Waspadai jenis penyakit jantung sebelum terjadi serangan

Apa saja jenis penyakit jantung. Serangan jantung terjadi secara tiba tiba, sehingga seringkali membuat keluarga panik dan kebingungan. Pada hakikatnya ada banyak jenis dan tipe penyakit jantung, sehingga setiap serangan penyakit jantung memerlukan pengobatan yang berbeda beda.

Penyakit jantung adalah setiap kondisi yang mempengaruhi kerja dan sistem jantung, sehingga setiap serangan jantung akan mempengaruhi fungsi jantung.

Sehingga setiap serangan pada jantung bisa saja disebabkan oleh masalah yang berbeda. Pada kenyataannya penyakit jantung memiliki gejala dan tanda tanda yang beragam.

Apa saja jenis penyakit jantung

Jika diteliti lebih lanjut ada cukup banyak jenis penyakit jantung, namun demikian bisa dikelompokkan sesuai dengan gejala dan tanda tanda yang ditimbulkannya.

Dengan demikian akan lebih mudah untuk mendeteksi jenis serangan penyakit jantung yang terjadi. Karena pada dasarnya banyak penyebab serangan jantung yang memiliki tanda tanda mirip sebelum serangan.

jenis penyakit jantung

1. Penyakit arteri dan pembuluh darah koroner

Penyakit jantung yang satu ini sering juga disebut sebagai penyakit jantung koroner. Penyebab utama penyakit jantung koroner adalah terjadinya pengerasan pada pembuluh darah ( aterosklerosis ).

Serangan jantung koroner terjadi karena dinding pembuluh arteri terjadi penyempitan dan atau tersumbat oleh adanya plak.

Sehingga akibatnya aliran darah menjadi berkurang dan mengganggu fungsi jantung. Gejala yang timbul biasanya terjadi nyeri di dada atau angina.

Apa saja gejala dan tanda tanda penyakit jantung

2. Terjadi gangguan irama jantung

Penyakit jantung aritmia menyebabkan irama atau detak jantung tidak beraturan, bisa lebih lambat atau bahkan detak jantung lebih cepat dari normal.

Yang perlu diwaspadai dari gangguan aritmia jantung adalah karena serangan penyakit jantung aritmia datang secara tiba tiba dan bahkan tanpa gejala, namun bisa berakibat fatal.

Dalam keadaan normal detak jantung terjadi antara 60 hingga 100 detak per menit. Namun demikian tergantung dari usia dan gerak tubuh. Seperti saat olahraga maka detak jantung akan lebih cepat, namun tetap dalam batas normal.

Yuk mengenal penyebab utama serangan penyakit jantung

3. Penyakit jantung struktural

Pada umumnya terjadi kelainan bentuk jantung sejak lahir, namun tidak tertutup kemungkinan terjadi setelah kelahiran. Kelainan jantung struktural dapat disebabkan oleh beberapa masalah, seperti : katup jantung abnormal, maupun ada kelainan dinding, otot, atau pembuluh darah di dekat jantung.

Bagi orang awam penyakit jantung struktural ini sering disebut sebagai jantung bocor. Pada umumnya penderitanya dapat hidup normal, hanya saja mudah merasakan kelelahan dan tidak bisa bekerja berat. Meskipun demikian pengobatan biasanya dengan prosedur bedah setelah beranjak dewasa.

Cara menjaga kesehatan jantung sejak usia dini

4. Penyakit gagal jantung

Penyakit jantung inilah yang paling ditakuti dan merenggut nyawa banyak orang. Gagal jantung terjadi akibat ada kerusakan pada jantung atau akibat denyut jantung melemah.

Faktor penyebab utama gagal jantung pada umumnya akibat seranga darah tinggi atau terganggunya fungsi jantung. Dokter biasanya membantu dengan pompa jantung buatan untuk membantu jantung lemah.

Yuk kenali lebih mendalam manfaat garam untuk kesehatan badan

Pompa jantung buatan ini bisa membantu sistem kerja jantung dan mampu bertahan hingga 10 tahun. Meskipun demikian penderitanya tidak disarankan untuk kerja berat dan tetap menjalani pola hidup sehat. Penyakit jantung lainnya termasuk infeksi, pembesaran otot jantung dan kelainan bawaan.

Kesehatan menjadi begitu penting, sehingga melakukan pencegahan jauh lebih berharga dan lebih mudah dari pada mengobati.

Pilihan pengguna

  • Penyakit batu empedu apakah berbahaya

    KESEHATANpenyakit batu empedu

    Berbahaya atau tidak penyakit batu empedu tergantung dampak keberadaan batu empedu itu sendiri. Bahkan dalam beberapa kasus batu empedu tidak berbahaya dan tidak memiliki akibat pada penderitanya. Namun ada kalanya timbunan batu empedu ini menjadi sangat berbahaya pada keadaan tertentu. Yuk kita cari tahu alasannya!

    Baca lebih lengkap
  • Yuk kenali lebih mendalam manfaat garam untuk kesehatan badan

    KESEHATANmanfaat garam

    Tahukan anda jika garam bukan hanya sekedar buat pelengkap masakan saja, namun ternyata garam menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan. Lantas apa saja sih manfaat garam buat kesehatan tubuh kita. Yuk kenali lebih mendalam sederet manfaat garam

    Baca lebih lengkap
  • Waspadai jenis penyakit jantung sebelum terjadi serangan

    KESEHATANjenis penyakit jantung

    Apa saja jenis penyakit jantung. Serangan jantung terjadi secara tiba tiba, sehingga seringkali membuat keluarga panik dan kebingungan. Pada hakikatnya ada banyak jenis dan tipe penyakit jantung, sehingga setiap serangan penyakit jantung memerlukan pengobatan yang berbeda beda

    Baca lebih lengkap
  • Membeli kendaraan bekas banyak ruginya

    SERBA SERBIkendaraan bekas

    Banyak kerugian membeli mobil maupun sepeda motor bekas. Membeli kendaraan bekas berarti menderita kerugian sejak anda melakukan pembayaran. Bagi sebagian masyarakat hanya berfikir pada harga kendaraan bekas yang murah, padahal sebenarnya harga mobil maupun sepeda motor seken yang anda beli harganya sangat mahal.

    Baca lebih lengkap
  • Daftar alamat dealer resmi mobil Suzuki Jakarta terdekat

    MOBILdealer resmi mobil Suzuki

    Temukan info terkini daftar alamat dealer resmi penjualan mobil Suzuki di area pemasaran ibu kota Jakarta terdekat rumah anda hari ini. Cukup banyak showroom penjualan mobil produksi Suzuki yang tersebar di seluruh kota Jakarta, baik itu jakarta pusat, timur, barat, utara, hingga jakarta selatan

    Baca lebih lengkap
  • Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

    Adblock Detected

    Please consider supporting us by disabling your ad blocker