Home / MASAKAN / Resep masakan tradisional telur ayam sambal pedas

Resep masakan tradisional telur ayam sambal pedas

Resep masakan telur ayam pedas dengan bumbu sambal sederhana. Telur ayam sambal pedas menjadi menu paling digemari oleh keluarga Indonesia. Cara membuat masakan balado telur bulat ini praktis dan sederhana. Resep balado telur ayam pas untuk menu hidangan saat makan sahur. Masakan telur ayam sambal balado resep masakan sederhana yang cukup nikmat. Resep masakan Indonesia asli ini hanya menggunakan bahan bumbu sederhana, seperti bawang putih, sedikit bawang merah, dan juga tomat. Maka sudah tercipta masakan pedas yang pas untuk menu harian keluarga anda. Cara membuat masakan balado telur pedas ini cukup mudah. Dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Maka masakan telur bulat pedas sudah siap untuk melengkapi menu harian anda.

MASAKAN balado telur pedas merupakan resep masakan tradisional yang lezat dan bergizi. Cita rasa telur balado pedas ini cukup lengkap, ada rasa pedas, asin, dan asem dari bahan bumbu tomat. Sebagaimana diketahui bahwa kelezatan masakan tercipta kelengkapan rasanya. Resep telur ayam sambal pedas enak dan sederhana cara bikinnya. Sehingga bagi yang sibuk bisa mencoba membuat masakan ayam telur pedas ini. Karena proses memasaknya cukup cepat dan tidak banyak bumbu yang digunakan. Sehingga simple dan ekonomis. Bunda ingin mencoba membuat masakan balado telur ayam pedas, yuk ikuti resep telur ayam sambal pedas berikut secara lengkap.

Resep masakan jawa ayakni balado telur ayam dimasak dengan cara tradisional sederhana dan mudah cara membuatnya. Bahan bahan telur pedas ini cukup mudah di dapat, seperti beberapa butir telur ayam, bawang putih, tomat, dan bahan bumbu dapur lainnya. Namun untuk dapat menghasilkan masakan pedas telur ayam bulat ini. Maka anda mesti menggunakan bahan bahan bumbu sedikit lebih banyak. Supaya nantinya cita rasa masakannya lebih meresap. Seperti kita tahu bahwa cita rasa telur ayam hanya terdapat di permukaan atau bagian luar saja. Sehingga bagian dalam telur tetap seperti aslinya. Nah dengan bumbu yang banyak maka cita rasa masakan telur akan lebih lezat.

Loading...

Telur ayam merupakan salah satu bahan pangan yang mempunyai cukup banyak resepnya. Bahkan masakan telur ayam ini bisa dilengkapi dengan bahan masakan lainnya. Beberapa campuran masakan telur, seperti : tahu, tempe, daging ayam, dan lainnya. Bahkan dengan bumbu terik juga cukup enak. Bunda bisa mencoba masakan terik telur bulat tahu tempe pedas dengan bumbu bumbu sederhana. Saya rasa masih cukup banyak ya kreasi kreasi masakan tradisional dengan bahan baku telur ayam bulat. Dengan kreasi masakan yang macam macam maka tidak masakan telur

Masakan tradisional telur ayam bumbu pedas akan terasa enak jika menggunakan bumbu bumbu yang pas. Saya sarankan tidak takut menggunakan bumbu ya bunda supaya masakannya enak. Yang paling penting adalah rasa asin, pedas, gurih, dan manis bisa terasa bersamaan saat dikunyah. Maka cita rasa masakan bunda akan lezat tentunya. Dalam membuat masakan tentunya tata caranya juga mesti benar. Sehingga jika kurang tepat juga bisa mempengaruhi kelezatan masakan bunda. Berbagai macam resep masakan daerah menuntut penggunaan bumbu yang tepat sehingga enak dan lezat.

Resep masakan telur ayam sambal pedas

telur ayam sambal pedas

Loading...

Bahan bahan masakan telur pedas
>> Telur ayam : 5 butir
>> Bawang putih : ± 5 siung ukuran sedang
>> Bawang merah : ± 3 buah
>> Tomat : 1 buah
>> Bawang bombay : cukup setengah saja
>> Cabe merah : 10 buah, bisa dengan cabe keriting atau cabe merah besar
>> Jahe : kira kira 1 ruas, kupas sebelum dihaluskan ( boleh juga nggak pakai jahe )
>> Garam dan gula : sesuaikan
>> Penyedap rasa : secukupnya, bisa dengan royco rasa apa saja
>> Air bersih : sedikit cukup beberapa sendok makan aja
>> Minyak goreng : secukupnya untuk goreng telur

Cara membuat masakan balado telur bulat pedas

  1. Langkah awal tentunya rebus telur ayam hingga matang. Jaga jangan sampai pecah saat direbus
  2. Setelah matang dinginkan sebentar, lantas kupas semua
  3. Kemudian goreng hingga kulitnya kecoklatan
  4. Sementara itu haluskan semua bumbu bumbu : bawang putih, tomat, bawang merah, jahe, cabe, bawang bombay, dan tambahkan garam sedikit biar cepat halus. Saya sarankan menggunakan ulegan ya. Kalau dengan blander terlalu lembut dan justru kurang sedap.
  5. Berikutnya panaskan wajan ( penggorengan ) dengan sedikit minyak untuk menumis bumbu halus. Aduk aduk secara perlahan hingga matang dan harum.
  6. Tambahkan 3 hingga 4 sendok makan air bersih. Tambahkan juga gula pasir dan penyedap rasa ( royco ), serta garam secukupnya. Coba dulu tes rasanya.
  7. Terakhir masukkan telur bulat goreng. Oh ya sebelum dimasukkan sebaiknya tusuk tusuk dahulu dengan ujung pisau biar bumbu meresap. Aduk aduk secara perlahan dan merata.
  8. Angkat dan sajikan.

Itulah bunda petunjuk lengkap cara membuat masakan telur bulat pedas balado. Namun jika anda suka rasa pedas, bisa juga tambahkan cabe rawit merah. Ingin belajar masak memasak lebih banyak. Yuk mencoba kreasi cara membuat perkedel kentang