera.
  6. Awas jangan ditinggal ya, terus aduk secara pelan pelan hingga kuah santan asat
  7. Sampai disini persiapan daging ayam bakar telah siap untuk ke sesi selanjutnya yakni proses pembakaran daging ayam.
  8. Siapkan peralatan pembakaran ( dengan menggunakan arang batok kelapa atau pembakaran dengan grill )
  9. Cara pembakaran daging ayam yang benar adalah sering di bolak balik supaya tidak hangus sebelah, sesekali bisa di olesi dengan sisa bumbu halus atau bisa juga dengan mentega campur kecap.
  10. Nah setelah daging ayam berubah menjadi sedikit kecoklatan, berarti sudah matang dan angkat
  11. Sajikan bersama nasi putih dan sambal ayam bakar serta sayuran pelengkap

Resep cara membuat sambal ayam bakar

  • Cabe merah keriting : ±10 buah
  • Cabe rawit merah : ±5 buah
  • Bawang putih : ±3 siung
  • Bawang bombay : 1 buah
  • Terasi : secukupnya
  • Gula pasir dan garam secukupnya
  • Cara bikin sambal ayam bakar : Goreng cabe merah, cabe keriting, bawang putih, bawang bombay, dan terasi. Kemudian haluskan dan tambahkan gula pasir dan garam.

Untuk menyajikan hidangan ayam bakar kecap secara lengkap, maka selain nasi putih hangat, ayam bakar, dan sambal. Maka perlu dilengkapi dengan bahan bahan sayuran lainnya, seperti : daun kemangi, kubis, daun selada, dan mentimun. Selamat mencoba. Selanjutnya silahkan mencoba resep ayam goreng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *