Home / KECANTIKAN / Tips cara merawat wajah jenis kulit berminyak

Tips cara merawat wajah jenis kulit berminyak

Perawatan wajah jenis kulit berminyak tidak sesulit yang anda bayangkan. Ikuti tips lengkap bagaimana cara merawat kulit wajah berminyak yang benar dan aman. Masih banyak wanita yang kurang benar dalam merawat kulit wajahnya yang cenderung berminyak. Seperti diketahui bahwa masyarakat yang hidup di daerah tropis seperti di Indonesia cenderung memiliki jenis kulit berminyak. Bahkan para remaja wanita juga kurang menyadari jika kulit wajahnya termasuk dalam kategori kulit wajah berminyak. Justru mereka merawat kulit wajahnya seperti layaknya mereka yang berkulit wajah normal. Hal demikian tentu kurang tepat. Karena perawatan jenis kulit berminyak sama sekali berbeda dengan cara merawat wajah dengan jenis kulit normal. Perlu diketahui bahwa ada beberapa macam jenis kulit wajah, seperti kulit wajah normal, kering, berminyak, kombinasi, dan jenis kulit wajah sensitif.  Dengan demikian perawatan wajah anda harus sesuai dengan jenis kulit yang anda miliki. Nah jika kebetulan jenis kulit wajah kamu termasuk dalam kategori kulit wajah berminyak, yuk ikuti tips lengkap cara merawat kulit wajah berminyak yang aman, sehingga kulit wajah kamu tidak lagi penuh dengan jerawat.

Jenis kulit wajah berminyak memiliki ciri ciri khas khusus yakni adanya genangan minyak berlebih pada kulit wajah. Disamping itu kulit wajah kelihatan berkilau atau mengkilap. Ada satu yang perlu anda waspadai jika memiliki jenis kulit berminyak. Pemilik kulit berminyak cenderung memiliki kulit wajah jerawatan, berkomedo, dan juga gampang tumbuh bintik bintik hitam. Kulit wajah berminyak juga mudah sekali kotor karena debu dan juga kosmetik yang tidak segera dibersihkan. Dengan demikian cobalah untuk lebih rajin dalam merawat wajah jenis kulit berminyak. Perawatan kulit wajah malam hari sebelum tidur bisa dibilang wajib anda lakukan. Disamping itu anda juga harus tetap menjaga kebersihan kulit wajah secara teratur baik siang maupun malam hari. Pemilik jenis kulit berminyak mesti lebih rajin dalam melakukan perawatan wajah. Untungnya saya sudah menulis secara lengkap tips cara perawatan kulit wajah berminyak yang aman dan benar, yuk ikuti cara mudahnya di sini :

Cuci kulit wajah dengan air hangat : Biasakan mencuci kulit wajah dengan menggunakan air bersih secara teratur. Waktu paling tepat membersihkan kulit wajah dengan air besih adalah saat pagi setelah bangun tidur dan pada malam hari sebelum tidur. Dengan demikian saat tidur malam hari anda memberikan kesempatan pada kulit wajah untuk melakukan regenerasi secara alami. Untuk itulah saat malam sebelum tidur pastikan kulit wajah tidak ada sisa make up apapun. Sisa make up anda akan berpengaruh buruk pada kulit wajah karena terjadinya penyumbatan pada pori pori kulit wajah. Pori pori kulit wajah yang tersumbat akan merangsang tumbuhnya jerawat dan bintik bintik hitam pada wajah.

Loading...

Gunakan pembersih kulit wajah lembut : Ada berbagai macam jenis pembersih kulit wajah di pasaran yang dijual secara bebas. Saran saya gunakan pembesih kulit wajah yang khusus didesain untuk jenis kulit wajah berminyak. Bahan pembersih untuk jenis kulit berminyak biasanya mengandung bahan bahan seperti : benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam beta-hidroksida. Dengan demikian jika anda membeli jenis konmetik apapun khususnya pembersih kulit wajah, maka pastikan anda sudah membaca petunjuknya secara lengkap dan jelas jelas diperuntukkan untuk jenis kulit berminyak. Jangan menggunakan make up secara sembarangan, apalagi kulit wajah anda sedang berjerawat. Sebenarnya cukup mudah mendeteksi merk dan jenis konmetik untuk kulit berminyak. Karena jika kosmetik anda tidak cocok akan segera terasa di kulit wajah anda.

Hindari menggosok kulit wajah secara langsung : Banyak pemilik jenis kulit berminyak yang secara tidak sadar sering menggosok gosok bagian wajah berminyak. perlu diketahui juga bahwa pemilik jenis kulit berminyak juga sekali waktu memiliki jenis kulit wajah kombinasi. Sehingga saat menggunakan toner ( pengering ), maka pastikan hanya bagian yang berminyak saja yang anda terapkan toner. Perlu anda pahami jika bagian kulit wajah yang normal ( kering ) terkena toner maka bisa membuat bagian tersebut tambah kering, dan tentunya hal demikian tidak anda inginkan. Meskipun demikian jika genangan minyak sudah demikian banyak dan mengganggu maka sebaiknya lap dengan tisu ( kertas blotting ) secara lembut.

wajah jenis kulit berminyak

Loading...

Hati hati memilih pelembab : Meskipun jenis kulit berminyak cenderung lembab, namun kadang kala begitu terasa sangat kering. Dengan demikian kadang kala perlu juga menggunakan pelembab kulit wajah. Meskipun demikian jangan sembarangan menggunakan pelembab. Coba pilih pelembab kulit  yang berbasis air, bebas dari kandungan minyak, bebas krim, dan juga pelembab berat. Gunakan pelembab khusus untuk jenis kulit berminyak. Demikian juga saat anda memilih foundation dan make-up lainnya, cobalah memilih yang mengandung gel, cairan, atau bubuk. Yang penting bebas dari kandungan minyak. paling aman menerapkan make up dengan basis non comedongenic sehingga tidak menambah tumbuhnya komedo di kulit wajah.

Perlakukan jerawat dengan baik : Hal paling penting saat anda amemiliki jerawat adalah jangan sekali kali memencet jerawat. karena hal ini akan menimbulkan bekas atau bolong yang akan lebih sukar disembuhkan. Bintik bintik hitam di kulit wajah anda juga bisa disebabkan oleh jerawat yang menghitam. Untuk itulah menjaga kebersihan kulit wajah merupakan saran paling utama yang mesti anda jalani.

Banyak wanita dan remaja putri yang mendambakan memiliki kulit wajah putih bersih tanpa jerawat. Namun kadang kala keinginan tidak diaplikasikan dengan benar. Masih sering kita dengar bahwa penggunaan make up masih secara sembarangan dan memilih harga murah. Penting untuk di ingat bahwa make up yang di jual secara bebas cenderung mengandung bahan kosmetik berbahaya seperti merkuri dan turunannya.