Resep kue balok original praktis enak lembut

Resep kue balok enak dan lembut saat di gigit. Cara membuat kue balok original yang enak tahap demi tahap dengan petunjuk praktis. Yuk ikuti secara lengkap cara bikin jajanan khas bandung aneka rasa. Ada berbagai resep cara membuat kue balok yang bisa anda ikuti secara mudah di sini.

Salah satu ciri khas kue balok yakni enak dan renyah, namun lembut saat di gigit. Sehingga banyak yang suka dengan jajanan murah khas kota Bandung ini. Aneka macam cita rasa kue balok Bandung juga menjadi daya tarik tersendiri. Oleh sebab itu saat berada di bandung dan sekitarnya bisa mencoba bawa oleh oleh kue balok.

Ada berbagai macam cita rasa kue balok yang terintegrasi untuk isian. Seperti kue balok isi coklat, kue balok rasa brownies, dan isian kue tradisional khas bandung lainnya. Meskipun demikian ternyata kue balok asal Garut juga tidak kalah enaknya.

Macam macam kue balok jajanan enak murah. Seperti : kue balok mahkota, kue balok parikesit, kue balok coklat, kue balok rasa pandan, dan juga cita rasa kue balok lainnya. Pada umumnya kue mungil ini paling pas sebagai cemilan sore hari sambil minum teh ataupun kopi seduh. Sehingga menambah keakraban saat mengobrol.

Resep cara membuat kue balok Bandung sederhana

resep kue balok

Cara membuat kue balok mudah dan praktis seperti halnya dengan pembuatan kue kering. Dengan mencoba mengikuti petunjuk cara bikin kue balok. Maka anda akan bertambah mahir dalam pembuatan kue kue khas tradisional. Berikut resep adonan kue rumahan balok berikut :

Sebelum belajar membuat kue balok. Sehingga ada baiknya jika mempersiapkan peralatan yang diperlukan. Hal ini akan mempermudah proses pembuatan kue tradisional asal bandung ini. Beberapa peralatan yang anda butuhkan. Seperti : mixer, oven, cetakan kue ( loyang ), whisk ( pengocok kue ringan ), dan kuas untuk memoles.

Bahan bahan kue balok
Tepung terigu 150 gram
Telur ayam 2 butir
½ sendok teh SP ( pengembang kue )
Baking powder ½ sendok teh
Coklat balok ( DCC ) cukuo 1 gram ( optional )
Gula pasir 3 sendok makan ( secukupnya )
Garam kira kira ½ sendok teh
Margarine sekitar 5 saendok makan
Vanila bubuk, secukupnya
Air bersih sekitar 50 ml

Cara bikin kue balok asli tradisional

-Langkah awal cairkan dahulu margarin dan coklat balok
-Ambil wadah khusus, masukkan gula pasir, telur ayam, dan garam. Lantas mixer, lalu tambahkan pengembang ( SP )
-Aduk kembali dengan mixer hingga berbusa putih.

-Kemudian tambahkan tepung terigu secara bertahap, masukkan juga baking powder, lantas aduk secara perlahan
-Berikutnya tambahkan dalam adonan vanili, coklat bubuk, dan juga coklat balok cair
-Sampai di sini pastikan adonan sudah merata benar. Oh ya adonan kue balok bandung ini agak kental ya.

-Selanjutnya siapkan loyang atau cetakan khusus kue balok.
-Olesi dengan sisa margarine tipis tipis
-Lantas tuang adonan hampir penuh
-Kemudian matangkan dengan oven hingga kue matang mengembang

Resep jajanan tradisional lainnya

Kue balok khas kota Bandung asli di matangkan dengan doble tungku. Sehingga pemanasan dari bawah dan atas. Pematangan pada umumnya menggunakan arang batok kelapa. Sehingga kue matang dengan sempurna dan mengembang. Cetakan kue balok bentuknya seperti cetakan kue pukis. Hanya berbeda pada desain cekungnya saja. Dan harga cetakan kue balok sekitar 150 ribu hingga 200 ribuan di online shop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *