Home | MASAKAN | Resep cara membuat sambal goreng kentang basah

Resep cara membuat sambal goreng kentang basah

Bumbu sambal goreng kentang basah mudah dan sederhana. Inilah resep cara membuat sambal goreng kentang basah lengkap dengan cara meracik bahan bahannya sehingga menjadi masakan sambal goreng yang enak. Resep masakan kentang bumbu merah atau sambel goreng kentang banyak di cari karena memang cukup banyak peminatnya. Sebagaimana diketahui bahwa sambal goreng kentang termasuk jenis masakan yang pas untuk disajikan pada berbagai acara keluarga. Masakan sambal goreng kentang pedas juga biasa dijadikan sebagai pelengkap selamatan keluarga atau pada pesta pernikahan. Dengan demikian tidak ada salahnya jika bunda mampu membuat masakan sambal goreng kentang ini.

Sambal goreng kentang basah bisa dibuat sebagai masakan pedas maupun setengah pedas. Namun demikian biasanya sih sambal goreng kentang di buat pedas dengan warna kemerahan, sehingga membuat nafsu makan bertambah. Berikut cara bikin sambal goreng kentang pedas yang enak dengan takaran bumbu pas. Bahan bahan yang digunakan untuk membuat masakan sambal goreng kentang cukup sederhana, seperti cabe merah, bawang merah, lengkuas, sereh, dan beberapa bahan bumbu dapur lainnya. Untuk lebih membuat menarik masakan sambal goreng kentang biasanya cabe merah di buang bijinya, sehingga terlihat merah namun tidak begitu pedas. Namun bagi yang suka pedas bisa dicampur dengan beberapa irisan cabe rawit merah.

Resep sambal goreng pedas dan petunjuk cara membuat sambal goreng kentang balado lengkap praktis. Masakan pedas sambal goreng kentang ini juga merupakan menu masakan harian yang cukup enak. Bahkan banyak kelebihannya yakni lebih tahan lama dan tidak cepat mudah basi. Masakan sambel goreng kentang menjadi menu kreasi resep masakan sehari hari yang patut anda coba. Resep sambel goreng kentang basah dan masakan sambal goreng kentang kering sebenarnya tidak jauh berbeda. Biasanya hanya berbeda pada penggunaan santan saja. Sehingga praktis cara masaknya sama, hanya perlu ditambahkan santan kental jika ingin sambal goreng kentang basah.

Masakan sambal goreng juga bisa dilengkapi dengan tambahan beberapa bahan pelengkap. Sehingga nantinya menambah aroma sedap dan juga lebih lezat cita rasanya. Masakan sambal goreng kentang biasanya dilengkapi dengan beberapa potong petai supaya wangi bau masakan anda. Namun bagi sebagian ibu ibu rumah tangga kadang suka juga dicampur dengan ati atau ampela ayam, tentunya bisa disesuaikan dengan selera masing masing. Namun pada umumnya dilengkapi dengan beberapa potong petai. Nah berikut cara bikin sambel goreng kentang selengkapnya :

Resep sambal goreng kentang pedas dan petunjuk cara membuat sambal goreng kentang basah enak dengan bahan bahan bumbu sederhana. Sebelumnya anda persiapkan bahan bahannya secara lengkap. Oh ya semua bahan bahan untuk membuat masakan sambal goreng kentang ada di pasar maupun di warung. Cukup buat sambal goreng sesuai kebutuhan saja untuk keluarga. Berikut resep dan bumbu sambal goreng kentang basah dan kering selengkapnya.

Resep sambal goreng kentang petai kuah kering

sambal goreng kentang basah

Loading...

Bahan bahan sambal goreng kentang

  • Kentang : sekitar 1 kg
  • Daun salam : sekitar 3 lembar
  • Sereh : cukup 1 batang
  • Lengkuas : kira kira 1 kerat
  • Petai : 1 papan
  • minyak goreng secukupnya
  • Santan kental : 1 gelas

Bahan bumbu halus sambal goreng kentang

  • Bawang putih : 6 siung
  • Bawang merah : 8 buah
  • Cabe merah besar : 10 buah atau sesuaikan
  • Cabe rawit merah : optional ( suka suka )
  • Kemiri : 2 butir
  • Garam, penyedap rasa, dan gula pasir : secukupnya

Bunda bisa juga mencoba resep mie ayam asli

Cara membuat sambal goreng kentang basah / kering

  1. Langkah awal kupas kentang dan potong potong bentuk dadu. lantas rendam dalam air kentang yang sudah di potong potong.
  2. Kemudian potong potong petai tipis tipis. Jika menggunakan ampela sebaiknya rebus dulu baru di potong potong
  3. lantas goreng hingga matang dan kering jika ingin membuat sambal goreng kentang tanpa kuah. Dan goreng setengah matang jika untuk membuat masakan sambal goreng kentang basah.
  4. Selanjutnya haluskan bahan bahan bumbu halus : bawang merah, bawang putih, kemiri, dan cabe.
  5. Kemudian tumis bumbu halus hingga harum, aduk aduk dan tambahkan petai, lengkuas geprek, dan daun salam. Tambahkan sedikit air dan tambahkan garam, penyedap rasa, serta gula pasir secukupnya.
  6. Tes rasa dulu hingga pas, lantas masukkan kentang yang telah digoreng tadi. Aduk aduk hingga merata dan angkat.
  7. Jika ingin masakan sambal goreng basah, bunda tinggal tambahkan santan kental dan cicipi hingga mendapatkan cita rasa kuah sambal goreng yang enak.

Demikian bunda masakan sambal goreng kentang lezat dengan campuran petai. Masakan masakan daerah cukup banyak dan juga gampang cara membuatnya, dan salah satunya yakni resep ikan goreng pedas. Untuk selanjutnya bunda bisa mencoba resep sambal goreng ikan

Loading...