Cara membuat bubur ayam enak sederhana

Cara membuat bubur ayam khas pedagang kaki lima.dengan bahan bahan sederhana dan mudah didapat. Biasanya sebagai menu sarapan pagi hari maupun makanan selingan saat jalan sore sore. Beberapa resep bubur ayam enak paling terkenal saat ini, yakni : resep buryam kuah kuning, khas cirebon, asli bandung, serta khas jakarta.

Resep cara membuat bubur ayam sebenarnya cukup mudah. Meskipun demikian yang paling penting adalah pembuatan bubur nasi yang pulen dan lembut. Jika anda ingin mencoba berjualan, maka ada beberapa tahap yang mesti dikerjakan. Mulai dari membuat bubur nasi, kaldu ayam, hingga masakan ayam suwir yang enak.

Perlu diketahui bahwa makanan bubur nasi ini termasuk dalam resep masakan tradisional cukup banyak diminati oleh masyarakat. Sehingga anda harus bisa menyajikan yang enak. Karena tentunya saingan dari pedagang lain yang sudah cukup pengalaman. Dengan demikian anda mesti mencoba belajar masak beberapa kali hingga mendapatkan cita rasa yang khas.

Aneka resep bubur ayam jualan pedagang pinggir jalan

Tentunya ada tata cara tersendiri bagaimana cara membuat kaldu ayam yang benar. Sebab kaldu ayam dalam masakan bubur ayam juga sama pentingnya. Bubur nasi sebagai bahan utama dagangan anda, tentu tidak sembarangan cara bikinnya. Terutama dalam hal memilih beras pulen.

Bahkan tidak semua jenis beras mampu menghadirkan cita rasa bubur nasi yang enak. Ada beras jenis tertentu yang mesti anda pilih. perlu diketahui bahwa bubur yang bau apek tentu sangat berpengaruh pada cita rasa dagangan anda. Dengan demikian cara memilih beras kualitas jangan diremehkan, disarankan memilih beras pulen yang masih baru.

Perlu diketahui bahwa menu bubur ayam ini banyak dicari konsumen pada pagi hari maupun sore hari. Sehingga anda bisa berjualan pada saat pagi untuk sarapan dan sore hari. Banyak dijual pedagang kaki lima keliling maupun yang mempunyai tempat permanen di pinggir jalan saat sore hari.

Aneka resep masakan kaki lima untuk jualan

Resep bubur ayam pedagang kaki lima

Pelajari resep cara membuat bubur ayam enak secara komplit. Bubur nasi menjadi hal utama yang paling menentukan disamping masakan ayam cincang sebagai pelengkap menu masakan pedagang kaki lima. Menu masakan ini bisa sebagai alternatif saat anda kebingungan mau jualan apa.

Untuk menghasilkan kualitas bubur nasi yang baik, maka mesti menggunakan kualitas beras nomor satu. Gunakan beras pulen dan tidak disarankan menggunakan beras perak untuk membuat bubur nasi. Sebab cita rasa bubur kurang enak. Coba juga belajar cara bikin lemper

Kaldu ayam juga menentukan cita rasa masakan bubur ayam anda. Untuk itu air kaldu juga mesti dimasak dengan bumbu lengkap supaya nantinya ada rasa dalam air kaldu ayam anda. Kelengkapan bahan bahan pelengkap juga mesti diperhatikan. Hal ini juga berfungsi untuk menarik minat pelanggan untuk kembali lagi membeli bubur ayam anda.

Cita rasa dagangan anda menentukan seberapa besar minat pelanggan anda. Jadi jangan buat pelanggan kecewa dengan cita rasa bubur ayam yang biasa biasa saja. Pastikan rasa asin dan gurih yang pas. Bubur nasi yang terlalu lembek karena kebanyakan air saat bikinnya juga kurang bagus. Paling pas jika dikonsumsi dalam keadaan hangat. Namun kadangkala pembeli membawa pulang.

Dengan demikian kualitas bubur nasi anda juga mesti tetap terjaga dengan baik. Menu kaki lima ini termasuk dalam resep masakan enak tradisional yang cukup banyak peminatnya. Sehingga keuntungan yang diraih cukup menjanjikan. Nah bagi anda yang ingin mencoba membuat masakan bubur ayam enak. Silahkan ikuti tahap pembelajaran tentunya mulai dengan sedikit dahulu.

bubur ayam enak

Bahan untuk membuat bubur nasi enak

  • Beras kualitas bagus : sekitar 200 gram
  • Daun salam : cukup 3 lembar
  • Air kaldu : secukupnya
  • Garam : sekitar 2 sendok makan ( sesuaikan )

Resep cara membikin nasi goreng spesial rumahan yang enak

Bahan untuk kuah atau kaldu

  • Ayam : 1 ekor, rebus dengan air saekitar 2 liter
  • Lada bubuk : sekitar ½ sendok teh
  • Biji pala : cukup setengah saja
  • Garam : sekitar 1 saendok teh
  • Minyak goreng : secukupnya

Bahan bumbu halus

  • Bawang putih : sekitar 5 siung
  • Bawang merah : 7 buah
  • Ketumbar : 1 sendok teh
  • Kemiri : 4 biji
  • Kunyit : seruas
  • Garam adan penyedap rasa : secukupnya

Bahan pelengkap penyajian bubur ayam

  • Kerupuk nasi uduk atau bisa diganti dengan emping
  • Bawang merah goreng
  • Kacang kedelai goreng
  • Daun seledri
  • Kecap manis

Petunjuk cara membuatnya

  1. Langkah pertama rebus daging ayam dengan air secukupnya ( sekitar 2 liter ) hingga matang. Tiriskan dan potong ayam dalam potongan besar. sementara simpan dahulu air bekas rebusan ( air kaldu )
  2. Berikutnya bersihkan beras dan cuci hingga bersih. Lantas rebus beras dengan air kaldu secukupnya. Tambahkan daun salam dan garam. Aduk aduk terus secara perlahan supaya bubur matang secara sempurna. Setelah menjadi bubur kecilkan api dan aduk aduk supaya benar benar matang.
  3. Haluskan semua bahan bumbu halus, lantas tumis dengan sedikit minyak goreng hingga harum. Selanjutnya tambahkan sisa air kaldu dan juga daging ayam. Tambahkan juga biji pala dan lada buuk. Biarkan hingga air kaldu meresap. Setelah air kaldu menyusut ( tinggal separoh ), angkat daging ayam.
  4. Panaskan minyak dan goreng daging ayam, setelah dingin suwir suwir.

Masakan tradisional jawa menu pinggir jalan

Cara penyajian

  • Ambil mangkok, isi dengan bubur nasi secukupnya, tambahkan air kaldu, kedelai goreng, ayam suwir, seledri, dan emping. tambahkan juga kecap manis
  • Dibeberapa pedagang biasanya juga menyediakan sate usus atau sate telur ayam puyuh

Selesai sudah petunjuk cara membuat bubur ayam khas pedagang kaki lima. Harga seporsi sekitar 10 ribu hingga 12 ribuan. Cukup banyak menu jualan pedagang kaki lima yang laris manis di masyarakat. Selain bubur ayam ada beberapa masakan tradisional yang banyak diminati, salah satunya yakni soto ayam