Tips cara memilih semir ban mobil

Semir ban mobil bisa membuat tampilan ban kendaraan menjadi lebih bagus seperti baru. Namun jika salah memilih produk, maka bisa membuat usia ban mobil anda menjadi lebih pendek.

Sebab ada bahan pembuat semir ban yang membuat lapisan karet ban menjadi lebih keras dan mudah pecah pecah. Untuk itulah pilih semir ban yang tidak bikin karet atau kembang ban rapuh.

Penggunaan semir ban sebagai upaya dalam merawat tampilan ban, sehingga meskipun usia ban sudah beberapa tahun, namun masih tampak seperti baru yakni hitam kelam dan kilap.

Namun demikian ternyata penggunaan semir karet ban mobil ini juga memiliki kendala. Sehingga tidak bisa digunakan terus menerus. Bahkan sebagian pemilik mobil justru tidak mau menggunakan semir ban untuk mobil, dengan alasan merusak ban.

Memang sih ada bahan semir ban yang bisa merusak karet ban jika digunakan secara sembarangan. Sebab terlalu sering mengoleskan semir ban, justru mempercepat lapisan ban menjadi retak retak.

Jika demikian cukup berbahaya, karena bisa menimbulkan pecah ban akibat lapisan ban kendaraan sudah tidak optimal. Sehingga jika mau pakai semir ban, sebaiknya tidak terlalu sering.

Pada umumnya bahan dasar semir ban adalah silicon cair. Perlu diketahui bahwa kandungan bahan kimia di dalam semir pada umumnya berpotensi merusak lapisan luar ban.

Terlebih lagi produk semir ban yang mampu membuat ban menjadi hitam mengkilat dan sulit dibersihkan. Seperti halnya kulit manusia, bahwa lapisan terluar ban mobil dan motor juga memerlukan sirkulasi udara.

Sehingga jika semir ban menutup dan menempel kuat, sudah barang tentu mengganggu sirkulasi udara. Akibatnya sifat kelenturan ban akan banyak berkurang. Ban mobil menjadi lebih keras dan timbul keretakan rambut.

Mobil jenis hatchback paling dicari konsumen

Kelenturan karet ban memperpanjang usia pemakaian

Perlu anda ketahui bahwa karet ban mengandung bahan anti aging yang berupa lilin. Hal ini untuk menjaga kelenturan ban tetap optimal dan memperpanjang usia ban. Sehingga kelenturan ban inilah yang harus tetap terjaga dengan baik.

Pengalaman menunjukkan jika ban keras bisa mengarah pada kondisi pecah ban. Hal ini disebabkan oleh pemuaian gas di dalam ban karena panas saat putaran tinggi, misalnya di jalan tol.

Nah jika ban panas karena sirkulasi tertutup oleh semir, maka lilin sebagai bahan anti aging akan mencair dan terserap keluar. Akibatnya ban menjadi lebih keras serta sifat lentur banyak berkurang. itulah sebabnya mesti hati hati dalam memilih semir ban.

semir ban mobil

Dengan demikian paling aman menggunakan semir ban yang berbahan dasar water base. Atau tidak menggunakan semir ban sama sekali. Meskipun demikian ban kendaraan anda juga cepat rusak dan keras jika salah dalam melakukan perawatan ban. Sebab pada umumnya ban lepas dari perhatian saat merawat kendaraan.

Bagaimana cara merawat ban mobil

Cara aman memilih semir ban

Meskipun penggunaan semir ban cenderung merusak komposisi lapisan terluar. Namun jika digunakan secara benar, tidak banyak dampak negatif yang muncul. Paling aman gunakan paling tidak sebulan sekali atau tampilan ban sudah jelek dipandang mata ( warna putih pucat ).

Cobalah memilih bahan dasar semir ban yang water base, karena mudah dibersihkan dan tidak menempel kuat pada karet ban, sehingga sirkulasi tetap terjaga dengan baik. Yang kedua, aplikasikan semir ban pada bagian pinggir bukan tapak ban.

Harga semir ban mobil waterbase

Semir Ban Waterbase Epic Tire Shine 250ml Rp25.000
Epic SiO2 Ceramic Tire Shine Waterbase 250 ml Rp100.000
OXIDE tire polish semir ban waterbase 350 gram Rp45.000
AUTODAZZLING Shine Dressing Waterbase 250 ml Rp71.000
Oxide Tire Polish Semir Ban Waterbase 250 ml Rp84.000

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker