Home | KESEHATAN | Tips lengkap cara menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh

Tips lengkap cara menurunkan kolesterol tinggi dalam tubuh

Cara menurunkan kolesterol. Kolesterol bermanfaat sekaligus merugikan. Kolesterol dalam tubuh ada 3 jenis yakni kolesterol baik atau HDL (High Density Lipoprotein) dan jenis lainnya adalah LDL (Low Density Lipoprotein) atau sering disebut sebagai kolesterol jahat. Disamping LDL dan HDL ada lagi satu jenis lainnya yakni Trigliserida yang merupakan sejenis lemak tubuh yang terdapat dalam darah. Meskipun tidak berbahaya. Namun meningkatnya kadar kolesterol Trigliserida ini juga memicu meningkatnya kolesterol dalam tubuh. Dengan demikian tugas anda adalah berupaya untuk tetap menjaga ke tiga jenis kolesterol tubuh tersebut supaya tetap memiliki jumlah kadar yang stabil.

Meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh berhubungan erat dengan jenis makanan yang anda konsumsi setiap hari. Dengan demikian menu harian anda harus tetap terjaga dengan baik. Meskipun pemicu meningkatnya kolesterol dalam tubuh adalah makanan berlemak. Namun anda juga harus tetap mengkonsumsi jenis makanan berlemak. Namun tetap sesuai dengan porsi yang benar. Sebab kolesterol juga sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh anda. Seperti disebutkan di atas bahwa kolesterol terdiri dari beberapa jenis. Nah yang harus anda hindari adalah meningkatnya kadar kolesterol jahat ( LDL ) dalam tubuh. Kesehatan tubuh menjadi hal nomor satu dalam kehidupan. Sebab saat tubuh lemah bisa saja terjadi serangan penyakit TBC

Pendek kata konsumsi makanan anda harus tetap seimbang. Sehingga setiap ada peningkatan kadar kolesterol jahat atau LDL harus dibarengi dengan konsumsi jenis makanan yang mampu meningkatkan kadar kolesterol baik ( HDL ). Dengan demikian kadar kolesterol dalam tubuh akan tetap seimbang antara LDL dan HDL. Untuk itulah anda mesti paham berbagai jenis masakan dan makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Itulah sebabnya para pakar kesehatan selalu menyarankan untuk mengkonsumsi makanan harian dalam lingkaran 4 sehat 5 sempurna. Artinya konsumsi lemak, sayuran, dan buah buahan selalu seimbang setiap hari.

Namun yang sering menjadi masalah adalah kita baru menyadari setelah terserang penyakit berbahaya sebagai dampak dari meningkatnya kolesterol jahat dalam tubuh. Jika sudah demikian seakan semua jadi terlambat. Seperti diketahui bahwa upaya cara menurunkan kolesterol dalam tubuh kadang kala sangat sulit. Keadaan demikian biasanya dipicu oleh menurunnya beberapa fungsi organ tubuh dan salah satunya yakni fungsi ginjal. Sebagaimana diketahui bahwa ginjal mempunyai tugas utama sebagai penyaring darah. Dan aperlu diketahui bahwa semua zat kebutuhan tubuh di alirkan oleh darah. Sehingga semua mesti melewati ginjal. Jadi jika sampai ginjal terganggu sudah pasti akan berdampak luas.

Itulah sebabnya kenapa berbagai macam penyakit yang berhubungan dengan peningkatan kadar kolesterol tubuh ini lebih banyak di derita oleh mereka yang telah usia lanjut. Sebagaimana kita tahu bahwa sebagian besar para orang tua hanya ingin hidup dengan bersenang senang. Mereka juga sangat suka makan makanan berlemak. Namun dibalik itu para usia lanjut ini juga sangat malas untuk melakukan olah raga. Jika keadaan demikian berlangsung cukup lama, maka tentu memicu datangnya berbagai macam penyakit. Terutama yang berhubungan dengan meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh. Jika sudah demikian, bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol dalam tuhuh yang sudah terlanjur tinggi.

Tips cara menurunkan kolesterol dalam tubuh

Cara menurunkan kolesterol

Loading...

Tentu saja yang paling aman dalam menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh adalah dengan cara cara alami. Hal ini bisa anda tempuh jika belum terlanjur menderita penyakit yang disebabkan oleh meningkatnya kolesterol jahat dalam tubuh. Cara menurunkan kolesterol secara alami lebih aman dan terbebas dari efek samping. Berikut beberapa tips kesehatan cara mudah menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Tentu saja anda bisa memilih salah satu atau beberapa cara secara bergantian dan disesuaikan dengan kebutuhan anda.

1. Mengkonsumsi buah tomat : Tomat buah maupun tomat sayur merupakan salah satu buah yang banyak mengandung nutrisi tinggi. Buah tomat banyak mengandung vitamin C dan K, dalam buah tomat juga terdapat antioksidan Likopen dan Potasium/Kalium serta Folat. Minum jus tomat paling tidak seminggu 2 kali.

2. Menurunkan kolesterol tubuh dengan bawang putih : Kita tahu bahwa bawang putih merupakan bumbu masakan yang wajib ada pada setiap resep masakan. Dalam sisi kesehatan, bawang putih juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, menjaga sirkulasi darah. Bawang putih juga bisa mencegah pembekuan darah. Dan yang paling utama bawang putih juga berguna untuk mengendalikan meningkatnya kadar kolesterol jahat. Caranya : konsumsi bawang putih ukuran sedang antara 1 hingga 2 siung untuk meningkatkan kolesterol HDL dan disisi lain menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Buah anggur merah : Siapa sangka buah manis sepat ini mampu mengendalikan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Konsumsi buah anggur merah secara teratur maka kolesterol jahat dalam tubuh anda akan berkurang paling tidak 9% hingga 12%, paling tidak menurut The Department Of Metabolism and Nutrition di Universidad Complutense de Madrid

4. Kulit manggis : Saat ini cukup banyak ekstrak kulit manggis dipasaran untuk menjaga kesehatan anda. Kulit manggis memiliki kadar anti-oksidan cukup tinggi. Kandungan tinggi xanthone dalam kulit manggis bisa berfungsi sebagai bahan aktif sebagai zat anti-kanker.

5. Jambu merah : Kita mengenal jus jambu merah bisa membantu meningkatkan sel trombosit dalam tubuh khususnya pada penderita penyakit demam berdarah. Dalam dunia kecantikan jus jambu merah juga dipercaya bisa membuat kulit lebih segar. Di dalam satu gelas jus jambu merah terkandung vitamin B6, vitamin B3, kalium, vitamin C, vitamin A, anti-oksidan dan fitonutrein.

Yang perlu anda waspadai adalah peningkatan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh dapat memicu timbulnya serangan penyakit jantung

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *