Vaksin corona indonesia pertama buatan Sinovac dari China

Vaksin Corona Indonesia telah datang. Pesanan vaksin anti virus covid-19 pertama kali datang dari China buatan perusahaan biofarmasi Sinovac. Kita berharap suntikan vaksin Sinovac mampu membendung serangan virus corona di tanah air.

Menurut kabar yang beredar. Sesi pertama yang mendapat suntikan vaksin anti virus corona adalah para tenaga kesehatan, mulai dari dokter, perawat, hingga mereka yang bekerja pada fasilitas kesehatan. Pada sesi berikutnya para manula hingga masyarakat luas. Namun ternyata serangan terus terjadi dan bermutasi hingga muncul klaster covid yang lebih ganas.

Apakah vaksin corona dari Sinovac langsung di suntikkan?

Pengujian kualitas dan keselamatan vaksin terus dilakukan secara teliti melalui lembaga Pusat Bio Farma di Kota Bandung. Ternyata pemerintah juga tidak serta merta menggunakan vaksin buatan Sinovac tersebut.

Hal ini terkait dengan pernyataan presiden RI yang memerintahkan untuk betul betul menjaga keamanan dan kesehatan warganya.

“Hari ini pemerintah sudah menerima 1,2 juta dosis vaksin pencegah Covid-19. Vaksin ini buatan Sinovac yang kita uji secara klinis di Bandung sejak Agustus lalu,” ujar Presiden Joko Widodo pada Minggu, 6 Desember 2020

“Setelah mendapatkan izin dari BPOM, baru kita lakukan vaksinasi. Kaidah-kaidah saintifik, kaidah-kaidah ilmiah ini juga saya sudah sampaikan, wajib diikuti. Kita ingin keselamatan, keamanan masyarakat itu harus betul-betul diberikan tempat yang paling tinggi,” ucap Presiden.

Kepala Negara menegaskan, seluruh prosedur ilmiah dalam rangka persiapan vaksinasi harus dilalui dengan baik untuk menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat serta meningkatkan efektivitas vaksin Covid-19 tersebut.

Hal ini membuktikan jika pemerintah sangat hati hati dalam menangani serangan pandemi virus corona. Sebagaimana diketahui meskipun sudah tersedia vaksin untuk membendung serangan corona virus. Namun efektivitas dan kehandalan vaksin belum teruji. Bahkan muncul keraguan jika sampai gagal dan justru berbalik. Itulah sebabnya pemerintah sangat serius menangani vaksin corona ini.

baca juga Jenis makanan merusak gigi

6 produk vaksin virus corona yang di gunakan di Indonesia

Menteri Kesehatan akhirnya merencanakan untuk menggunakan 6 jenis vaksin untuk penanganan penanggulangan pandemi corona di Indonesia. Vaksin covid-19 ini didatangkan dari Rusia, Inggris, USA, dan bagian paling besar dari China. Berikut rincian vaksin yang akan di suntikkan pada masyarakat Indonesia.

Vaksin Sputnik V

Vaksin Spuntnik V masih dalam tahap uji coba. Penelitian sudah dilakukan di beberapa negara, seperti : Belarusia, India, Brazil, dan Uni Emirat Arab. Jika pemerintah Indonesia setuju, kabarnya pemerintah Rusia siap bekerja sama.

Vaksin AstraZeneca

vaksin corona indonesia

Jenis Vaksin AstraZeneca berasal dari Inggris. Kerja sama penyediaan AZD1222 telah resmi dilakukan. Kabarnya harga per suntikan vaksin ini lumayan murah yakni sekitar Rp 42.000,-. Bukan hanya pemerintah Indonesia yang memesan vaksin AstraZeneca, namun juga negara Malaysia.

Minuman penambah stamina alami tubuh

Vaksin Pfizer

Vaksin corona covid-19 Pfizer berasal dari Amerika Serikat. Vaksin Pfizer merupakan kerja sama perusahaan farmasi AS Pfizer dan perusahaan bioteknologi Jerman BioNTech. Menurut kabar harga per dosis sekitar Rp 285 ribuan.

Vaksin Cansino

Vaksin virus corona asal China Cansino, merupakan kerja sama antara ahli penyakit menular Chen Wei dengan CanSino Biologics. Mungkin masih memerlukan kerja sama lebih lanjut.

Vaksin Sinopharm

Vaksin Sinopharm disebut juga sebagai vaksin G42. Kabarnya uji coba klinis vaksin Sinopharm telah sampai pada tahap / fase tiga yang merupakan fase pengujian terakhir. Vaksin G42 telah di uji pada 15.000 sukarelawan di Uni Emirat Arab.

Vaksin SinoVac

Inilah salah satu vaksin penangkal serangan pandemi covid-19 yang telah tiba di tanah air dan siap edar. Kabarnya harga per dosis SinoVac sekitar 200 ribuan.

Penyebaran virus corona tinggi akibat kurangnya pemahaman masyarakat

Apa sih sebenarnya vaksin

Selama beredarnya virus corona. Istilah vaksin banyak di sebut. Apa sih sebenarnya vaksin. istilah mudahnya adalah virus yang telah dilemahkan dan di suntikkan ke tubuh. Jadi vaksin adalah patogen yang dilemahkan dan di suntikkan ke dalam tubuh. Nah virus yang telah di buat tak berdaya ini diharapkan mampu memicu reaksi imun tubuh. Sehingga saat tubuh terserang virus yang kuat telah memiliki imun alami.

Serangan virusa corona kemungkinan terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama. Untuk itulah kesehatan dan antibody harus terus di tingkatkan. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat diharapkan dapat menghadang serangan covid-19. Baca juga cara mengatasi masuk angin