Home | KECANTIKAN | Waspada penggunaan kosmetik pemutih wajah berbahaya

Waspada penggunaan kosmetik pemutih wajah berbahaya

Sebagian kosmetik yang di jual bebas di pasaran mengandung bahan bahan berbahaya. Salah satu produk kosmetik paling laku dan banyak konsumennya adalah cream pemutih kulit wajah. Sehingga anda mesti lebih waspada terhadap penggunaan kosmetik pemutih kulit wajah berbahaya, hindari cara merawat kulit tidak benar. Salah satu bahan berbahaya yang banyak digunakan pada krim pemutih wajah adalah merkuri. Perlu diketahui bahwa zat merkuri cukup sulit terdeteksi setelah bercampur dengan bahan bahan campuran krim pemutih wajah. Sehingga bagi orang awam memang cukup sulit membedakan. Hal inilah yang justru bisa berakibat fatal. Kecantikan anda menjadi taruhan.

Meskipun penggunaan zat merkuri dan turunannya sudah dilarang, karena memiliki dampak yang mengarah pada kerusakan sel kulit. Namun pada kenyataannya tetap saja masih banyak yang bandel dan diam diam tetap menggunakan zat merkuri ini. Jangankan merek kosmetik ilegal dan tidak berijin. Beberapa merek kosmetik ternama sekalipun masih saja ada yang tetap menggunakan zat merkuri ini, meskipun masih dalam batas wajar. Namun tetap saja memiliki efek samping yang sama bahayanya. Karena penggunaan zat merkuri ini memang memiliki alasan yang cukup masuk akal.

Sebagaimana diketahui bahwa zat merkuri ini lebih dikenal dengan sebutan air raksa. Sifat asli zat merkuri adalah berwarna putih perak, mengkilat, dan tidak berbau. Air raksa ini bisa lebih mudah anda lihat pada termometer suhu. Lantas apa sebabnya zat merkuri banyak digunakan dalam berbagai produk kosmetik khususnya untuk campuran cream pemutih wajah. Hal ini disebabkan karena zat merkuri mampu memberikan hasil instan dan cepat untuk memutihkan kulit, meskipun dibalik itu menyimpan efek samping berupa kerusakan kulit yang cukup parah. Namun karena konsumen kurang paham dengan bahaya merkuri, maka mereka justru merasa cream pemutih wajah yang digunakan berhasil memutihkan kulit wajah dalam waktu singkat.

Perlu diketahui bahwa cara kerja zat merkuri dalam cream pemutih wajah ini sungguh hebat dan mampu membuat kulit wajah menjadi putih bersih seperti laksana putih korea dalam waktu singkat. Sebagai informasi bahwa warna kulit dipengaruhi oleh senyawa melanin, sehingga semakin banyak produksi senyawa melanin dalam tubuh, maka warna kulit akan semakin gelap. Nah tugas utama zat merkuri adalah mempengaruhi kerja enzim trikinase supaya pembentukan tirosin terhambat. Sebagaimana diketahui bahwa senyawa tirosin membantu pembentukan senyawa melanin. Sehingga jika terjadi pelemahan tirosin maka menghambat pembentukan melanin. Dan berdampak pada kurangnya zat pigmen tubuh, sehingga kulit menjadi lebih putih.

Namun tahukah anda bahwa zat merkuri bukan bagian dari senyawa tubuh. Sehingga jika terjadi penumpukan zat merkuri dalam tubuh, maka secara alami tubuh akan melakukan perlawanan dan pengusiran terhadap zat merkuri. Namun sayangnya zat merkuri ini mengendap permanen dalam kulit dan membuat kerusakan di sana. Ciri ciri kulit akibat racun zat merkuri ini adalah kulit membiru dan kehitam hitaman yang pada akhirnya merangsang dan memicu timbulnya kanker kulit. Hal ini juga bertolak belakang pada pemakai. Setelah mereka menyadari kulit wajah lebih putih, maka secara otomatis pemakaian akan diteruskan dan disinilah masalah akan timbul karena racun merkuri.

kosmetik pemutih wajah berbahaya

Loading...

Apalagi pada jaman sekarang cukup banyak cream pemutih kulit wajah yang dijual secara online. Seiring dengan kemajuan dibidang teknologi maka online shop mulai banyak digemari. bahkan pembelian kosmetik maupun make up juga marak di media online. Jika pada tahun tahun sebelumnya masyarakat hanya mengenal merek kosmetik terkenal, maka pada jaman sekarang ribuan merek kosmetik di jual secara bebas dan nyaris minim pengawasan karena di jual secara online. Disinilah keterlibatan dan ketelitian konsumen mesti lebih ditingkatkan. Nah bagi anda yang kebetulan sudah memiliki cream pemutih wajah, cobalah untuk melakukan penelitian kembali dan pastikan tidak ada kandungan merkuri dalam krim wajah anda.

Ciri ciri cream pemutih wajah mengandung merkuri
⇔Cream / krim pemutih wajah yang mengandung merkuri terasa lengket saat anda pegang
⇔Tampilan cream pemutih wajah lebih mengkilap
⇔Cream pemutih wajah yang mengandung merkuri memiliki bau lebih menyengat
⇔Saat anda terapkan pada kulit wajah terasa lebih panas dan gatal
⇔Dalam waktu sekejap kulit tampak lebih putih
⇔Kulit wajah memerah dan terkelupas disertai rasa panas dan gatal

Mengingat begitu bahaya zat merkuri yang terkandung dalam kosmetik, maka sudah selayaknya yuk mulai beralih ke penggunaan bahan bahan alami. Selain lebih murah juga terbebas dari efek samping dan pastinya tidak megandung bahan bahan berbahaya. Ada cukup banyak bahan alami untuk memutihkan kulit wajah. Baca lebih lengkap di cara memutihkan kulit wajah

Loading...
Don`t copy text!